Kabupaten Jombang Kini Punya Laskar Anti Narkoba Muslimat NU Di Tiap Kecamatan

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Kamis, 11 Agustus 2016

Permasalahan narkoba Indonesia saat ini sangat memprihatinkan, bahkan Indonesia  sudah masuk kategori darurat narkoba. Betapa tidak, saat ini peredaran narkoba sudah masuk ke semua lini. Tidak hanya diperkotaan, dipelosok desa saat ini sudah terkena dampak narkoba ini. Bahkan yang terbaru narkoba sudah masuk ke wilayah pesantren. Korbannya tidak hanya orang dewasa saja, anak anak juga sudah banyak yang kecanduan narkoba. Miris memang, oleh karena itu semua pihak harus berperan aktif untuk ikut memberantas peredaran narkoba.

(Wabup Selaku Ketua Muslimat Jombang mengukuhkan Laskar Anti Narkoba Muslimat Ancab Gudo)

“Ini sangat memprihatinkan, Oleh karena itu Jamiyah Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Jombang harus membantu tugas aparat yang berwajib dalam memberantas peredaran narkoba ini,”Tutur Wakil Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab usai mengukuhkan Laskar Anti Narkoba Muslimat NU Anak Cabang (Ancab) Kecamatan Gudo, Rabu(10/8/16). Pengukuhan laskar anti Narkoba Muslimat Ancab Gudo ditandai dengan deklarasi dan ikrar memerangi barang haram tersebut, yang dilanjutkan dengan penyematan Pin sebagai laskar anti narkoba Muslimat NU.

Selain itu dibentuknya Laskar Anti Narkoba Muslimat Jombang ini, menurut Wabup Hj.Mundjidah Wahab selaku PC Muslimat NU Jombang,  adalah tindak lanjut dari pengukuhan Laskar Anti Narkoba yang telah dikukuhkan oleh Ketua Umum Muslimat NU Hj.Khofifah Indar Parawansyah pada Puncak Peringatan HUT Muslimat NU ke 70 yang dipusatkan di Stadion Gajayana Malang beberapa waktu yang lalu.

(Laskar anti narkoba Muslimat NU ketika membaca ikrar)

Aksi ini menurut Wabup Hj.Mundjidah merupakan wujud keseriusan Muslimat NU Jombang untuk mencegah dan memberantas penyalahgunaan narkoba di semua lapisan masyarakat dan dimulai dari keluarga. “Dan nantinya akan kita kukuhkan laskar anti narkoba di semua anak cabang/kecamatan yang ada di Kabupaten Jombang,”Kata Wabup Hj.Mundjidah.

Wabup Hj.Mundjidah Wahab menegaskan, melalui Laskar anti narkoba inilah Muslimat NU ingin berperan aktif dalam menyelamatkan generasi bangsa dari bahaya narkoba. Yakni dengan melakukan sosialisasi bahaya narkoba ke seluruh lapisan masyarakat baik melalui pengajian rutin muslimat maupun pada kegiatan kegiatan yang lain.

“Untuk ikut mengurangi bahaya peredaran narkoba ini, tentu kita akan melakukan kerjasama dengan dengan berbagai pihak, baik dengan kepolisian, Badan Narkotika Kabupaten atau yang lainnya,” terang Wabup.

Sedangkan tugas dari Laskar anti narkoba ini, kata Wabup Hj.Mundjidah adalah  mendorong semua ibu memastikan lingkungan terdekatnya terbebas dari narkoba utamanya adalah keluarganya. Apabila mengetahui ada korban narkoba, lanjut Wabup maka pihaknya akan bekerja sama dengan pihak terkait untuk membantu merehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba.

Bahkan dalam hal ini, Wabup menegaskan Muslimat NU Jombang sangat mendukung pemberian hukuman berat bagi para pengedar narkoba. “Narkoba ini sangat merugikan masyarakat dan bangsa ,maka sangat pantas apabila para pengedarmya diberikan hukungan yang berat,”tegas Wabup.

Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko sangat mengapresiasi ikrar laskar anti narkoba ini. "Dengan deklarasi ini, merupakan sebuah reaksi yang sangat cepat bagi perubahan zaman dan ini sangat positif sebagai upaya memerangi narkoba," ujarnya.

Bupati Nyono  memaparkan, bahaya narkotika saat ini kian tak terbendung dan kian masif. Karena itu, butuh komitmen bersama untuk menanggulanginya. Sedangkan Keluarga, menurut Bupati Nyono merupakan pertahanan pertama agar anak tidak terjerembab di lembah narkoba. Hal itu harus menjadi perhatian semua pihak. "Ibu adalah sekolah pertama bagi anak-anak kita untuk memahami budi pekerti dan sopan santun. Saya hargai, dalam hal ini, ibu-ibu Muslimat NU besar perannya bagi bangsa ini," jelas orang nomor satu di Jombang ini.

Oleh karena itu Bupati Jombang mengajak para ibu Jamiyah Muslimat NU untuk bersatu padu melawan sekaligus memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba. “Melalui lascar anti narkoba ini, mari kita bersama sama memberantas peredaran narkoba di Negara kita, untuk menyelamatkan generasi bangsa,”ajak Bupati. (AndikJodi/Humas)