Pentas Seni Dan Budaya Jombangan,Ramaikan Pagelaran Seni Di TMII Jakarta

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Senin, 08 Agustus 2016

Sedikitnya 400 Orang lebih yang terdiri dari Kepala SKPD Lingkup Pemkab Jombang, Pengurus TP PKK Kabupaten Jombang, Ketua TP PKK Kecamatan, serta TP PKK Desa Se Kabupaten Jombang memenuhi  acara pagelaran seni budaya di Anjungan daerah di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Tidak ketinggalan ratusan warga Jombang yang yang tinggal di Jakarta juga turut hadir untuk menyaksikan pementasaan seni budaya Jombang, seperti  seni tari, qosidah, senam Jombangan, Qosidah modern, seni tari tandak ngejreng  yang diperagakan oleh para ketua TP PKK Desa, maupun seni gambus misri dengan cerita “Senja Yang Bercerita” oleh komunitas seni Jombang, (Minggu/7/8/16). Bahkan puluhan bule juga turut hadir untuk menyaksikan.

Drs Agus Usman Panuwun Kepala Bagian Humas Setdakab Jombang,menjelaskan bahwa Keberangkatan Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko bersama jajarannya dan Pengurus TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan serta TP PKK Desa Se Kabupaten Jombang ini dalam rangka memenuhi undangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Kepala Kantor Perwakilan Pemprov Jatim di Jakarta dengan surat Nomor 005/5423/218/2016 tertanggal 27 Juli 2016.

“Dalam surat tersebut mengundang Bupati bersama jajaran Pejabat Pemkab, Kepala SKPD, Pengurus TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan serta TP PKK Desa Se Kabupaten Jombang untuk mengisi sekaligus menyaksikan pagelaran yang ada di anjungan daerah Prov Jatim  TMII,”Ujar Agus Panuwun.

Selain itu, Lanjut Agus Panuwun kehadiran Bupati Jombang bersama jajaran Pejabat Pemkab Jombang adalah sekaligus untuk bersilaturahmi dengan warga Jombang yang tinggal di Jakarta. “Alhamdulillah dengan adanya acara ini maka kami juga dapat bersilaturahmi dengan warga Jombang yang tinggal di Jakarta yakni Paguyuban Arek Jombang Di Jakarta (Pagerijo)”Tambah Agus Panuwun.

(Warga asing pun juga antusias menyaksikan pementasan)

Sementara itu, Drs Ashari Msi Kepala Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Timur di Jakarta menegaskan bahwa untuk mendayagunaan anjungan daerah Prov Jatim di TMII tersebut  diamanatkan melalui Permendagri  No 28 Tahun 2014 tentang revitaslisasi fungsi dan peran anjungan daerah di TMII diantaranya pada  Gubernur dan Bupati/Walikota bertanggung jawab terhadap pelaksanaan fungsi dan peran anjungan daerah di TMII.

 “Adapun pelaksanaan revitalisasi dan peran anjungan daerah TMII melalui kegiatan Promosi Budaya, pagelaran seni budaya, pameran produk unggulan ekonomi daerah, seminar maupun lokakarya,”jelasnya.

Untuk menindak lanjuti Permendagri No 28 Tahun 2014 , maka Kepala Kantor Perwakilan Pemprov Jatim di Jakarta telah mengagendakan Pemkab Jombang untuk menggelar seni Budaya di Anjungan daerah TMII Jakarta pada Minggu 7 Agustus 2016.

“Kami mengundang Pemkab Jombang bersama Pengurus TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan serta TP PKK Desa Se Kabupaten Jombang untuk hadir mengisi acara pagelaran seni budaya Jombangan sekaligus memberikan kesempatan kepada TP PKK Desa dan Komunitas seni Jombang untuk meramaikan anjungan daerah Prov jatim TMII,”jelas Ashari.

