Bupati Dan Forkopimda Jombang Pakai batik Di Hari Batik Nasional

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Senin, 02 Oktober 2017

Bila biasanya tiap Hari Senin para pegawai Pemkab Jombang mengenakan seragam harian warna keki, namun khusus Senin pagi tadi (2/11/2017) mereka mengenakan batik. Hal ini karena Bertepatan dengan Hari Batik Nasional yang diperingati tiap tanggal 2 Oktober.

Sehingga para Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Jombang mengenakan pakaian batik. Tak terkecuali Bupati Jombang, Sekda Jombang dan jajaran Forkopimda Jombang juga memakai batik.

Hal itu tampak saat menghadiri acara di Pendopo Kabupaten, Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko, Sekda Ita Triwibawati, Ketua DPRD Jombang Joko Triono, Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto, Dandim 0814/Jombang Letkol Arh.M. Fatkhurahman, Dansatradar 222 Letkol Dwi Purnomo dan para Pejabat Pemkab Jombang memakai batik dengan corak berwarna warni.

Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko, mengatakan menyambut Hari Batik Nasional, pihaknya sengaja menginstruksikan untuk mengenakan pakaian batik bagi PNS di Pemkab Jombang.

“Ini sebagai kebanggaan kita terhadap batik yang merupakan warisan budaya Indonesia. Bagi kami, batik juga menjadi identitas budaya, dengan memakai batik kami harap tumbuh kebanggaan kita terhadap tradisi luhung bangsa kita,” kata Bupati Nyono yang tampak memakai batik dengan warna orange dengan motif kebiruan.

Selain itu , lanjut Bupati Nyono dengan kita bangga memakai batik maka itu akan mendorong dalam upaya melestarikan batik, khususnya di Jombang.

Sedangkan saat ditanya apakah ada instruksi khusus untuk memakai Batik Jombangan di Hari Batik Nasional ini? Bupati Nyono mengungkapkan dirinya membebaskan para pegawai pemkab dalam memakai batik. “Yang penting pakaian batik, tidak harus batik Jombangan. Karena kita ingin melestarikan batik,”Tandasnya.

“Memang tidak ada surat resmi, namun kemarin (minggu) telah disebar himbauan dari Pak Bupati melalui pesan WhatsApp agar seluruh kepala SKPD dan staffnya mengenakan seragam batik di hari seninnya,”Ungkap Agus Usman Panuwun Plt Kepala Dinas Komunikasi Informasi (Kominfo).