Jombang Berikrar Nusantara Bersatu, Komitmen Menjaga Kebhinekaan

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Rabu, 30 Nopember 2016

Pemerintah dan Ribuan masyarakat dari berbagai elemen mengikuti doa bersama ,Ikrar Nusantara Bersatu dan orasi kebangsaan di Alun-Alun Jombang,Rabu (30/11). Kegiatan yang dimulai Pukul 7 Pagi tersebut bertujuan untuk memperkuat Keutuhan NKRI dan Kebhinekaan Indonesia. Sedangkan Tema kegiatan ini adalah Jombang berikrar “Nusantara Bersatu, Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia Kita Bersama, Bhinneka Tunggal Ika”.

                                

Hadir pada acara itu Wakil Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab, jajaran Forkopimda diantaranya Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto, Dandim 0814/Jombang Letkol Arh M.Fatkhurahman, Ketua MUI KH.Cholil Dahlan, Ketua PCNU DR KH.Isrofil Amar, serta sejumlah Pimpinan Ormas.

Selain itu kegiatan tersebut diikuti jajaran pejabat pemerintah Kabupaten Unsur TNI, Polri, Majelis Ulama Indonesia (MUI), organisasi keagamaan, organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, santri, pelajar, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Saat hadir di Alon Alon, mereka kompak dengan bendera merah putih kecil ditangan yang sesekali dikibar kibarkan, selain itu pada kepala masing masing juga terikat tali dengan warna bendera merah putih.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan rasa persatuan dan kesatuan NKRI di tengah situasi masyarakat yang rentan terpecah belah,” kata Wakil Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab Usai acara.

Hj Mudjidah Wahab juga mengapresiasi terkait kondisi masyarakat Jombang yang selama ini masih bisa menjaga dan merawat kondisi kemajemukannya. Upaya demikian menurutnya adalah salah satu bentuk pengamalan butir-butir pancasila sebagai ideologi Negara Indonesia.

“Saya bangga dan memberikan apresiasi terhadap warga Kabupaten Jombang yang selama ini terus menjaga kebhinnekaan. Pancasila memang harus diamalkan, karena jika diamalkan maka semuanya akan hidup rukun dan damai,” terang Munjidah.

                                  

Sementara, Ketua PCNU DR. KH Isrofil Amar saat menyampaikan orasi kebangsaannya, dirinya mengajak masyarakat Jombang agar terus mencintai keragaman yang sudah menjadi keniscayaan di Negara Indonesia, termasuk dalam beragama yang dianggap sangat subtansial.

KH Isrofil Amar juga mengingatkan masyarakat Kabupaten Jombang untuk setia terhadap Pancasila dan UUD 1945. “Pancasila tidak hanya untuk di hafalkan namun juga harus diamalkan,”tegas KH Isrofil saat berorasi.

Usai orasi dari KH Isrofil, Selanjutnya dibacakan Ikrar Nusantara Bersatu oleh Anggota DPRD Jombang Cakup Ismono yang diikuti ribuan peserta yang hadir. Selain itu acara ditutup dengan doa lintas agama, satu persatu tokoh lintas agama ini memanjatkan doa untuk keselamatan bangsa.

Berikut isi Ikrar Nusantara Bersatu Masyarakat Kabupaten Jombang,

  1. Menjunjung tinggi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  2. Menghormati dan melaksanakan kewajiban dan hak sebagai warga negara Indonesia dengan penuh rasa tanggung jawab dengan sebaik baiknya.
  3. Menghormati dan menghargai sesama warga negara Indonesia serta akan menjunjung tinggi norma agama, sosial dan hukum.
  4. Menghormati dan menghargai perbedaan akan suku, agama, ras dan antar golongan
  5. Akan selalu menciptakan dan memelihara rasa aman, nyaman, tenteram dan humanis demi terwujudnya situasi dan kondisi masyarakat jombang yang kondusif.  (AndikJodi/Humas)