Ketua TP PKK Kabupaten Jombang Hadiri Gebyar Inovasi Teknologi Tanaman Pangan Dan Holtikultura

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Kamis, 20 Oktober 2016

 

Ir. Hj. Tjaturina Wihandoko, MM, ketua TP PKK Kabupaten Jombang  bersama dengan para pengurus Pokja 3 PKK Kabupaten dan rombongan Dinas Pertanian Kabupaten Jombang yang dipimpin oleh Ir. Hadi purwantoro, M.Si  hadir pada kegiatan Gebyar Dan Gelar Inovasi Teknologi Serta Pelatihan Pembenihan Tanaman Pangan Dan Holtikultura yang dilaksanakan di Komplek Wisata Waduk Selorejo- Ngantang – Malang ( 19/10/2016) pagi.

Kegiatan ini di buka langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur yang didampingi oleh Wakil Bupati Malang, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, Pabandya Wanmil Sterdam V/Brawijaya Letkol Inf Nanang dan Kepala Seksi Teritorial Korem 083/Baladhika Jaya Letkol Inf Bambang. 

Gebyar inovasi kali ini bertujuan untuk mempertemukan langsung antara pemangku kepentingan, praktisi, perekayasa, produsen dan konsumen benih serta  pertukaran informasi perbenihan tanaman pangan yang terkini. Termasuk mensosialisasikan teknologi tanaman pangan yang adaptif dan inovatif termasuk sarana pendukung terhadap penggunannya.

Acara ini berlangsung 19 sampai dengan  20 Oktober 2016. Adapun rangkaian kegiatan ini mulai dari  penyerahan penghargaan Gubernur Jawa Timur kepada pemenang lomba agribisnis tanaman pangan dan hortikultura. Pemberian gelar inovasi teknologi pertanian, keragaman varitas unggul tanaman pangan dan hortikultura yang menampilkan 191 varitas dari 25 jenis tanaman.

Kabupaten Jombang juga berhasil meraih prestasi dan penghargaan pada lomba agribisnis tanaman pangan dan hortikultura.  Diantaranya Gapoktan Galengdowo, desa Galengdowo, kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang keluar sebagai juara I, Gapoktan Puton Juara III, LM3 Al fatah Ngoro Juara I, Petugas POPT Peterongan, Muhtarrom Juara III.

Usai membuka kegiatan tersebut dilanjutkan dengan  panen secara simbolis pada areal gelar inovasi teknologi pertanian keragaman varitas unggul tanaman pangan dan hortikultura. Serta pameran produk unggulan, produk olahan dan sarana pertanian. Di akhir acara dilaksanakan dialog interaktif dengan pelaku usaha tanaman pangangan dan holtikultura, petani/poktan/gabungan poktan, produsen benih, produsen hasil pertanian, penyuluh pertanian, pengawas benih tanaman, petugas pengendali organisme pengganggu tumbuhan serta Dinas Pertanian Kab/Kota Se-Jatim. Undangan yang hadir langsung menikmati aneka tanaman bunga dan sayur yang ada di hamparan lokasi kegiatan.

Ibu ibu Pokja 3 Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang pada event tersebut juga mengikuti lomba Jamu gendong dan Lomba merangkai tanaman/Bunga  bahan dari tanaman pangan  dan  buah buahan.Tjaturina Wihandoko mengucapkan terima kasih sekaligus apresiasi kepada para Gapoktan dan petani Kabupaten Jombang yang berhasil menjadi juara pada kegiatan tersebut. "Kegiatan ini, sangat inspiratif. Insyaallah Jombang pasti juga bisa mewujudkan lahan pertanian hortikultura seperti ini. Kita siap menjadi tuan rumah ajang seperti ini", tuturnya (Wati_Humas Jombang)

rim