Monev PKK KB Kesehatan Di Kabupaten Jombang Dimulai Dari Kecamatan Kesamben

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Minggu, 20 Nopember 2016

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Jombang, Ir. Hj. Tjaturina Wihandoko, MM meresmikan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) desa Gumulan Kecamatan Kesamben (17/11/2016).

Peresmian Poskesdes tersebut bertepatan dengan awal pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (Monev) PKK KB Kesehatan. Selain meresmikan Poskesdes, istri Bupati Jombang tersebut juga menyerahkan secara simbolis penerima Dana PKH (Program Keluarga Harapan).

Kegiatan tahunan sinergitas PKK bersama   seluruh SKPD terkait untuk mengetahui dan mengevaluasi sejauh mana pelaksanaan dari hasil dari pembinaan yang dilakukan terhadap program  pelaksanaan 10 program pokok PKK, KB dan Kesehatan di 21 kecamatan tersebut berbeda dengan tahun sebelumnya.  Tahun ini Tjaturina Wihandoko, Ketua TP PKK Kabupaten Jombang meniadakan  kegiatan seremonial.  Dari penilaian PKK KB Kes 2016  akan dicari pelaksana terbaik  dalam : Kesatuan Gerak PKK KB Kes; Lingkungan Bersih dan sehat; Posyandu; PHBS; Pemanfaatan Toga; Kelompok Pendukung ASI; Cakupan KB; Keluarga Harmonis dan kegiatan BKB.

“Saya mengajak seluruh tim penilai atau tim monev untuk lebih fokus pada sasaran dan tujuan monev PKK KB Kesehatan. Sehingga output yang diharapkan dapat tercapai dan bermanfaat bagi masyarakat. Bahkan  saya berharap akan semakin banyak bermunculan inovasi-inovasi baru yang dilakukan oleh desa”, tuturnya.

Tema PKK KB Kes 2016 adalah “ Dengan Kesatuan Gerak Pkk Kb Kesehatan Kita Wujudkan Keterpaduan Dan Langkah Nyata Dalam Upaya Menurunkan Aki Melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Dan Pengembangan Kampung KB.

Monev PKK KB Kesehatan di Kesamben  adalah Monev hari pertama. Untuk selanjutnya tim akan melakukan kegiatan penilaian sesuai dengan jadwal yang ditetapkan di 21 Kecamatan. Program PKK KB Kesehatan  merupakan program peningkatan peranan wanita dalam pembangunan yang berupaya untuk mengembangkan dan mewujudkan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia.

“Alhamdulilah, kesadaran masyarakat dan  peran serta masyarakat kini semakin meningkat. Mereka sudah sangat memahami arti penting layanan posyandu, pentingnya ASI eksklusif,  kesehatan lingkungan masyarakat Peran kader dalam pendampingan Ibu hamil juga sangat luar biasa. Semoga dengan adanya Pos Kesehatan Desa, dapat memberikan manfaat bagi warga desa Gumulan, Kecamatan Kesamben ”, pungkas Tjaturina Wihandoko.