Pengenalan Perikanan Sejak Dini Di Kabupaten Jombang

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Kamis, 03 Mei 2018

Dinas Perikanan Kabupaten Jombang pagi ini (Kamis, 3/5/2018) memberikan kegiatan pengenalan perikanan pada anak-anak TK Pertiwi 2 Kabupaten Jombang.  Anak-anak ini datang bersama orangtua juga didampingi guru kelas.

Sebelum kegiatan dimulai, kedatangan anak-anak disambut Plt Kepala Perikanan  Harun Wiyono, Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Jomban, Ny Suparti Setiajit. Mereka diajak bernyanyi dan menyebutkan nama-nama ikan yang mereka ketahui.Selain itu anak-anak juga diajak melihat kolam ikan Patin, Lele dan Nila. Mereka senang sekali memberi makan ikan. 

"Tujuan kegiatan ini untuk mengenalkan dunia perikanan kepada anak-anak sejak  usia dini. Disamping itu harapannya agar anak-anak sejak dini gemar makan ikan”, tutur Harun Wiyono, Plt Dinas Perikanan

Dalam kegiatan tersebut,  anak-anak diperkenalkan dengan jenis-jenis ikan air tawar yang dibudidayakan di Kabupaten Jombang. Ikan- ikan tersebut tersedia di aquarium gedung  Aquabis Dinas Perikanan kabupaten Jombang. Termasuk ada juga ikan hias juga tersedia di Aquabis. Tidak hanya itu, para orangtua murid juga diberikan pelatihan dengan cara langsung praktek mengolah makanan  berbahan baku dari ikan dan budidaya perikanan.

Baik orangtua maupun anak-anak bersama dengan Wakil Ketua 3 PKK, Nina Eksan,  Pengurus Pokja 2 dan Pokja 3 PKK Kabupaten Jombang mengikuti kegiatan tersebut. Anak-anak dikenalkan cara membuat adonan dan mengolah ikan dan dalam bentuk bakso tahu juga kaki naga.  Para peserta usai kegiatan juga diberikan ikan hasil olahan tersebut.

Ny. Suparti Setiajit, Plt Ketua TP PKK Kabupaten Jombang mengapresiasi positif kegiatan tersebut. "Kegiatan ini sangat baik sekali, disamping mengenalkan pada anak maupun orangtua tentang dunia perikanan, sekaligus diberikan ilmu bagaimana memanfaatkan dan mengolah hasil perikanan, kunci sukses keberhasilan ini adalah orangtua. Makanan yang disajikan orang tua pada anak akan sangat berpengaruh bagi kesehatan, kecerdasan dan perkembangan generasi kedepan”, tutur Suparti Setiajit.

Istri Pjs Bupati Jombang Setiajit ini juga berharap agar kegiatan ini terus dikembangkan dan diperkenalkan pada pelajar. Dengan harapan, ada peningkatan konsumsi ikan dimasyarakat. Selain itu juga mendorong anak untuk gemar makan ikan. Sebab kandungan nutrisi pada ikan terbukti sangat baik bagi perkembangan anak utamanya  bagi kecerdasan otak. (Kehumasan_Diskominfo)