Plt Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab Berangkatkan Jalan Sehat Hari Koperasi Ke 71

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Kamis, 02 Agustus 2018

Peringatan hari Koperasi (Harkop) Ke 71 di Kabupaten Jombang dimeriahkan dengan kegiatan Jalan sehat dan bazar yang dipusatkan di Aloon Aloon (depan Pendopo Kabupaten), Kamis (2/8/18) pagi.

Jalan sehat yang diikuti ribuan warga, pelajar dan para pegiat koperasi tersebut diberangkatkan oleh Plt Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab yang didampingi Wakil Bupati Jombang terpilih Sumrambah, Ketua DPRD Jombang dan Kapolres Jombang.

Usai memberangkatkan jalat sehat, Plt Bupati didampingi, jajaran Forkopimda dan Para Pejabat Pemkab Jombang tampak meninjau bazar UMKM yang berada di lokasi acara.

Berikut ini Sambutan Wakil Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab (Plt Bupati Jombang) di Resepsi Peringatan Hari Koperasi Ke 71 yang di gelar di Aloon Aloon Jombang, Kamis (2 Agustus 2018),

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu’alaikum wr.wb.

“Pagi ini kita memperingati hari Koperasi yang ke -71 di Kabupaten Jombang. Pada peringatan Hari Koperasi Kabupaten Jombang mengusung tema “ Berkoperasi dan Berwirausaha sebagai Wujud Penguatan Ekonomi Kerakyatan di Era Milineal”.

Dari tema tersebut implementasi di lapangan diharapkan koperasi dapat tumbuh dan berkembang sekaligus mempunyai semangat membangun kehidupan berkoperasi di pelbagai bidang kegiatan kehidupan berkoperasi di era milineal baik oleh Gerakan Koperasi itu sendiri maupun oleh pemerintah dan masyarakat.

Meningkatnya komitmen, apresiasi dan peran serta segenap lapisan masyarakat terhadap pengembangan koperasi dan usaha mikro kabupaten Jombang merupakan suatu keharusan yang mutlak.  Koperasi sebagai pilar kekuatan ekonomi di era digital, disini peran generasi muda sangat-sangat dibutuhkan kalau tidak ingin dilindas jaman.

Beberapa catatan sejarah Koperasi di Indonesia dimulai Tahun 1896 Pada Waktu itu Pamong Praja Patih R. Aria Wiria Atmaja di Purwokerto mendirikan sebuah bank bagi pegawai negeri untuk menolong para pegawai yang menderita karena terjerat lintah darat.  Cita-cita semangat tersebut diteruskan oleh De Wolffvan Westerrode, seorang assisten residen Belanda. Ia menganjurkan mengubah bank itu menjadi Koperasi.

Pada tahun 1908, Raden Soetomo mendirikan perkumpulan “BUDI UTOMO” untuk memanfaatkan sektor Perkoperasian bagi kesejahteraan rakyat miskin, mulai dari Industri kecil dan kerajinan

Pada Tahun 1915 Terlahir UU koperasi yang pertama yaitu : “ Verordening Op De Cooperative  Vereenigining “ yang bunyinya sama dengan UU bagi rakyat Indonesia, anggaran dasar koperasi tersebut harus dibuat dalam bahasa Belanda dan dibuat di hadapan notaris.

Memasuki era penjajahan Jepang Tahun 1942, Jepang mendirikan koperasi kumiyaki, awalnya koperasi ini berjalan mulus, namun fungsinya berubah drastis dan menjadi alat bagi Jepang untuk mengeruk keuntungan.

Pada Tahun 1947 tepatnya tanggal : 12 Juli, pergerakan koperasi di Indonesia mengadakan konggres Koperasi yang pertama di Tasikmalaya, sekaligus membentuk Sentra Organisasi Konggres Rakyat Indonesia (SOKRI) yang berkedudukan di Tasikmalaya kemudian ditetapkan sebagai hari Lahir Koperasi Indonesia.

