Merefresh Kinerja Kader Motivator ASI

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Selasa, 27 Maret 2018

Menghadirkan narasumber dari Akademi Gizi Surabaya, Anas Buanasita, SKM, M.Gz, Pokja 4 TP PKK Kabupaten Jombang sinergi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, menggelar Sarasehan Motivator ASI.

Kegiatan yang bertujuan merefresh kembali kinerja para kader sebagai motivator ASI di desa-desa ini, dilaksanakan di gedung Bung Tomo kantor Pemkab Jombang pada, Kamis (22/3/2018) dibuka oleh Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Jombang, Ny. Hj. Suparti Setiajit.

Hadir pula pada agenda tersebut Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, dr. Puji Umbaran, MKP. Pengurus TP PKK Kabupaten Jombang, Ketua TP PKK Kecamatan, dan para kader Motivator ASI.

 Suparti Setiajit menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Dinas Kesehatan, para tenaga kesehatan,  kader PKK, kader motivator asi  yang terus bekerja keras dan  ikhlas untuk mewujudkan Jombang sebagai Kabupaten ASI.

”Untuk meningkatkan capaian pemberian ASI, perlu secara terus menerus para kader motivator asi, tenaga kesehatan serta juga keluarga dan masyarakat  sabar dan telaten memberikan pembinaan, terus memotivasi   para ibu menyusui untuk memberikan asi eksklusif pada bayinya dan melanjutkan menyusui hingga 2 tahun”, tutur Ny. Suparti Setiajit.

Ruang-ruang asi yang ada di kantor  pelayanan masyarakat, seperti diterminal, di  perusahaan  juga yang tersedia di fasilitas umum, fasilitas kesehatan,  juga harus terus dipantau dan di evaluasi keberadaannya dan pemanfaatannya.

Menurut Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Jombang, Suparti Setiajit amanat  perda No 2 tahun 2015 tujuannya sangat mulia, yakni  untuk memberikan hak ibu untuk memberikan asi dan kelekatan bagi buah hatinya. Juga memberikan  hak bayi untuk mendapatkan inisiasi menyusu dini, dan asi eksklusif 0-6 bulan dan dilanjutkan hingga 2 tahun.

Perda ini dalam rangka  melahirkan sumberdaya manusia/generasi emas yang sehat, cerdas, tumbuh secara sempurna, berakhlaqulkarimah.

Pesannya kepada para kader ASI, melalui sarasehan motivator asi ini, diharapkan apa yang di paparkan oleh narasumber agar menjadi bekal untuk menindaklanjuti kinerja para kader dilingkungannya.

Dr. Puji Umbaran, MKP dalam sambutannya berharap melalui sarasehan ASI, cakupan ASI  dikabupaten Jombang terus meningkat. Jombang sebagai Kabupaten ASI harus menjadi teladan bagi Kabupaten/Kota lainnya didalam keberhasilan 10 langkah menuju keberhasilan menyusui. Bukan hanya itu saja, Plt. Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang yang juga Direktur RSUD Jombang ini juga memaparkan pentingnya ASI, serta melakukan upaya pencegahan  agar Kematian Ibu Melahirkan dan Angka Kematian Bayi di Kabupaten Jombang.

“Angka Kematian Ibu melahirkan  (AKI) 2017 sebanyak 28 orang. Tahun 2018 ini AKI di Kabupaten Jombang hingga Maret 2018  sudah terdata ada 6 orang.  Kewajiban kita bersama utk bersinergi dengan  terus memotivasi Ibu melahirkan, ibu menyusui untuk memberikan ASI kepada bayinya”, pungkas dr. Puji Umbaran, MKP. (Kehumasan_Diskominfo)