Melalui KP ASI Menghantarkan Generasi Emas Yang Sehat

  • Dinas Komunikasi dan Informatika
  • Rabu, 28 September 2016

Sarasehan Kader Motivator ASI kembali digelar oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang. Kali ini diikuti 200 kader motivator ASI dari perwakilan dari 34 Puskesmas yang ada di Kabupaten Jombang. Sarasehan yang dilaksanakan di Gedung Bung Tomo Pemkab Jombang, pada (28/9/2016) pagi tersebut dibuka oleh Bunda ASI Kabupaten Jombang, Ir. Hj. Tjaturina Wihandoko, MM yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang.

Sarasehan yang bertujuan untuk memberikan wawasan, pengetahuan dan keterampilan para kader dari Kelompok Pendukung Air Susu Ibu (KP ASI) ini diharapkan semakin meningkatkan angka cakupan ASI di Kabupaten Jombang.

“Kegiatan Sarasehan Kader Motivator ASI 2016 ini memperkuat Komitmen Kabupaten Jombang Menuju Kabupaten ASI, laksanakan tugas mulia  ini dengan tulus ikhlas untuk mendapatkan KMS, Kartu Menuju Surga”, tutur Tjaturina memotivasi para kader.

Apresiasi dan ucapan terima kasih juga disampaikan istri Bupati Jombang ini kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, para konselor ASI, tenaga kesehatan juga para kader motivator ASI dan  KP ASI yang ada di 306 desa/kelurahan. Melalui para pejuang ASI inilah diharapkan apa yang Menjadi Amanat Peraturan Daerah (Perda No.2 Tahun 2015 Tentang Pemberian Asi Eksklusif) dapat dilaksanakan dan dikawal dengan baik di Kabupaten Jombang.

“Saya berharap para Kader Motivator ASI  di kabupaten Jombang tetap sabar dan tidak pernah lelah mendorong para Ibu Menyusui, para calon Ibu  untuk memberikan ASI pada bayinya. Mereka adalah generasi emas Indonesia, ”, tandasnya.

Pemerintah Kabupaten Jombang telah berkomitmen  menjadikan Kabupaten Jombang Menjadi Kabupaten Asi. Hal ini seiring dengan  keberhasilan Kelompok Pendukung Air Susu Ibu ( KP-ASI)  Desa Banyuarang, Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang yang telah Menjadi Juara I Tk. Nasional Pada 17 Oktober 2013,  di Jakarta.   

Sebagai tindak lanjut dan penguatan terhadap para Kader Motivator Asi,  Pemerintah Kabupaten Jombang Melalui  Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang secara konsisten terus menggelar Sarasehan Kader Motivator  Asi. Saat  ini sudah ada 2000 lebih kader motivator ASI di Kabupaten Jombang.  Seiring meningkatnya  jumlah Kader Motivator Asi harus dibarengi dengan meningkatnya angka Cakupan Asi di Kabupaten Jombang. Demikian juga meningkatnya Kesadaran masyarakat akan pentingnya Asi

Tjaturina Wihandoko yang telah memiliki seorang cucu ini,  dalam sambutannya juga menceritakan pengalaman pribadinya  sebagai Bunda ASI. “Mungkin saat ini saya bisa disebut sebagai nenek ASI, sejak cucu pertama saya lahir  saya terus mendorong tetap berikan ASI eksklusif tanpa makanan tambahan apapun hingga 6 bulan, dan dilanjutkan hingga usia 2 tahun. Alhamdulillah, produksi ASI lancar, bayi dan ibunya juga sehat”, tuturnya.

Pesan Bunda ASI Kabupaten Jombang, Tjaturina Wihandoko kepada para Kader Motivator Asi adalah   para kader harus dapat meyakinkan pada masyarakat akan pentingnya ASI. Tidak betul jika ada anggapan bahwa ibu bekerja tidak bisa memberikan Asi. Tidak benar  jika ada seorang Ibu mengatakan Asinya tidak bisa keluar atau produksi Asinya sedikit. “Yakinlah bahwa Allah SWT telah memberikan kecukupan Asi atas bayi siap lahir kedunia, itu yang harus kita yakini”, tandasnya.

Dipaparkannya bahwa diera modern seperti sekarang ini, ibu menyusui yang memiliki segudang aktivitas dan pekerjaan diluar rumah tetap dapat memberikan makanan terbaik bagi buah hatinya, yaitu asi eksklusif, tanpa makanan tambahan apapun. Terutama bagi bayi usia 0-6 bulan. Ibu menyusui harus yakin bahwa produksi Asi yang dihasilkan sangat melimpah dan sangat cukup untuk buah hati. Sudah banyak contohnya.

“Tidak ada alasan untuk tidak dapat memberikan Asi.  Niat untuk memberikan asi eksklusif adalah yang utama. Yakin,  komitmen dan semangat penuh cinta dan kasih sayang buat sang buah hati, air susu yang dihasilkan akan sangat melimpah. Bahkan saat ini kita dapat menyimpan stok asi apabila ditinggal untuk beraktivitas diluar rumah”, pungkasnya.

Didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, dr.Heri Wibowo,MKes,  Ketua Forum Istri Dewan, Endang Joko Triono, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Jombang, Siti Alimuddin, dan Konselor Nasional, DR. Ririn Probowati, selaku narasumber pada acara tersebut  Bunda ASI Kabupaten Jombang, Tjaturina  juga menyerahkan trophy dan hadiah lomba kepada para juara lomba Ibu ASI dan Bayi ASI Kabupaten Jombang 2016. (Wati_Humas Jombang)