Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Di Kabupaten Jombang Dipimpin PJS Bupati Jombang

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Senin, 04 Juni 2018

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73 di Kabupaten Jombang dilakukan di Lapangan Pemkab Jombang, Jumat (1/6/2018) pagi. PJS Bupati Jombang Setiajit SH MM bertindak selaku inspektur upacara. Hadir saat upacara diantaranya Jajaran Forkopimda, Pejabat Sekda, Asisten, Para Kepala OPD serta para perwira tinggi di Kodim 0814/Jombang dan Polres Jombang.

Meski cuaca terik, antusias para peserta upacara yang terdiri dari gabungan TNI, Polri, aparatur sipil negara (ASN), Ormas dan Mahasiswa dan Pelajar tidak surut. Mereka tetap hadir dan kompak mengikuti upacara sampai selesai.

Mengawali sambutan, Setiajit mengucapkan "Selamat hari lahir Pancasila, kita bersatu, kita berbagi,"

       

Setelah itu, Setiajit melanjutkannya dengan membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bahwa upacara ini merupakan komitmen agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai - nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Berbagai Etnis, Bahasa, Adat istiadat, Agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia dan itulah Kebhinekaan Tunggal Ika. Namun, kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan, Kebhinekaan di Negara Indonesia ini sedang diuji.

Karena saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini semakin mencemaskan takkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menyebarkan kabar bohong atau berita Hoax.

Semangat Kesatuan merupakan pilar utama berbangsa, jaga perdamaian, jaga persatuan dan jaga persaudaraan di antara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa,” Ujar Setiajit.

Selamat hari lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua anda Indonesia, Semua anda Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila.

Di akhir upacara Setiajit menyampaikan terima kasih kepada para peserta upacara. "Terima kasih kepada kita semua karena telah hadir untuk mengikuti upacara. Meskipun ini tanggal merah dan kita dalam keadaan sedang berpuasa dengan cuaca yang kurang mendukung namun teman-teman masih memiliki semangat dan antusias, sekali lagi terima kasih,"ucapnya. (Hms/Kominfo)