PKK Jombang Komitmen Tingkatkan Kinerja di Tahun 2017

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Jumat, 06 Januari 2017

 

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK ) Kabupaten Kabupaten Jombang, dibawah nahkoda , Tjaturina Wihandoko langsung tancap gas diawal tahun 2017. Pada Kamis (05/01/2017) langsung  menggelar rapat inti PKK  awal tahun yang dihadiri 3 orang perwakilan masing masing Pokja.   Agenda rapat tersebut  membahas evaluasi program kegiatan sepanjang tahun 2016   membahas program 2017.

Rapat yang dipimpin langsung oleh  Ketua Tim Pengerak  PKK kabupaten Jombang, dan dihadiri para wakil ketua PKK tersebut digelar di Gedung PKK Kabupaten Jombang. Mengawali sambutannya istri Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko ini menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pengurus TP PKK Kabupaten Jombang dalam melaksanakan program kerja di 2016 dengan baik. Selain itu juga disampaikan harapan ke depan di tahun  2017 harus jauh lebih baik dari 2016.

Pertemuan rapat inti awal tahun memang menjadi ajang evaluasi terhadap hal-hal yang telah dilakukan oleh Tim Penggerak PKK selama ini. Selain itu juga  melakukan penilaian diri, apakah ada keberhasilan atau kemajuan program maupun kegiatan PKK. Selanjutnya, merumuskan strategi dan langkah-langkah tindak lanjutnya dalam bentuk rencana kerja tahunan kedepan.

Siklus manajemen program dan manajemen kelembagaan di TP PKK Kabupaten, diharapkan dapat dilakukan secara simultan, berkesinambungan, dan terus-menerus. Siklus manajemen program dan manajemen kelembagaan seperti itu, memang patut dilakukan. Karena 10 Program Pokok PKK itu pada hakekatnya juga harus selaras dengan Program-program Pemerintah.

Oleh karena itu ditandaskan oleh Ketua  Tim Penggerak PKK,  perlu menginformasikan, mengkomunikasikan, dan mengkonsultasikan Rencana Kerja TP PKK kepada Pemerintah Kabupaten melalui SKPD yang membidangi urusan Pembinaan Pemerintahan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat, agar Rencana Kerja TP PKK menjadi bagian tidak terpisahkan dari Dokumen Perencanaan Pembangunan Pemerintah Daerah.

Dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK, Tjaturina berharap kepada seluruh jajaran Tim Penggerak PKK, janganlah pernah merasa berat, dan jangan pula menjadi beban dalam pengabdian kita untuk ikut meningkatkan kesejahteraan keluarga dan kesejahteraan masyarakat. Pengalaman dan dedikasi Gerakan PKK selama lebih dari empat dasawarsa, harus tetap kita pertahankan, dan bahkan terus kita gelorakan pada masa-masa yang akan datang.

Pada kesempatan tersebut, masing –masing Ketua Pokja menyampaikan laporan evaluasi program 2016 dan perencanaan program yang telah diusulkan di 2017. Dari hasil pertemuan ini dapat diketahui, seluruh program kegiatan TP PKK tahun 2016 dilaporkan telah dilaksanakan sesuai dengan baik, sesuai  jadwal yang telah ditentukan.  "Walaupun masih terdapat beberapa kekurangan  yang perlu kita perbaiki untuk kedepannya, sehingga tahun 2017 harus dapat terealisasi sesuai target "tutur istri Bupati Jombang Nyono Suharli.

Lanjutnya, jalinan kerja sama, sinergitas  dengan dinas terkait, TP PKK Kabupaten sebagai mitra kerja pemerintah harus makin ditingkatkan. Harus terjalin dengan lebih baik dalam menjalankan 10 program kerja PKK. Termasuk sinergitas di masing-masing Pokja hars saling terpadu dan terkait.  Program prioritas/unggulan perlu mendapat perhatian dan terus ditindaklanjuti.Seperti  di Pokja I (PKDRT, Optimalisasi Posko Sambung Rasa), Pokja II (Taman Posyandu dan UP2K-PKK), Pokja III (Hatinya PKK, Keamanan Pangan), dan Pokja IV (Posyandu Lansia, Posyandu Remaja, Deteksi dini kanker servis, TB, PHBS).

Dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK, tentu tidak lepas dari hambatan dan permasalahan. Tetapi permasalahan dan hambatan itu merupakan suatu keniscayaan. Jika dihadapkan pada situasi seperti itu, istri Bupati Jombang ini menyarankan untuk menjadikannya sebagai peluang. Karena pada hakekatnya tidak ada permasalahan yang tidak bisa dipecahkan. Untuk itu, Gerakan PKK juga harus bersifat fleksibel, harus cepat bisa menyesuaikan keadaan dan permasalahan yang dihadapi.

“Keberhasilan pelaksanaan program-program kesejahteraan keluarga sangat ditentukan oleh adanya keterpaduan antara gerakan keswadayaan dan partisipasi masyarakat dengan bimbingan dan fasilitasi teknis dari berbagai instansi/lembaga terkait”, tandasnya,

Sejalan dengan kebijakan Pemerintah dalam pola penganggaran yang berbasis program, maka Tim Penggerak PKK juga dituntut untuk melakukan penyesuaian, antara lain perlunya menetapkan dan melaksanakan Program Unggulan  yang akan menjadi ciri khas Gerakan PKK.

Selanjutnya, senantiasalah bekerja dengan semangat relawan, dan tanpa pamrih. Jangan pernah lelah untuk selalu menimba ilmu, karena perkembangan ilmu dan teknologi pada dewasa ini menuntut kita untuk selalu menyesuaikannya. Keberadaan gerakan PKK ini tidak hanya terletak pada kekuatan kelembagaannya saja, tetapi juga harus diimbangi dengan kualitas program-programnya.

TP PKK harus makin solid dan kaya inovasi. Kita utamakan kualitas program berdasarkan program unggulan. Karena pada hakekatnya program adalah hal yang terus bergerak, terus berkembang dinamis sesuai dengan tuntutan dan situasi yang ada. (Wati_Humas Jombang)