Dari HKG PKK Ke 46 Di Kabupaten Jombang : Kader PKK Adalah Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Rabu, 25 April 2018

 

Senyum ceria penuh bangga para kader PKK saat menerima hadiah  lomba PKK KB Kesehatan 2017 Kabupaten Jombang. Para kader PKK  yang berhasil menjadi juara pada Lomba 10 Program Pokok PKk dan PKK KB Kesehatan 2017 ada  yang menerima hadiah berupa Thropy, Piagam juga bingkisan. Penyerahan hadiah lomba dilaksanakan pada puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Kabupaten Jombang ke 46 tahun 2018 (24/4/2018) pagi di ruang Bung Tomo Pemkab Jombang.

Puncak Peringatan  HKG PKK Kabupaten Jombang Ke 46 Tahun 2018 berlangsung secara sederhana dan khitmad. Plt. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang, Ny. Suparti Setiajit, dalam sambutannya membacakan sambutan Ketua Umum TP PKK Pusat. 

Momentum Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di kabupaten Jombang dirangkai dengan pembukaan Rapat Konsultasi (Rakor) PKK disertai penyerahan hadiah-hadiah lomba tahun 2017. Kegiatan yang dihadiri seluruh Tim Penggerak dan Kader PKK se- Kabupaten Jombang ini juga dihadiri Bupati Jombang yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Administrasi Kesejahteraan Rakyat, Drs. Purwanto MKP. Kepala OPD terkait, Perwakilan Gabungan Organisasi Wanita. Tema yang diusung pada HKG tahun  ini menggaungkan  semangat kerukunan dan suasana damai.  Yakni "Kerukunan Dalam Keluarga dan Lingkungan Untuk Mewujudkan Indonesia Damai." 

Melalui tema tersebut Tim Penggerak dan Kader PKK diharapkan secara berjenjang pada semua tingkatan. Senantiasa bahu membahu dengan segenap komponen masyarakat, memberikan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh keluarga di Indonesia bahwa kondisi aman dan nyaman di negara ini dimulai dari keluarga. 

Diingatkan juga bahwa keluarga dan lingkungan itu menjadi benteng utama dan pertama untuk terciptanya kondisi yang baik. Jika sudah dapat diperoleh keamanan dan kedamaian di masyarakat maka secara tidak langsung, Kondisi di Indonesia bisa aman dan tenteram. Disini juga dibutuhkan fungsi tim penggerak PKK dan kader PKK dapat menjembatani peran setiap orangtua untuk membangun ketahanan dalam keluarga. Hal tersebut menjadi penting, karena ketahanan dalam keluarga itu kunci keharmonisan dan kerukunan dalam setiap rumah tangga.

Saya ingin mendorong agar seluruh tim penggerak dan kader PKK senantiasa memberikan contoh nyata dan keteladanan dalam ikut serta menciptakan kerukunan keluarga dan lingkungan sehingga bisa terwujud Indonesia yang aman nyaman tenteram dan damai," demikian sambutan Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat Erni Guntarti Tjahyo Kumolo, yang dibacakan Hj. Suparti Setiajit.

Ny. Suparti Setiajit juga menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus apresiasi atas karya nyata Gerakan PKK Kabupaten Jombang, serta menyampaikan ucapan selamat kepada desa serta para kader juara. "Selamat ber HKG PKK selamat juga buat yang telah berhasil berprestasi dan menjadi juara, semoga apresiasi dan prestasi ini menjadi motivasi bagi para kader PKK untuk lebih maju dan lebih bersemangat lagi mengabdikan diri untuk masyarakat", tutur Suparti Setajit.  

Dalam kesempatan yang sama Purwanto, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Jombang, menyampaikan sambutan Pjs Bupati Jombang, Setiajit yang mengapresiasi terhadap kinerja Tim Penggerak PKK se Kabupaten Jombang yang dengan secara sukarela tulus ikhlas tanpa pamrih dan tanda jasa telah  ikut berpartisipasi memajukan pembangunan dalam segala aspek kegiatan. Salah satunya aspek yang langsung menyentuh sisi yang sangat penting dalam pembangunan yakni aspek kesejahteraan. “PKK ini luar biasa, inilah para perempuan pahlawan tanpa tanda jasa, yang dengan tulus ikhlas tanpa pamrih mencurahkan tenaga, fikiran dan waktunya untuk turut membangun bangsa ini”, tuturnya.

