Pangdam V Brawijaya Yang Baru Kunjungi SP3T Denanyar

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Rabu, 19 April 2017

Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, melakukan kunjungan ke sejumlah tempat di Jawa timur. Hal ini dilakukan tak lama setelah ia menjabat sebagai Orang nomor satu di Jajaran Kodam V Brawijaya ini. Termasuk saat tiba di wilayah Kabupaten Jombang, Selasa (18/4/17). Tempat yang dikunjungi adalah Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) Korem 0823/CPYJ yang berada di Desa Denanyar Kecamatan Jombang.

Didampingi Danrem 082/CPYJ Kolonel Kav Gathut Setyo Utomo, Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko dan Jajaran Forkopimda Jombang, Pangdam Mayjen Kustanto langsung menyaksikan seluruh sudut SP3T yang terdiri dari tempat pengeringan padi, gedung tempat produksi padi, gedung pengolahan bibit, hingga lahan yang berada di sisi selatan gedung SP3T. Tak hanya itu, Jenderal bintang dua yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana ini meninjau kinerja personel yang bertugas di SP3T.
 

Dihadapan awak media, Pangdam mengatakan adanya SP3T ini memiliki tujuan membantu petani yakni mempermudah petani melakukan efesiensi produksi sehingga nantinya akan menghasilkan gabah dan beras dengan kualitas terbaik.

Selain itu, Lanjutnya SP3T ini dibangun untuk mengatasi persoalan yang dikerap dirasakan para petani, misalnya persoalan peralatan modern. Di SP3T, menurutnya memiliki berbagai alat pertanian modern sehingga petani tidak lagi ditakutkan terhadap anjloknya harga gabah di musim penghujan sebab disini sudah siapkan peralatan seperti pengering gabah dan penggilingnya sekaligus.

"Dengan keberadaan SP3T ini saya yakin mampu mendorong peningkatan kesejahteraan para petani di wilayah Kabupaten Jombang," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bulog Sub Divisi Regional (Sub Divre) Wilayah Surabaya Selatan, Arsyad mengatakan, dengan penggunaan mesin modern SP3T akan mampu menghasilkan beras premium.

"Dibanding dengan menggunankan mesin tradisional yang hanya mampu menghasilkan beras berkualitas rata-rata (medium), SP3T bisa menghasilkan beras kualitas premium atau semi premium,” terangnya singkat.(Jod/Kominfo)