SOSIALISASI PISEW 2017 DI KECAMATAN KUDU

  • Kecamatan Kudu
  • Jumat, 14 Juli 2017

Pada hari Kamis,13 Juli 2017 bertempat di Pendopo Kecamatan Kudu telah dilaksanakan Sosialisasi Program PISEW tahun 2017. Hadir narasumber dari BAPPEDA dan Dinas Perumahan dan Permukiman Kab. Jombang. Acara dihadiri oleh Kepala Desa, Perangkat Desa dan Tokoh Masyarakat dari Desa Kudubanjar, Desa Made, dan Desa Sumberteguh di buka oleh Camat Kudu Sholahuddin Hadi Sucipto, S.STP, M.Si. Dalam sambutannya disampaikan bahwa dengan dengan adanya program PISEW akan dapat lebih meningkatkan kualitas pembangunan infrastruktur yang ada di wilayah Kecamatan Kudu. Nantinya akan diwujudkan untuk pembangunan jalan yang terintegrasi dengan 3 Desa senilai Rp. 200.000.000,00 masing-masing Desa.

Dalam program PISEW mengedepankan pembangunan infrastruktur permukiman di wilayah masing-masing yang disinkronkan dengan  prioritas pembangunan desa, dalam upaya terpenuhinya kebutuhan sarana dan prasarana pendukung permukiman.

Dalam Program PISEW tahun 2017  proses penetapan lokasi dan perencanaan dilaksanakan dengan mengedapankan prinsip pemahanan adat dan budaya lokal, dengan melibatkan tim pelaksana di kabupaten dan kecamatan serta masyarakat setempat selama kurang lebih 4 bulan dengan konsep pembangunannya berskala kawasan. Sedangkan konsep pelaksanaan Infrastrukturnya dilakukan secara kontraktual dengan mengutamakan padat karya selama kurang lebih 3 bulan.
“Penting untuk memahami ‘local contents’, baik dalam arti kearifan, produk dan SDM lokal.

Sehingga dengan Sosialisasi Program PISEW diharapkan para pelaku Program dapat memahami tahapan-tahapan pelaksanaan PISEW secara komprehensif dan efektif. Program harus memberdayakan masyarakat. Sehingga bermanfaat dalam memperkuat kelancaran arus barang dan jasa, bahkan mampu menjangkau warga masyarakat terpencil.