Sosialisasi Rencana Penerimaan Bantuan Tahun 2016 Bagi Petani Binaan Dishutbun

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Rabu, 16 Nopember 2016

Pemkab Jombang benar-benar memberi perhatian serius terhadap sektor ekonomi dari hasil bumi. Hal itu dibuktikan dengan diberikannya berbagai macam program bantuan kepada petani. Tak ketinggalan, para petani di bawah binaan Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Jombang juga mendapat perlakuan sama. Kebutuhan mereka dalam berusaha sangat didukung pemerintah daerah.

                               

                                                               (Bupati Nyono saat memberikan sambutan)

Di akhir tahun ini, Dishutbun bakal menggelontorkan berbagai macam program bantuan kepada kelompok tani binaannya. Sebagai awalan, kemarin (15/11) ratusan petani diundang Dishutbun untuk mengikuti sosialisasi rencana penerimaan bantuan tahun 2016. Tak hanya petani, Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko dan jajarannya juga menyaksikan jalannya acara sosialisasi.

“Bantuan yang bakal diberikan sudah siap. Sosialisasi ini dimaksudkan agar penerima bantuan paham administrasi yang kami butuhkan. Sehingga, baik dari pihak pemberi dan penerima dapat menjalankan kegiatan ini sesuai prosedur yang telah ditetapkan. Harapannya, tidak ada masalah hukum di kemudian hari,” ujar Kepala Dishutbun Kabupaten Jombang Ilham Hero Koentjoro.

Dalam sambutannya, Ilham berharap program bantuan bantuan yang bakal diberikan dapat menyokong petani dalam menjalankan usaha pertaniannya. Praktisnya, kata Ilham, hasil produksi petani hutan dan perkebunan dapat meningkat.

“Tentu, kami juga berharap dengan meningkatnya produksi tersebut diimbangi dengan pasar yang mendukung. Program bantuan ini merupakan upaya Pemkab Jombang untuk mewujudkan kesejahteraan warganya,” tandas Ilham.

Dalam kesempatan tersebut ia menegaskan bahwa pembangunan kehutanan dan perkebunan harus dilaksanakan secara sinergis. Artinya, jelas dia,  antara kabupaten, provinsi dan pemerintah pusat harus saling mendukung, terutama dalam kaitannya dengan program kegiatan serta sumber pendanaan.

“Seperti halnya bantuan yang bakal digelontorkan ini. Program ini tentu tak lain adalah peran dari kabupaten, provinsi, dan pemerintah pusat,” katanya  

Sementara, saat menyampaikan sambutan, Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko menyampaikan terima kasih kepada Dishutbun Jombang. Ia mengatakan, melalui program bantuan tersebut berarti mendukung visi dan misi Pemerintah Kabupaten Jombang. “Saya sangat mendukung program ini. Apalagi, program ini berkaitan langsung dengan kesejahteraan masyarakat petani,” kata Bupati Nyono.

Ia pun menyampaikan kepada semua peserta agar patut bersyukur dengan adanya program bantuan tersebut. Sebab, imbuh Nyono, saat ini pemerintah pusat melakukan rasionalisasi anggaran dengan cara memangkas anggaran di pemerintah daerah. “Meski ada kebijakan seperti itu, kita masih patut berbangga. Sebab, masih ada program bantuan yang bakal diberikan kepada petani,” pungkas Bupati Nyono. (AndikJodi/Humas)