Lomba Baca Buku

Audisi Implementasi Budaya Baca

melalui Uji Cerdas Siswa SLTA

Dalam rangka mencerdaskan bangsa dan meningkatkan budaya baca masyarakat pada umumnya dan para siswa pada khususnya, Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan menyelenggarakan acara "AUDISI IMPLEMENTASI BUDAYA BACA MELALUI UJI CERDAS SISWA SLTA TINGKAT KABUPATEN JOMBANG 2015". Acara diadakan di Aula Bung Tomo Pemerintah Kabupaten Jombang pada tanggal 31 Maret 2015 dari jam 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

Acara dibuka secara khidmat oleh Bapak Bupati Jombang yang dalm hal ini diwakili oleh Bapak Asisten III, Drs. Alimudin, dengan dihadiri oleh Pejabat Lingkup Pemerintahan Kabupaten Jombang, Dinas Pendidikan, Kementrian Agama Kab. Jombang, Kepala Sekolah, Guru Pembimbing, Peserta, Pendamping dan Para Suporter, dengan jumlah kurang lebih 400 orang yang memenuhi Aula Bung Tomo.

 

Dalam even ini, para siswa diharapkan bisa mengapresiasikan kembali buku atau literatur yang telah dibaca. Audisi dibagi dalam 2 sesi dan jenis apresiasi yaitu yang pertama berupa menceritakan kembali buku yang telah dirangkum atau di-resume. Dan yang kedua adalah dikarantina selama 30 menit untuk diberikan bahan bacaan baru secara acak untuk dibaca dan diapresiasikan kembali di depan para Dewan Juri Penguji. Jadi, masing-masing tim peserta diberikan 2 sesi apresiasi didepan Dewan Juri untuk menceritakan kembali secara lisan bahan buku yang telah di-resume dan buku yang diberikan secara acak.

Kemudian ada sesi tanya jawab sebagai bentuk interaktif antara Tim Peserta dan Dewan Juri untuk mengetahui sejauh mana para Tim Peserta memahami dan menguasai materi.

 

"AUDISI IMPLEMENTASI BUDAYA BACA MELALUI UJI CERDAS SISWA SLTA TINGKAT KABUPATEN JOMBANG 2015" diikuti oleh 10 Tim Peserta dari 10 Sekolah Menengah Atas / Kejuruan / Aliyah yang masing-masing tim terdiri dari 3 siswa / peserta. Adapun sekolah yang mengikuti antara lain, berdasarkan nomor undian :

  1. MAN Jombang
  2. SMAN Ploso
  3. SMAN 1 Jombang
  4. MAN Tambakberas
  5. MAN 6 Kepuhdoko
  6. MAN Genukwatu
  7. MAN Denanyar
  8. SMKN 1 Jombang
  9. SMKN Mojoagung
  10. SMAN Ngoro

Dari para Tim Peserta ini didapat 3 Besar Pemenang yang mana dipilih berdasarkan kemampuan dari masing-masing Tim Peserta dengan Kriteria yang sangat ketat, diantaranya Penguasaan Isi Materi dan Buku, Kemampuan Menjelaskan, Gaya Penyampaian, Komunikatif dan Ide / Gagasan para Tim Peserta.

 

Dewan Juri yang menilai juga dari berbagain kalangan, yaitu Juheri, SE, SS, MM Kepala Sub Bidang Kelembagaan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur selaku Juri I, Cucuk Espe seorang Budayawan Jombang, penulis naskah drama dan seorang cerpenis selaku Juri II, Khoirul Hasyim, S.Pd., M.Pd Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang selaku Juri III.

Para Juara I, II dan III

Dari penilaian yang ketat, independen dan juga melalui proses diskusi serta perdebatan Dewan Juri "AUDISI IMPLEMENTASI BUDAYA BACA MELALUI UJI CERDAS SISWA SLTA TINGKAT KABUPATEN JOMBANG 2015", didapat 3 Besar Pemenang yaitu :

​JUARA I dengan Nilai Total 1.667 diraih oleh SMKN 1 Jombang

JUARA II dengan Nilai Total 1.580 diraih oleh MAN Denanyar

JUARA III dengan Nilai Total 1.553 diraih oleh SMAN Ploso

Para Juara mendapatkan Tropi, Sertifikat dan Dana Pembinaan yang besarnya disesuaikan dengan masing-masing tingkat kemenangan, agar di masa mendatang akan lebih pro aktif dalam bidang meningkatkan budaya baca masyarakat.

Juara I dari SMKN 1 Jombang

Bagi Peraih Juara I akan diikutkan Lomba untuk tingkat Propinsi yang akan diadakan di Kabupaten Bojonegoro. Semoga Tim Implementasi Budaya Baca Jombang bisa mengharumkan nama Kabupaten Jombang dalam kancah Propinsi dan Nasional.

 

 

Sumber : Tim Pelaksana

KAPDEP