Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan Pada Pleno PKK Kabupaten Jombang.

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Kamis, 09 Agustus 2018

 

Pleno PKK Kabupaten Jombang yang diselenggarakan secara rutin setiap bulan menjadi momentum penyampaian program kerja PKK dalam hal ini Pokja 1 sampai Pokja 4 dan Bidang Umum. Demikian juga sebagai momentum untuk menyampaikan program  strategis pemerintah Kabupaten Jombang. Seperti halnya yang dilakukan pada pleno PKK, Rabu (9/8/2018). BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan sosialisasi. 
Hal hal yang menyangkut program tersebut dikupas tuntas pada pleno yang digelar  di gedung PKK Kabupaten Jombang.

Sulis, petugas dari BPJS Ketenagakerjaan mengatakan,  Banyak masyarakat  atau tenaga kerja yang belum begitu mengenal BPJS tenaga kerja. Oleh karenanya  perlu diketahui masyarakat, terutama PKK, yang memiliki banyak kader didesa yang bekerja  untuk membantu suksesnya pelaksanaan program pemerintah. BPJS itu sendiri ada 4 program, diantaranya Jaminan Ketenagaan, jaminan Kesehatan, jaminan pensiun dan Jaminan kematian, terangnya.

Keempat program tersebut ada biayanya masing masing. BPJS Ketenagakerjaan tujuannya untuk mensejahterakan tenaga kerja. Lalu BPJS Kesehatan apabila tenaga kerja mengalami sakit bisa digunakan berobat. Sedangkan BPJS hari tua untuk menjamin Hari tua. Begitu juga BPJS Kematian digunakan untuk biaya apabila seseorang yang meninggal dunia. Paparnya

Disinggung terkait sinergitas BPJS dengan pemerintah sudah tertuang dalam undang undang. Dengan begitu pemerintah dimanapun harus mendukung program BPJS tersebut. Bagi perusahaan yang memiliki tenaga kerja wajib memiliki BPJS. Karena hak pekerja. 

Menurutnya Perusahaan yang bandel atau pura pura tidak tahu dan tidak memberikan BPJS kepada pekerja bisa ditindak oleh kejaksaan. Karena BPJS adalah hak pekerja. Yang sudah menjadi peraturan. Sebenarnya jika ada perusahaan yang tidak mengikuti BPJS berarti tidak melindungi pekerjanya. Saat ini salah satu desa di Kabupaten Jombang yakni desa Catak Gayam Mojowarno masuk nominasi desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan Nasional.

Dalam pleno PKK Kabupaten Jombang yang di pimpin oleh Nina Eksan Gunajati selalu Plt. TP PKK Kabupaten Jombang. Bahwa TP PKK Kabupaten Jombang akan segera menyelenggarakan Lomba 10 Program Pokok PKK. Nina Eksan yang mulai menjabat sebagai Plt. TP PKK Kabupaten Jombang   per 16 Juli 2018 ini, mengajak seluruh Ketua TP PKK Kecamatan dan TP PKK Desa dan kader untuk tetap kompak, rukun, bersatu dan bersinergi dengan baik guna mendukung dan melaksanakan program pemerintah, guna mewujudkan Jombang Yang Berkarakter Dan Berdaya Saing. ” Saya mohon dukungannya dan kerjasamanya untuk melaksanakan masa tugas saya sebagai Plt Ketua PKK yang singkat ini hingga menunggu pelantikan Ketua TP PKK definitif, mari kita bekerjasama untuk mentuntaskan program yang harus segera diselesaikan”, tutur Nina Eksan. (Humas_Kominfo)