Jambore Kader Posyandu 2016 Di Kabupaten Jombang

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Selasa, 01 Nopember 2016

 

Jambore Kader Posyandu mulai digelar di Kabupaten Jombang. Tema Jambore Kader Posyandu tahun 2016 di Kabupaten Jombang adalah “ Jambore Kader Posyandu Sebagai Wahana Peningkatan Kapasitas  Bagi Kader Posyandu  Guna Menumbuhkan Motivasi Dalam Mewujudkan Jombang Sejahtera Untuk Semua “.

Jambore Kader Posyandu untuk wilayah Kecamatan Ngusikan, Kabuh,  Plandaan, Kudu, Ploso, Tembelang dipusatkan di SMK PGRI Ploso pada, Selasa (1 /10/2016). Acara yang dibuka langsung oleh Bupati Jombang Drs. Ec. H. Nyono Suharli Wihandoko, MM tersebut dihadiri Wakil Bupati, Ketua TP PKK Kabupaten Jombang, Ketua Forum Istri Dewan, Kepala SKPD, Camat, Pengurus PKK Kabupaten dan diikuti oleh kader Posyandu Balita, Posyandu Lansia dan Kader Taman Posyandu.

Materi Jambore Kader Posyandu antara lain mendengarkan paparan Ike Nesdia Rahmawati dari Universitas Brawijaya Malang  tentang “Pelayanan Prima Posyandu”  dan  outbound dipandu oleh para instruktur  outbound Badan Kepegawaian Daerah (BKD)  Jombang.

Disampaikan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Darmadji bahwa tujuan diselenggarakan Jambore Kader Posyandu adalah  untuk     meningkatkan penge- tahuan dan wawasan kader posyandu dalam penyelenggaraan pembangunan kesahatan guna memberdayaan masyarakat. Menjalin tali silaturrahim, saling tukar pendapat dan masukan, sehingga dapat terwujud sinergitas dalam membantu penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat. Meningkatkan peran aktif kader dalam memberdayakan masyarakat. Meningkatkan keberdayaan kader dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mendukung terwujudnya Jombang Sejahtera Untuk Semua.

“Dengan Jambore Kader Posyandu diharapkan dapat memberi motivasi para kader posyandu untuk bekerja lebih baik dimasa kini,  juga masa-masa mendatang. Kader posyandu merupakan penggerak utama kelancaran jalannya kegiatan layanan  posyandu. Pemerintah Kabupaten Jombang sangat berterima kasih atas dukungan dan kinerja para kader yang luar biasa ”, tutur Bupati Jombang Nyono Suharli

Perhatian pemerintah Kabupaten Jombang kepada para kader Posyandu dibawah pemerintahan pasangan Bupati Nyono Suharli dan Hj. Mundjidah Wahab Wakil  Bupati,  sangat luar biasa.  Sesuai pasal 9 ayat (1), (2), dan (3) Peraturan Bupati Jombang nomor 5 tahun 2015 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Bupati Jombang nomor 12 tahun 2016  disebutkan bahwa:

  • bantuan  untuk  posyandu balita sebesar rp. 3.000.000, per posyandu/tahun, didalamnya ada untuk honor kader sebesar Rp. 20.000/bulan selama 1 tahun. (tahun 2015 Rp. 1.250.000,- per posyandu/tahun).
  • bantuan  untuk posyandu lansia sebesar Rp. 1.000.000,-/posyandu/tahun, masing2  desa 2 posyandu (tahun 2015 Rp. 500.000,-/posyandu/tahun)
  • bantuan pokjanal posyandu desa sebesar Rp. 1.000.000,-/desa/tahun (tahun 2015 Rp. 600.000,-/desa/tahun)

“Saya sampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh kader yang  telah menjadi relawan kesehatan.  Pengabdian para kader  kepada masyarakat sungguh luar biasa. Honor yang  selama ini diterima  tidak sebanding dengan peran dan tugas yang telah diemban selama ini, semoga apa yang dilakukan para kader dengan tulus ikhlas ini  tercatat sebagai amal yang baik, yang kelak menjadi tiket menuju surganya Allah SWT”, tutur Tjaturina Wihandoko, istri Bupati Jombang saat menutup kegiatan Jambore Posyandu yang diakhiri dengan outbound.

Tjaturina Wihandoko Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang juga ikut serta sebagai peserta outbound. Dirinya mengaku senang dan bangga dapat beroutbound bersama para Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan para kader Posyandu yang luar biasa. Jambore Kader Posyandu berlangsung selama 4 hari di 4 titik. Pada 02 November 2016   berlangsung di Balai Desa Megaluh. Pada 07 November 2016  Balai Desa Janti, Mojoagung.  Pada 08 November 2016  di stadion Ngoro (Wati_Humas Jombang)