Agus Panuwun Kabag Humas menjelaskan bahwa pementasan diisi dengan seni tari, qosidah, Tari senam Jombangan, tari tandak ngejreng  yang diperagakan oleh para ketua TP PKK Desa dan seni gambus misri  dengan cerita “Senja Yang Bercerita” oleh komunitas seni Jombang.

Disinggung mengenai biaya akomodasi keberangkatan rombongan ke Jakarta, Agus Panuwun Kabag Humas menjelasakan, bahwa kegiatan tersebut resmi diselenggarakan oleh Pemprov Jatim yakni Kantor Perwakilan Pemprov Jatim di Jakarta dan merupakan amanah Permendagri. Sehingga para pimpinan SKPD berangkat dengan  biaya operasional pada pos perjalanan dinas luar kota. “Sedangkan bagi TP PKK dibebankan pada biaya operasional TP PKK kabupaten, TP PKK kecamatan maupun TP PKK desa masing masing,”terang Agus Panuwun.

Dijelaskan juga oleh Agus Panuwun, Keberangkatan para undangan maupun para duta seni pengisi acara pagelaran seni budaya di Anjungan daerah Prov Jatim di TMII  diserahkan kepada masing masing pribadi. “Yang penting bagi para pengisi acara sehari sebelum pentas harus sudah tiba di anjungan TMII untuk mengikuti kegiatan gladi. Sedangkan tamu undangan (supporter) paling lambat pada 7 agustus pukul 9 pagi,  sudah hadir di anjungan daerah prov Jatim TMII,”ujar Agus.

“Atas suksesnya pementasan ini, Bupati Jombang Nyono Suharli menyampaikan rasa terima kasih yang tinggi kepada seluruh masyarakat atas segala dukungan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Jombang. Sehingga Kabupaten Jombang dipercaya Propinsi untuk mewakili Jawa Timur tampil di Anjungan Taman Mini Indonesia Indah,”kata Agus Panuwun Kabag Humas

Sambutan positif mengalir deras dari berbagai komunitas, salah satunya adalah Nasrul Illah atau yang biasa di panggil Cak Nas, tokoh Budayawan Jombang yang juga adik kandung Budayawan Emha Ainun Najib atau Cak Nun.

Pemerhati seni dan budaya Jombang ini mengungkapkan, bahwa apapun jenis seninya patut di hargai, sebab hal itu merupakan bentuk kreasi anak negeri. “Sebuah potensi yang memang harus terus di gali. Apalagi itu dilakukan oleh ibu-ibu PKK. Saya sangat mengapresiasi,” paparnya.

Hal senada juga di lontarkan oleh pegiat ludruk Jombang Cak Tajuk Sutikno, meski tidak turut hadir pada acara tersebut namun dirinya mengaku bangga atas kreasi seni yang dilakukan oleh petinggi  Pemkab Jombang dan TP PKK Kabupaten maupun desa, apalagi bisa tampil di Anjungan Taman Mini Indonesia Indah.

“Saya Senang sekali meski tidak ikut pentas, sebagai darah seni asli Jombang saya turut bangga mendengarnya. Apalagi PKK sudah mau “cawe cawe” serta proaktif ikut uri uri/melestarikan seni  budaya Jombangan, sebenarnya Pingin rasanya bisa tampil disana. Mudah-mudahan tahun depan adalagi, saya bisa ikut,” ungkap Pimpinan dan sutradara Ludruk Sarimurni  asal Dusun Butuh Desa Pandanwangi.

Sementara itu, Zaidan salah satu anggota gambus misri merasa sangat senang dan bangga karena menjadi duta seni Kabupaten Jombang seni untuk pentas di Anjungan daerah Prov Jatim TMII Jakarta. “Alhamdullillah, seumur umur baru kali ini saya mendapat kesempatan dapat tampil di Anjungan TMII Jakarta. Ini adalah pengalaman yang luar biasa. Semoga tahun depan saya masih diberi kesempatan untuk tampil lagi disana,”ujar Zaidan. *)

 

Bagian Humas