Dibuka Bupati Jombang, Festival Wirakarya Kampung Kelir Di Jombang Ditutup Wagub Jatim

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Kamis, 20 April 2017

Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka yang digelar Kabupaten Jombang sejak Senin (17/4) akhirnya secara resmi ditutup oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Rabu (19/4) malam.

Saat menutup kegiatan yang melibatkan sekitar 1.000 orang Pramuka Penegak dan Pandega dari Kwartir Gerakan Pramuka Jombang dan enam Kabupaten Lain tersebut, Gus Ipul didampingi Waka Kwarda Jatim AR.Purmadi, Wakil Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab dan Ketua Kwarcab Pramuka Jombang H.Munif Kusnan.

Kegiatan Festival Wirakarya kampung kelir di Kabupaten Jombang adalah dengan melakukan pengecatan pagar, dinding rumah serta jalan di sepanjang wilayah sungai Jalan AR.Shaleh (Desa Jombang, dan sebagian Sambong) sehingga tampak berwarna warni.

Gus Ipul dalam sambutannya mengatakan Kampung Kelir bertemakan Warna warni itu sangat keren, yakni menuju kampung bersih aman dan sehat. "Festival Wirakarya “Kampung Kelir Pramuka” dikemas dalam bentuk bakti masyarakat. Kegiatannya meliputi bakti pengecatan, sosialisasi perilaku hidup bersih sehat,"pungkasnya.

Sedangkan manfaat yang diharapkan dengan adanya Festival Wirakarya Kampung kelir Pramuka ini, Lanjutnya diantaranya mendorong warga untuk berperilaku Gotong Royong, Menginspirasi warga untuk lebih berkreatif dan inovatif, Melibatkan warga dalam deteksi dini terhadap masalah sosial di lingkungan nya.

Gus Ipul Wagub Jatim mengatakan Pramuka lah yang akan menjadi dasar dalam membina kreativitas, kerja keras, kerjasama dan cinta tanah air. Untuk mewujudkan hal tersebut, pramuka menjadi bagian dari kawah candradimuka dalam melahirkan generasi kepemimpinan bangsa nantinya.

"Maka, saya sangat mengapresiasi acara Festival Wirakarya Kampung Kelir yang hanya dalam tempo singkat telah menyulap kawasan kampung menjadi berwarna warni,"ucap Gus Ipul.

Saat penutupan, Segala lelah yang dirasakan peserta Festival Wirakarya Kampung Kelir hilang dengan hadirnya penampilan Group Band papan atas Letto. Suguhan musik berjenis rock, pop, etnik yang disenandungkan oleh Noe (Sabrang Mowo Damar Panuluh, red) bersama Patub, Dhedot, Angga dan Arian. Berbagai lagu hits Letto membuat peserta festival yang selama acara menginap di rumah-rumah penduduk ini, merasakan energi baru.

Sebelumnya, Festival Wirakarya Kampung Kelir yang digelar Kabupaten Jombang tersebut secara resmi dibuka Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko, Senin (17/4/17) malam di Desa Jombang, Kecamatan Jombang.

Pembukaan ditandai dengan pemencetan tombol oleh Bupati didampingi jajaran Forkopimda Jombang, Waka Kwarda Pramuka Jatim dan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Jombang dihadapan ratusan Anggota Pramuka peserta Festival Wirakarya.

“Semoga dengan adanya Festival Wirakarya ini bisa menularkan kebaikan bagi masyarakat sekitar, yakni masyarakat makin sadar akan kebersihan. Apalagi sepanjang Jalan AR.Shaleh termasuk daerah aliran sungai,”harap Bupati Nyono saat membuka Festival yang diikuti anak anak muda tersebut. (Ary/Pri/Kominfo)

( Gotong royong, suasana saat bantaran sungai di sepanjang Jalan AR Shaleh (Desa Jombang dan sebagian Sambong) disulap untuk dijadikan tampak berwarna warni )