Desa Badang Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang Siap Menjadi Desa Juara P2WKSS

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Kamis, 25 Agustus 2016

Desa Badang Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang, desa yang terkenal dengan penghasil bibit tanaman ini masuk nominasi penilaian  sebagai Desa Binaan Program Pemberdayaan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Jawa Timur. Setelah lolos administrative, kemarin  pada Selasa (23/08/2016) Tim Pelaksana P2WKSS yang diketuai oleh kepala Desa Badang, Desi Retnowadhani, mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan hasil laporannya.

“Alhamdulilah, Pembinaan yang telah dilakukan oleh  Tim Pembina P2WKSS Kabupaten Jombang, menghantarkan desa kami lolos verifikasi administrative dan hari ini, kami harus memperesentasikannya, mohon doa restunya”, tutur Desi Kades Badang sesaat akan presentasi.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang , Ir.Hj. Tjaturina Wihandoko, MM suportnya kepada Ibu-Ibu desa Badang sangat luar biasa. Bersama dengan Ketua Forum Istri Dewan (Forsid) Endang Joko Triono,  Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait yang  berhubungan dengan program-program sasaran P2WKSS turut mendampingi kader Desa Badang melakukan presentasi di Kantor PPKB Provinsi Jawa Timur.

Pembinaan program terpadu P2WKSS di desa Badang telah dilakukan oleh SKPD terkait dan TP PKK Kabupaten Jombang sejak 2015 hingga 2016. Berbagai bentuk pembinaan, pelatihan, ketrampilan  dan bantuan telah diberikan.  

Tjaturina Wihandoko, istri Bupati Jombang ini, memotivasi Kades Badang bersama tim P2WKSS, agar bersemangat, dan berkomitmen mewujudkan desa Badang sebagai desa Hortikultura. “Saya berharap, kepada tim Pembina juga tim pelaksana P2WKSS Desa Badang ada sinergitas  yang baik, komitmen yang sama untuk mewujudkan perempuan desa Badang yang luar biasa dengan karya nyatanya dan berkelanjutan”, tutur Tjaturina.

Desa Badang mayoritas penduduknya adalah bertani. Desa Badang adalah desa penghasil bibit tanaman, seperti sayur, buah dan bunga yang pemasarannya sudah keluar daerah. Pun demikian dengan usaha kerupuk asin atau kerupuk tayamum. Usaha kerupuk ini  juga sudah merampah pasar diluar Kabupaten Jombang.

Diakui oleh Kades Badang, dengan adanya pembinaan  program P2WKSS, banyak perubahan yang menjadi lebih baik disemua sector. Baik Keagamaan, Pendidikan, Kesehatan, Ketahanan Pangan, Pertanian dan sektir lainnya. Masyarakat, terutama kaum perempuannya  lebih aktif dan memiliki ketrampilan didalam mengembangkan produk olahan local. “Support dari Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang pada kegiatan pemberdayaan masyarakat desa utamanya para perempuan sangat luar biasa”, tutur Desi Kades Badang.

Kades Badang dua periode ini berharap semoga dengan terlaksananya presentasi hari ini, Tiim penilai P2WKSS Provinsi Jatim dapat segera menindaklunjutinya dengan melakukan verifikasi lapang ke desa Badang kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. "Desa Badang siap menajdi juara P2WKSS", pungkasnya (wati_humas jombang)