Layanan E- KTP Wilayah Utara Brantas Sementara Masih Terpusat Di Kecamatan Ploso

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Selasa, 07 Agustus 2018

Upaya memberikan pelayanan secara cepat dalam urusan KTP Elektronik(E- KTP), telah dilakukan Pemerintah kabupaten  Jombang dengan membuka loket dikantor Kecamatan. Saat ini baru ada3 lokaet pelayanan yang sudah aktif di tingkat Kawedanan. Diantaranya Kecamatan Jombang, Kecamatan Mojoagung dan Kecamatan Ploso.

Plt. Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menyampaikan selanjutnya juga akan segera dibuka loket pelayanan di kecamatan Ngoro. “Targetnya seluruh Kecamatan dapat memberikan pelayanan E-KTP, sehingga tidak harus di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten”, tutur Hj. Mundjidah Wahab (6/8/2018) saat bersilaturahim dengan tokoh agama, toloh masyarakat di kecamatan Ploso.

Loket pelayanan di kecamatan akan melayani perekaman dan proses cetak E-KTP.  “Jadi untuk perekaman dan cetak tidak harus di Dispenduk capil, tapi diloket kecamatan juga bisa, lebih dekat dan lebih cepat ”, tandasnya.

Kebijakan ini diambil bertujuan untuk memudahkan masyarakat sekitar Kecamatan terdekat yang membutuhkan pelayanan bidang administrasi kependudukan.  Untuk mencapai target tersebut, pemkab Jombang akan berkoordinasi dengan legislatif  terkait pengadaan alat cetak E-KTP. Untuk sementara baru bisa dilakukan per kawedanan dulu. Selanjutnya diharapkan seluruh Kecamatan juga dapat melayani, sehingga pelayanan akan semakin cepat.

Sementara itu Camat Ploso, Drs. Suwignyo  mengatakan bahwa loket pelayanan E-KTP di kecamatan Ploso juga akan melayani semua penduduk diwilayah Utara Brantas. “Pelayanan kami bukan hanya untuk warga Ploso saja, akan tetapi untuk warga di 5 kecamatan diwilayah Utara Brantas”, tandas Suwignyo (Humas-Kominfo)