Purwanto juga berharap kinerja yang tulus ikhlas kader PKK tanpa pamrih tersebut terus ditingkatkan. Apalagi persoalan negeri ini yang sangat kompleks seiring dengan era globalisasi, sangat membutuhkan  peran Ibu, peran serta  perempuan,  terutama para Kader PKK yang dimulai dari keluarga. ( Humas_Diskominfo) 

 

BERIKUT DAFTAR PEMENANG LOMBA PKK KB KESEHATAN

TAHUN 2017 ( Dibagikan pada saat HKG PKK ke – 46 Tahun 2018 )

  1. LOMBA PELAKSANAAN TERBAIK KESATUAN GERAK PKK KB KES

JUARA IDESA MLARAS KEC. SUMOBITO

JUARA IIDESA LATSARI KEC. MOJOWARNO

JUARA IIIDESA SENDEN KEC. PETERONGAN

HARAPAN IDESA MOJONGAPIT KEC. JOMBANG

HARAPAN IIDESA MOJODANU KEC. NGUSIKAN

 

  1. PELAKSANA TERBAIK LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT ( LBS )

JUARA IDESA SENDEN KEC. PETERONGAN

JUARA IIDESA BALONGGEMEK KEC. MEGALUH

JUARA IIIDESA MOJONGAPIT KEC. JOMBANG

HARAPAN IDESA MLARAS KEC. SUMOBITO

HARAPAN IIDESA BUGASUR KEDALEMAN KEC. GUDO

 

  1. PELAKSANA TERBAIK POSYANDU

JUARA IDESA JOMBOK KEC. NGORO

JUARA IIDESA MLARAS KEC. SUMOBITO

JUARA IIIDESA GEBANGBUNDER KEC. PLANDAAN

HARAPAN IDESA BALONGGEMEK KEC. MEGALUH

HARAPAN IIDESA KWARON KEC. DIWEK

 

  1. PELAKSANA TERBAIK PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ( PHBS )

JUARA IDESA MLARAS KEC. SUMOBITO

JUARA IIDESA GEBANGBUNDER KEC. PLANDAAN

JUARA IIIDESA JOMBOK KEC. NGORO

HARAPAN IDESA MENTURUS KEC. KUDU

HARAPAN IIDESA BANJARSARI KEC. BANDARKEDUNGMULYO

 

  1. KELUARGA HARMONIS

JUARA I( Bp. Saen Choir dan Bu Aliyatul Mahmudah, Jl. Cempaka Ds. Mojongapit Kec. Jombang )

JUARA II( Bp. Hery Supriyanto dan Bu Sunarlis Furya Dewi, Dsn. BalonggemekDs. Balonggemek Kec. Megaluh )

JUARA III( Bp. Syaiful Faizin dan Bu Utrotul Auliyah, S. Pd, Dsn. BanjarsariDs. Banjarsari Kec. Bandarkedungmulyo )

HARAPAN I( Bp. Sudarso dan Bu Nur Lailis Syafah, Dsn. Carangrejo Ds. Carangrejo Kecamatan Kesamben )

HARAPAN II( Bp. Arif Sumanto dan Endang Rahayu, Dsn. Blimbing Ds. KwaronKec. Diwek )

 

  1. LOMBA POSKO SAMBUNG RASA

JUARA IDESA SENDEN KEC. PETERONGAN

JUARA IIDESA BALONGGEMEK KEC. MEGALUH

JUARA IIIDESA MLARAS KEC. SUMOBITO

HARAPAN IDESA MENTURUS KEC. KUDU

 

V.   LOMBA KRPL TINGKAT KABUPATEN

JUARA I                 DESA PULOGEDANG KECAMATAN TEMBELANG

JUARA II                DESA GENENG KEC.JOMBANG

JUARA III               DESA WONOMERTO KEC. WONOSALAM

HARAPAN I           DESA BALONGGEMEK KECAMATAN MEGALUH

HARAPAN II          DESA JENISGELARAN KEC.BARENG

HARAPAN III         DESA NGORO KEC.NGORO