Puncak Peringatan Hari Koperasi Ke 69 Di Kabupaten Jombang

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Rabu, 10 Agustus 2016

Bupati Jombang,"Tujuan Koperasi Bantu Wujudkan Kesejahteraan untuk Semua"

Puncak kegiatan untuk memperingati Hari Koperasi ke 69 berlangsung meriah. Bupati Dan Wakil Bupati Jombang,  Jajaran Forkopimda bersama istri, Semua pejabat lingkup Pemkab Jombang tampak hadir untuk memeriahkan Harkop tersebut.  Hadir pula ketua Dekopinda Kabupaten Jombang Edi Santoso dan pengawas koperasi se Kabupaten Jombang.

Acara yang dipusatkan di Lapangan desa Blimbing Kecamatan Gudo, Selasa (Senin (9/8/16) tersebut diawali dengan senam massal, pemberian sembako, dan pameran hasil kerajinan UMKM diselenggarakkan secara besar-besaran. Hal ini untuk menunjukkan bahwa peran koperasi untuk menopang perekonomian masyarakat memang begitu besar.

Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sepadan dengan peran koperasi dalam perekonomian masyarakat. Bupati Nyono mengungkapkan, pertumbuhan dan perkembangan koperasi di Jombang dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. “Buktinya, sampai saat ini tercatat ada 832 koperasi di Kabupaten Jombang,” ujar Bupatio Nyono.

Namun, lanjut Bupati Nyono, dari sisi kualitas masih terus diperlukan pembinaan. Hal itu perlu dilakukan agar koperasi semakin eksis dan terus meningkat. “Mari terus dorong koperasi kita agar semakin tumbuh dan berjaya,” ajaknya.

(Bupati,Wabup beserta Jajaran Forkopimda Jombang di Puncak Karkop 69 ,kemarin)

Bupati Nyono pun menyebutkan bahwa tema yang diambil Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jombang sangat relevan dengan perekonomian saat ini. Ia menyebutkan, Reformasi Koperasi Mewujudkan Ekonomi Berdikari sangat tepat untuk menghadapi Mea dan Globalisasi. “Harapannya, koperasi dapat mengurangi kesenjangan. Baik ekonomi, sosial, dan budaya. Sebab koperasi bertujuan untuk kesejahteraan bersama,” tuturnya.

Tujuan itu, tambahnya, sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Jombang yang ingin mensejahterakan masyarakatnya tanpa terkecuali. “Saya merasa berterimakasih kepada pelaku-pelaku koperasi. Melalui kegiatan usahanya tentu telah membantu mewujudkan visi dan misi Kabupaten Jombang. Tak lupa kepada Dinas Koperasi dan UMKM Jombang yang terus melakukan pembinaan,” katanya.   

USAI melakukan senam bersama, peserta senam mengunjungi gerai-gerai yang ditempati UMKM. Peserta dapat mengetahui hasil kerajinan UMKM masyarakat Jombang. Melalui kegiatan ini, diharapkan UMKM yang ada di Kabupaten Jombang dapat berkembang. Paling tidak, produk hasil UMKM dapat dikenal masyarakat lokal. 

“Panitia menyelenggarakan acara ini disesuaikan dengan peran koperasi terhadap perekonomian masyarakat yang begitu berarti. Koperasi merupakan bagian yang tak terpisahkan pada kegiatan usaha masyarakat. Terutama mereka yang berwira usaha dengan UMKM. Acara ini juga bagian dari sosialisasi kepada masyarakat,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jombang, Hadi Siswaji.  

Hadi Siswaji, melanjutkan, dipilihanya lapangan Desa Blimbing, Kecamatan Gudo agar masyarakat di pinggiran dapat mengetahui semarak kegiatan dalam rangka peringatan Harkop. Tahun sebelumnya, acara yang sama dilaksanakan di Alon-alon Kabupaten Jombang. Hadi menambahkan, pada tahun-tahun berikutnya, acara yang sama juga akan diselenggaran di tempat lain. Tujuannya, katanya mengulang, kegiatan ini merupakan bagian dari sosialisai pentingnya berkoperasi.

“Kami menginginkan koperasi menjadi pilihan utama masyarakat dalam mengakses permodalan. Selain tidak memberatkan, dalam koperasi ada sistem kekeluargaan. Di mana, sistem manajemen koperasi selalu diutamakan pada musyawarah yang melibatkan anggota,” terang Hadi.

Hadi mengaku, anggota koperasi yang masuk dalam binaan Dinas Koperasi dan UMKM Jombang mencapai ratusan. Ia merinci, jumlah anggota koperasi mencapai 832. Sementara, binaan UMKM mencapai 32.500. Semua binaan koperasi dan UMKM itu tersebar di wilayah Kabupaten Jombang. "Pada peringatan Hari Koperasi yang ke 69 ini, digalakkan pembinaan terhadap anggota. Agar, cita-cita kita dalam mewujudkan ekonomi berdikari melalui koperasi dapat terwujud,” pungkas Hadi. (AndikJod/Humas)