Tahun 1992, dengan dikeluarkannya Undang-undang No. 25 Tahun 1992 yang menjelaskan bahwa koperasi berfungsi dan berperan antara lain untuk mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota dan masyarakat , berupaya mempertinggi kualitas  kehidupan manusia, memperkokoh perekonomian rakyat, mengembangkan perekonomian nasional, serta mengembangkan kreativitas dan jiwa berorganisasi bagi pelajar bangsa.

Kabupaten Jombang mempunyai 821 koperasi dari 29 jenis koperasi diharapkan dapat berperan serta mewujudkan cita-cita sokoguruning perekonomian nasional, melalui wadah koperasi pula diharapkan  dapat menciptakan wirausaha-wirausahawan yang kuat, tangguh dan mempunyai daya saing yang luar biasa.

Pertumbuhan dan perkembangan koperasi di kabupaten Jombang memerlukan peran serta Generasi Muda Millenia agar koperasi semakin eksis, tumbuh dan semakin jaya karena didukung SDM yang mumpuni dengan menguasai IPTEK dengan dilandasi oleh iman yang kuat.

Koperasi adalah badan usaha yang didirikan berdasarkan atas azas kekeluargaan dan gotong royong demi tujuan bersama, banyak manfaat yang dapat dirasakan dalam berkoperasi, baik di bidang pendidikan, sosial dan ekonomi.

Begitu pentingnya peranan koperasi sebagai sokoguruning perekonomian Indonesia, Kabupaten Jombang melalui SKPD Dinas Koperasi dan Usaha Mikro tidak henti-hentinya mengadakan pembinaan dan pengembangan Koperasi.

Sehingga tahun ini dapat dimunculkan Koperasi Berprestasi dengan melalui tahapan - tahapan penilaian meliputi : Penyajian laporan keuangan dan RAT tepat waktu, diantaranya :

  1.  KUD “KARYA BHAKTI”, ds. Watudakon, Kec. Kesamben.
  2.  Kopwan “ SEKAR MAS”, ds. Katemas Kec. Kudu.
  3.  Koptan “ TEGUH JAYA”, ds. Kudu Banjar, Kec. Kudu.
  4.  KSU “ NIRA MURNI”, ds. Wuluh Kec. Kesamben
  5.  Kompontren “TEKAD MANDIRI” ds. Cukir Kec. Diwek.
  6.  KSU “ JAYA ABADI” ds. Plandaan, Kec. Plandaan

Pemberian penghargaan Koperasi berprestasi yang diberikan pada setiap tahun, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi koperasi koperasi yang lain.

Berdasarkan data ODS (Online Data System) insan koperasi rata rata usianya diatas 45 tahun dengan rata rata penguasaan IT nya masih lemah, ini merupakan suatu tantangan bagi kita semua.  Usia produktif ( generasi muda) kelihatannya  kurang minat terhadap Koperasi, bahkan disekolah-sekolah kelihatannya Pelajaran Koperasi pun kurang diminati, ini merupakan tantangan bagi kita semua. Bagaimana merumuskan agar semua lapisan masyarakat khusunya generasi muda menyadari betapa pentingnya Koperasi merupakan senjata paling ampuh untuk memerangi krisis moneter dan revolusi industri ke -4 ini.

Disamping itu dengan berkoperasi diharapkan akan tumbuh Usaha Mikro yang kuat yang semuanya akan diwadahi oleh lembaga yang namanya Koperasi. Koperasi yang kuat akan berdampak pada pemberdayaan masyarakat yang akan membuka lapangan kerja dan dengan sendirinya akan mengurangi pengangguran.

           Akhirnya, saya ucapkan “ Selamat Hari Koperasi Ke 71, Semoga Koperasi bertambah Jaya”

                  Sekian dan Terima kasih

                Wassalamu’alaikum, wr.wb

 

          Plt.Bupati Jombang,

          Hj.Mundjidah Wahab