Peduli Korban Puting Beliung PKK Kabupaten Jombang Serahkan Bantuan

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Senin, 03 Oktober 2016

 

Pemerintah Kabupaten Jombang, dalam hal ini Bupati, Sekda, SKPD, Camat bersama 3 pilar  memberikan bantuan untuk 80 warga yang terkena dampak angin puting beliung di Dusun Sumbermiri, Desa Bugasurkedaleman, kecamatan Gudo.  Pun demikian dengan TP PKK Kabupaten Jombang dan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Jombang.  

Bantuan tersebut berupa logistik makanan seperti  beras, minyak, sarden, mie instan dll.  Selain itu terpal dan alas tidur juga di serahkan kepada warga yang menjadi korban sapuan angin puting beliung tersebut.    Ketua TP PKK Kabupaten Jombang, Tjaturina Wihandoko  yang hadir bersama perwakilan pengurus TP PKK Kabupaten, serta   Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Jombang Siti Alimuddin   juga menyerahkan bantuan sejumlah uang yang diterimakan kepada  Kepala Desa.

“Bantuan ini merupakan wujud keprihatinan kita kepada warga yang tertimpa musibah, semoga bantuan ini bisa meringankan beban warga yang terkena bencana angin puting beliung," kata Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko, didampingi Hj.Tjaturina Yuliastuti Ketua TP PKK Jombang saat menyerahkan bantuan ke warga, Senin(3/10/16) pagi.

Sedangkan untuk kerusakan rumah, Bupati Nyono menjelaskan Pemkab Jombang melalui Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) sudah menyiapkan bahan seperti genting dan asbes. Selain bantuan logistik yang sudah disiapkan Dinas Sosial Tenaga Kera (Dinsosnakertrans). “Untuk perbaikan rumah yang rusak, warga memperbaikinya secara gotong-royong bersama dengan tiga pilar yakni Perangkat Desa,TNI dan Polri,” tandas Bupati.      

Bupati Nyono menegaskan Pemkab Jombang juga akan membantu memperbaiki kerusakan rumah warga akibat terjangan angin puting beliung. “Ini termasuk bencana daerah, oleh karena itu kita akan perbaiki rumah yang rusak menurut tingkat kerusakannya,” tutur Bupati.

Selain  bantuan sembako untuk meringankan beban mereka, juga diberikan  bantuan material berupa genting, asbes, dan material lainnya yang diperlukan,” tambah Bupati Nyono Suharli

Usai menyerahkan bantuan, Bupati bersama rombongan menuju ke salahsatu lokasi rumah yang tengah diperbaiki bersama secara gotong royong, bersama TNI dan Polri. .

Disampaikan oleh Bupati, semoga bencana ini yang terakhir, meski sesungguhnya ada  sekitar sembilan kecamatan yang rawan bencana. Baik itu bencana banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung. Yakni Kecamatan Wonosalam, Kecamatan Bareng, Kecamatan Mojowarno bagian Timur, Kecamatan Mojoagung bagian Timur, Kecamatan Plandaan serta Kecamatan Kabuh, Perak, Bandarkedungmulyo,  dan Gudo.

Seperti diketahui, 80 Rumah di Dusun Sumbermiri Desa Bugasurkedaleman Kecamatan Gudo mengalami kerusakan akibat disapu angin puting beliung pada (Sabtu/1/10/16). Diantaranya 7 rumah mengalami rusak berat, 26 rusak sedang, 47 rusak ringan, 3 pos kamling juga mengalami kerusakan. Tidak ada Korban jiwa dalam musibah ini. (Wati_Humas Jombang)