Kader PKK Jombang Pantang Keder Pantang Mengeluh

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Rabu, 14 September 2016

 

Kinerja TP PKK Kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan hingga ditingkat Dasawisma di kabupaten Jombang diapresiasi positif oleh Ir. Hj. Tjaturina Wihandoko,MM Ketua TP PKK Kabupaten Jombang.

”Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para kader PKK yang telah   berperan aktif turun ke masyarakat untuk meningkatkan kualitas Kesehatan, Pendidikan, Ekonomi dan Sosial. Kader PKK mulai dari Bidang Umum, Pokja 1 sampai  Pokja 4   adalah kader istimewa kebanggaan saya”, tutur Tjaturina saat membuka agenda Sarasehan Kader PKK di Balai Desa Ngoro pada (14/9/2016)

Menurutnya keberadaan gerakan PKK sudah tidak diragukan lagi. PKK sebagai gerakan nasional yang menjadi penggerak pemberdayaan  masyarakat untuk kesejahteraan, kelembagaannya telah terstruktur dari tingkat pusat sampai dengan tingkat desa dan kelurahan, hingga dasawisma.  Ada tiga poin besar  peran dari kader Tim Penggerak Pemberdayaan  Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dalam pelaksanaan program pemerintah.  PKK  sebagai mitra kerja pemerintah dan motor penggerak dalam upaya mensejahterakan keluarga. TP PKK adalah  kader  yang responsif dan peka terhadap lingkungan yang membutuhkan penanganan mendesak. Kader PKK menjadi garda terdepan dalam mempelopori gerakan revolusi mental untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia berbasis keluarga.

“Kedepan, masih banyak persoalan yang harus kita hadapi. Banyak hambatan dan tantangan yang membutuhkan kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas kita. Melalui sarasehan ini, para narasumber  akan memberikan bekal/ilmu guna meningkatkan wawasan juga pengetahuan  para kader TP PKK”, tandas istri Bupati Jombang Nyono Suharli.

“Mari kita bersama sama menyukseskan  program kerja PKK  dengan paradigma baru untuk mewujudkan Keluarga Indonesia yang Sejahtera. Pembangunan fisik saja tidak cukup, karena harus tetap diikuti pembangunan mental spiritual”, tambahnya.

Pada sarasehan yang dibuka oleh Bupati Jombang yang diwakili oleh Asisten 1, Drs. Purwanto, MKP tersebut TP PKK mulai dari Kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan hingga Dasa Wisma diharapkan menjadi kader yang pantang keder dan pantang mengeluh.  Para Kader tanpa tanda jasa ini, dinilai telah bekerja keras, cerdas, ikhlas dan tuntas.  Diyakinkan oleh Purwanto bahwa dengan soliditas para kader, tekad yang  kuat, akan mampu  mewujudkan pelaksanaan gerakan PKK yang berkualitas dan profesional.

Sarasehan PKK tersebut sekaligus menjadi ajang monitoring dan evaluasi pelaksanaan program kerja PKK di kabupaten Jombang. TP PKK diharapkan semakin memperkuat kelembagaan PKK; meningkatkan kualitas pelaksanaan 10   Program Pokok PKK; meningkatkan tertib administrasi; meningkatkan kerjasama kemitraan dengan pemerintah, lembaga, institusi swasta/ dunia usaha dan lintas sektor lainnya. Selain itu juga memantapkan program kerja PKK yang dikombinasikan dengan kearifan lokal sesuai RPJMD Kabupaten. Setiap pokja dengan program unggulannya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

Tema sarasehan PKK yang diikuti oleh kader PKK dari kecamatan Ngoro, Bareng dan Wonosalam tersebut  adalah “Gerakan Nyata PKK Menuju Jombang Sejahtera Untuk Semua”. Tema ini sebagai bentuk pengakuan bahwa gerakan PKK di Kabupaten Jombang telah nyata berkontribusi dalam mewujudkan visi Bupati dan Wakil Bupati Jombang yaitu Jombang Sejahtera Untuk Semua.  Hal ini telah dibuktikan oleh semua kader PKK  di Kabupaten Jombang yaitu melalui implementasi kegiatan pokja I s/d IV  dan  ikut mengawal Dana Desa tahun 2016.  Hadir selaku narasumber  Kepala Kantor Inspektorat kabupaten Jombang, I Nyoman Swardana. (Wati_Humas Jombang)