Jombang Kampanye Gemarikan Lahirkan Generasi Cerdas dan Hebat

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Selasa, 08 Mei 2018

Pemkab Jombang melalui Dinas Perikanan Kabupaten Jombang ditahun 2018 ini kembali berupaya memberikan edukasi, pemahaman akan pentingnya konsumsi ikan di  masyarakat. Bertempat di Pendopo Pemkab Jombang, pada Senin, 7 Mei 2018 digelar agenda tahunan yakni Sosialiasi bertajuk “Manfaat Makan Ikan Bagi Kesehatan Keluarga dan Kecerdasan Anak”. Acara tersebut diawali dengan senam Gemarikan bersama seluruh undangan yang hadir dan siswa siswi SDN Jombatan 1, Jombatan 3 dan SDN Kepanjen 2 Jombang.

Penjabat Sementara Bupati Jombang  (Pjs) Setiajit, yang sedianya hadir, diwakilkan kepada Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Jombang Ir.Sucipto untuk membuka kegiatan tersebut. Tampak jajaran Forkopimda, Kepala OPD, Camat, Ketua TP PKK Kabupaten, TP. PKK Kecamatan dan kader pokja 3.

Acara dikemas pemberian materi sosialisasi serta lomba masak serba ikan yang diikuti oleh peserta dari perwakilan PKK dari 21 kecamatan se-Jombang. Para  siswa yang didampingi  guru pendamping, stakeholder terkait, dengan penuh semangat mendengarkan paparan tentang pentingnya konsumsi ikan dengan narasumber dari Akademi Gizi Surabaya, Rofiqi, SST. Tidak hanya itu, pada acara tersebut juga digelar pameran produk olahan hasil perikanan yang terdisplay secara rapi dari kelompok pengolah juga produsen  hasil perikanan dan UMKM Jombang.

“ Tujuan kegiatan ini sebagai wahana mengkampanyekan pada masyarakat agar aktif berinovasi dengan memasak serba ikan, mendorong peningkatan konsumsi ikan, meningkatkan peluang pasar ikan dan produk ikan dalam negeri, khususnya pembudidaya dan pengolah produk olah hasil perikanan, tak kalah pentinganya yakni pengenalan pada anak akan manfaat konsumsi ikan tegas”, tutur Ny.Hj.Suparti Setiajit, Plt. Ketua TP-PKK kabupaten Jombang yang juga Plt. Ketua Forikan Kabupaten Jombang.

Sebagai rangkaian acara sebelumnya Dinas Perikanan Jombang pada Kamis (3/5) juga memberikan edukasi pengenalan perikanan pada anak-anak Taman Kanak-Kanak/TK dari TK Pertiwi 2 Jombang yang disambut langsung oleh  Plt Kepala Perikanan  Harun Wiyono, Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Jombang, Ny Suparti Setiajit.

 Mereka diajak bernyanyi dan menyebutkan nama-nama ikan yang mereka ketahui, selain itu anak-anak juga diajak melihat kolam ikan Patin, Lele dan Nila. Kegiatan ini selain berikan edukasi juga untuk mengenalkan dunia perikanan kepada anak-anak sejak  usia dini, harapannya agar anak-anak sejak dini gemar makan ikan”, tutur Harun Wiyono, Plt Dinas Perikanan “.

Anak-anak diperkenalkan dengan jenis-jenis ikan air tawar yang dibudidayakan, ikan- ikan tersebut tersedia di Aquarium gedung  Aquabis Dinas Perikanan  Jombang. Termasuk ada juga ikan hias juga tersedia di Aquabis. Tidak hanya itu, guru pendamping dan  orangtua murid juga diberikan pelatihan dengan cara langsung praktek mengolah makanan  berbahan baku dari ikan dan budidaya perikanan. Baik orang tua maupun anak-anak bersama dikenalkan cara membuat adonan dan mengolah ikan dan dalam bentuk bakso tahu juga kaki naga.

Kecamatan yang berhasil menjadi juara dalam lomba masak serba ikan tahun 2018 sbb: Juara 1- Kecamatan Sumobito; Juara 2 - Kecamatan Wonosalam ; Juara 3 - Kecamatan Mojoangung; Juara Harapan 1 - Kecamatan Ploso dan Juara Harapan 2 - Kecamatan Ngusikan.  Adapun untu Dewan Juri dari SMKN 2 Jombang dan Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur.(Kehumasan_ Diskominfo)