Usai Pimpin Upacara Hari Jadi Provinsi Jatim Bupati Nyono Suharli Ikut Kirab

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Selasa, 11 Oktober 2016

Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke 71 oleh pemerintah Kabupaten Jombang diperingati dengan menggelar upacara di alon alon Jombang pada Selasa (11 Oktober 2016) pagi. Upacara yang diikuti oleh peserta dari jajaran TNI, Polri, Korpri, Mahasiswa, Pelajar TK, SD, SMP, SMA dan sederajat tersebut di pimpin langsung oleh Bupati Jombang, Drs. H. Nyono Suharli Wihandoko.

Hari Jadi Provinsi Jatim yang bertepatan dengan Pembukaan MTQ ke XXVII Tingkat Kabupaten Jombang dan Peringatan Tahun Baru Islam 1438H, makin semarak. Hadir juga Wakil Bupati Jombang, Ketua TP PKK Kabupaten Jombang, Forkopimda beserta istri , dan Kepala SKPD.

Seluruh peserta kirab dari 21 Kecamatan se Kabupaten Jombang tersebut ada yang berjalan kaki, naik sepeda, becak, mobil juga kuda. Seluruh sekolah yang memiliki grup drum band juga  turut berpartisipasi, Start seluruh peserta kirab dialon alon. Namun finishnya ditentukan berbeda oleh panitia. Untuk TK, RA finish di Lapangan SMAN3. Untuk SD,SMP,SMA dan Umum ada yang finish dilapangan Pemkab Jombang bagi  yang berjalan kaki. Namun bagi yang berkendara finish di stadion Merdeka Jombang.

Tujuan dari Peringatan Hari Jadi ke 71 Provinsi Jawa Timur yang mengangkat tema 'Dengan Semangat Kerja Nyata, Kita Mantabkan Jawa timur Sebagai Provinsi Industri Berbasis UMKM', adalah sebagai ajang sosialisasi kepada masyarakat adanya hari jadi Provinsi Jatim dan menciptakan rasa solidaritas dan kebersamaan di antara masyarakat.

Bupati Jombang mengajak seluruh aparatur dan masyarakat untuk meningkatkan kerja nyata dalam mewujudkan Jombang Sejahtera Untuk Semua. Dalam amanatnya Bupati juga mengajak masyarakat Jombang untuk  menyukseskan serta menyemarakkan MTQ Ke XVII tingkat Kabupaten Jombang. Hal ini guna memperkuat identitas bahwa Kabupaten Jombang adalah kota santri.

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXVII di Kabupaten Jombang ini merupakan wujud syiar Tidak saja bagi umat Islam, tetapi juga bagi masyarakat umum. Informasi dari panitia sekita 405 peserta MTQ XXVI dari 21 Kecamatan di Jombang sudah masuk daftar list panitia penyelenggara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang.

Untuk lokasi kegiatan MTQ akan digelar di sembilan titik yang berbeda. Diantaranya Masjid Agung Baitul Mukminin Alun-alun Jombang, Islamic Center, aula radio Suara Jombang, Masjid Baitur Rahman Pemkab Jombang, Pendopo, aula Darul Hikmah Kemenag Jombang, ruang rapat Wabup setempat dan di lokasi yang lain.

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) mulai Selasa-Jumat, tanggal 11-14 Oktober 2016 yang dikuti peserta mulai dari pelajar, pondok pesantren maupun masyarakat umum.  Ini adalah MTQ yang ke XVII tingkat Kabupaten Jombang.

Sedangkan pada Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke 71, Kabupaten Jombang, diwakili oleh Dekaranasda Kabupaten Jombang telah ambil bagian pada Jawa Timur Fair yang telah  dimulai tanggal 6 Oktober hingga 16 Oktober 2016 berupa gebyar dan pameran produk unggulan daerah di Grand City Surabaya. Dan pada hari yang sama Pengurus Pokja 3 TP PKK Kabupaten Jombang juga menyemarakkan hari jadi Provinsi Jawa Timur ke 71 dengan ambil bagian pada lomba Festival Makanan Khas Daerah di Kabupaten Tuban,  dengan mengusung menu Warung Nggunung Wonosalam berhasil meraih Juara 1. (Wati_Humas Jombang)