Jombang Diverifikasi Tim Penilai Kabupaten Sehat Provinsi Jatim

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Rabu, 10 Agustus 2016

Kabupaten Jombang sebagai Kabupaten Sehat dengan 2 tatanan yakni kategori Padapa terus berbenah. Kota santri dibawah kepemimpinan Bupati Nyono Suharli dan Hj. Mundjidah Wahab ini bertekad untuk  terus meningkatkan diri guna meningkatkan tatanannya menjadi 4 tatanan di 16 Kecamatan yang ada di kabupaten Jombang.

Pada Rabu, 10 Agustus 2016, Forum Kabupaten Sehat, kabupaten Jombang menerima Tim Penilai/verifikasi Kabupaten Sehat Provinsi Jawa Timur di Ruang Suroadiningrat dan diterima oleh Wakil Bupati Hj. Mundjidah Wahab, Ketua TP PKK Kabupaten Jombang Tjaturina Wihandoko selaku  Pembina Forum Kabupaten Sehat, Ketua Forum Kabupaten Sehat dan pengurus.

Tim didampingi pengurus Forum Kabupaten Sehat, Forum Kabupaten Kecamatan menuju ke 4 titik pantau yaitu Ngoro, Gudo, Jombang dan Kabuh. Empat  tatanan yang diverifikasi oleh tim adalah  tatanan pemukiman dan sarana prasarana sehat, tatanan masyarakat sehat mandiri, tatanan lalu lintas dan pelayanan transportasi sehat dan Ketahanan Pangan..

Tjaturina Wihandoko, selaku Pembina Forum Kabupaten Sehat juga mendampingi tim penilai bersama Ketua Forsid, Kepala Dinas Kesehatan dan tim lainnya di titik-titik pantau tersebut. Kab/kota sehat akan diberikan penghargaan swasti saba yang diklasifikasikan menjadi 3 kategori yakni penghargaan Padapa jika mengikuti penilaian minimal 2 tatanan, penghargaan Wiwerda jika mengikuti penilaian 3 – 4 tatanan dan penghargaan Wistara jika mengikuti lebih dari 5 tatanan.

“Mohon doa restu dan dukungan dari seluruh Forum dan masyarakat agar Kabupaten Jombang terus dapat meningkatkan kategori tatanannya, sehingga  masyarakatnya sehat dan sejahtera”, tutur Tjaturina Wihandoko, saat mendampingi tim verifikasi di Balai Desa Japanan,  Puskesmas Gudo dan Balai Desa Ngoro. (Wati_Humas Jombang)