Kades Watugaluh Diwek Jombang Kandidat Penerima APN

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Rabu, 10 Agustus 2016

Tim Penilai Adikarya Pangan Nusantara Provinsi Jawa Timur (Jatim)  melakukan Verifikasi Lapangan di desa Watugaluh kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang ,Jatim. Tim penilai yang terdiri dari Ir. Darminto dan DR. Zainal Abidin tersebut diterima oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang, Ir. Hj. Tjaturina Wihandoko, MM, yang didampingi Ketua Forum Istri Dewan, Endang Joko Triono, Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Jombang, Heri. Camat Diwek, Forpimka, dan Kades Watugaluh pada, (10/08/2016) pagi di kantor Desa Watugaluh.

Tim penilai menyampaikan bahwa dari 4 nominasi kategori  Pembina Penerima Adhikarya Pangan Nusantara tahun 2016 ditingkat Jatim yang akan mewakili ke tingkat nasional,  salah satunya adalah dari Kabupaten  Jombang, yakni Arif Afandi kades Watugaluh Diwek. Untuk itu kedatangan tim ke desa yang sudah ada sejak 947 Masehi ini, adalah untuk memverifikasi bagaimana kondisi dilapangan terkait kinerja yang dilakukan Kades Watugaluh didalam menangani persoalan distribusi, pemasaran, keamanan dan diversifikasi pangan. Menurutnya, seluruh poin penilaian tersebut sudah dilengkapi oleh Kades Watugaluh.

“Petani disini juga sudah melakukan pengembangan, salah satunya inovasi mengolah hasil pertanian mereka menjadi produk yang bernilai jual tinggi. Hal ini tentunya bagus dan juga menjadi poin penilian dari kami”, tutur Ir. Darminto

Dipaparkan oleh Kepala Desa Watugaluh Diwek Arif Afandi, bahwa Watugaluh  sebagai juara 1 Lomba Desa tingkat Kabupaten  persediaan pangannya surplus, Kawasan Rumah Pangan Lestarinya juga sudah melakukan kerjasama (MOU) dengan RSUD Kabupaten Jombang . Hasil produksi tanaman yang ada telah diproduksi menjadi produk olahan local. Antara lain jamu, abon lele, jenang Waluh dan lain lain. “Kami terus berupaya memperkuat Ketahanan Pangan desa Watugaluh, dan menjadikan lestari. Kami siap untuk maju ke tingkat nasional”, tutur Arif Afandi penuh semangat dan optimis.

Tjaturina Wihandoko, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh Kades Watugaluh bersama – sama dengan perangkat dan seluruh elemen masyarakat sehinggah berhasil   masuk sebagai nominasi ditingkat Jawa Timur. “Selamat kepada Kades Watugaluh Diwek, semoga dengan kehadiran Tim Penilai  APN Jawa Timur ini, makin memotivasi seluruh perangkat dan masyarakat disini, untuk lebih meningkatkan kinerjanya, semoga apa yang telah dilakukan oleh Kades Watugaluh bersama masyarakat ini bisa lestari, dan mampu menghantarkan kades Watugaluh bertemu Presiden RI, Jokowi”, tutur istri Bupati Jombang yang diamini semua yang hadir. (Wati_Humas Jombang)