Pemkab Jombang Serahkan Bantuan Program Bantuan Perumahan Swadaya

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Kamis, 08 Juni 2017

Program pro rakyat kembali digulirkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang.Kali ini melalui Dinas Perumahan dan Permukiman  Pemkab Jombang menggulirkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Melalui program ini sebanyak 479 warga Jombang bakal mendapat bantuan untuk merenovasi rumahnya hingga menjadi layak huni. Di Jombang Program BSPS ini tersebar di Kecamatan Ploso, Plandaan dan Kesamben.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Jombang, Arif Gunawan menjelaskan program BSPS merupakan program pemerintah pusat, namun, dalam pelaksanaannya dilakukan oleh pemerintah daerah. Setiap rumah, Lanjutnya akan mendapat bantuan sebesar 15 Juta Rupiah.  

“Untuk pendistribusian anggaran perbaikan rumah, warga tidak langsung menerima uang tunai. Berdasarkan aturan, pemerintah daerah memfasilitasi warga penerima program untuk membuka rekening di bank yang sudah ditunjuk,”terangnya.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko, Rabu (7/6) Sore di Balai Desa Purisemanding, Kecamatan Plandaan. Hadir saat penyerahan tersebut diantaranya Wakil Bupati dan Jajaran Forkopimda Jombang.

Untuk Kecamatan Plandaan jumlah penerima program BSPS sebanyak 100 Rumah yang terbagi  atas Desa Darurejo 50 Rumah dan Desa Puri Semanding 50 Rumah.

Sementara, Bupati Jombang dalam sambutannya sangat mengapresiasi program BSPS ini. Ia berharap, dengan adanya program ini rumah warga Kabupaten Jombang nantinya sudah layak huni semua. "Ini adalah upaya Pemkab Jombang agar warga yang rumahnya tak layak huni menjadi layak huni,"tandasnya.

Bupati Nyono mengungkapkan, dua tahun sebelumnya banyak rumah yang belum layak huni, bahkan banyak juga rumah yang belum memiliki WC.  “Semoga tahun depan (2018) bisa selesai semua program bedah rumah ini. Tahun 2014 lalu sebanyak 42.279 rumah yang belum dilengkapi WC. Sementara, rumah yang belum layak huni mencapai 102.353,”paparnya.

Dengan adanya program ini, Lanjut Bupati Nyono angka tersebut sudah berkurang. “Saya berharap tahun 2018 nanti rumah semua warga Jombang sudah layak huni semua,” kata Bupati Nyono. (Jodi/Kominfo)