DIGITAL PARENTING DI ERA MODERN

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Kamis, 24 Mei 2018

Bahaya gadget dan penggunaan internet bagi anak adalah masalah real yang dihadapi orang tua di era digital seperti sekarang. Bagaimana melakukan pendampingan dan strategi pengawasan dalam penggunaan barang digital oleh anak merupakan PR besar para orang tua.

Mafindo Jombang, komunitas relawan yang bergerak di bidang edukasi literasi digital mengajak para orang tua untuk concern dan fokus terhadap pendampingan anak pada saat menggunakan gadget. “Pembatasan penggunaan gadget kami rasa sangat diperlukan, jadi anak-anak tahu kapan dan berapa lama batasan maksimal dalam penggunaan gadget, tentu saja itu dimulai dari orang tuanya,” tegas Erna Murti, Komite Fundraising Mafindo Jombang.

Pengalihan kegiatan, lanjut Erna, juga bisa dilakukan para orang tua untuk mengurangi waktu anak dalam bermain gadget. “Jika anak masih balita, kita arahkan ke permainan yang edukatif, kemudian yang sudah agak dewasa dapat kita arahkan ke bidang-bidang olahraga maupun kelompok seni,” tambah Erna.

Pendampingan orang tua memang jadi faktor utama dalam hal ini. “Nantinya anak akan lebih menjadi pribadi yang bertanggung jawab ketika menggunakan internet di semua tingkatan usia, sehingga anak akan lebih berhati-hati dalam men-share data pribadi yang dapat menimbulkan dampak kejahatan dan sebagainya,” kata Hanifah Atminurmala, Komite Edukasi Literasi Digital Mafindo Jombang.

Mafindo, saat ini memang concern terhadap hal-hal yang berkaitan dengan edukasi literasi digital untuk masyarakat. “Kami ingin ikut mengambil peran bagi masyarakat utamanya memberikan solusi terhadap permasalahan perkembangan internet dan teknologi komunikasi, utamanya tentang berita hoax yang sangat merugikan masyarakat karena kaitanya dengan digital safety,” tegas Koordinator Mafindo Jombang, Nuril Hidayati.

“Informasi itu dapat diakses siapa saja dengan cepat, untuk itu kita harus melindungi informasi pribadi kita yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang punya niat buruk, isu-isu seperti ini yang ingin kita angkat agar masyarakat lebih aware dengan bahaya internet serta bagaimana memanfaatkan internet dengan sehat dan kreatif,” pungkasnya.