Pengembangan Kualitas Isteri ASN Menuju Ketahanan Keluarga

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Jumat, 08 Desember 2017

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Jombang  merayakan hari  Ulang Tahun ke-18  tahun 2017 secara sederhana, dengan potong tumpeng.

Bertempat di gedung Bung Tomo kantor Pemkab Jombang, Rabu (6/12/17) pagi para istri Aparatur Sipil Negara (ASN) pemkab Jombang  berseragam resmi DWP menghadiri resepsi  HUT DWP.  Acara berlangsung   sederhana dengan melibatkan siswa siswi dari TK Pertiwi 1 dan TK Pertiwi 2 Jombang. Serta anak anak tuna rungu dari SLB Tunas Harapan III Mojoagung untuk menyemarakkan acara.

Anak-anak binaan DWP Kabupaten Jombang ini menyemarkkan acara tersebut  dengan tampil menari Tari Kebon Ratu, menyanyikan lagu sholawat dan Ayo Sholat. Tidak hanya itu siswa siswi tuna rngu dari SLB juga memebwakan tarian dari luar Jawa. Sementara DWP Dinas Permukiman Kabupaten Jombang menampilkan hiburan qasidah.

Dalam sambutanya Ny. Alimudin  Ketua DWP Kabupaten Jombang membacakan sambutan Ketua Umum DWP Pusat. Antaralain disampaikan  agar semua isteri aparatur sipil negara (ASN) dapat mengaktualisasikan diri dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh DWP sejalan dengan hasil rakernas.

DWP diharapkan menjadi organisasi yang modern dan profesional.  Potensi DWP sangat luarbiasa sebagai mitra  strategis pemerintah. Kontribusi DWP dalam mendukung program prioritas pembangunan pemerintah. DWP harus meningkatkan profesionalitas dan kapabilitas dalam menjalankan roda organisasi. Serta mampu secara inline menjadi mitra tak terpisahkan pemerintah untuk melakukan percepatan pencapaian tujuan pembangunan.

Program DWP harus  selaras dengan program di Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak. Yaitu mengakhiri human trafficking, mengakhiri kekerasan dan mengakhiri ketidakadilan ekonomi pada perempuan.

Kontribusi DWP dalam program prioritas pembangunan utamanya pembangunan moral. Sebab saat ini masih banyak kasus kejahatan dan kekerasan yang ada dimasyarakat yang menimpa pada perempuan dan anak.Seperti KDRT,  kekerasan seksual, bahaya laten narkoba dsb.

"Anggota DWP harus mampu dalam membangun keutuhan dan kebersamaan dalam organisasi melalui peningkatan kualitas peran sertanya baik peran pribadi mandiri, masyarakat maupun organisasi dalam berbagai aktivitas pembangunan, berbangsa dan bernegara guna meningkatkan kesejahteraan anggota dan ketahanan keluarga," tutur Ny. Alimudin.

Tema HUT DWP ke-18  tahun 2017 ini, yaitu" Pengembangan Kualitas Isteri ASN Menuju Ketahanan Keluarga".  “Para isteri ASN diharapkan lebih mandiri dan demokratis”, tandasnya.(Wati_Kominfo)