LKIP SKPD

Laporan Kinerja Instansi Pemerintah

( L K I P )

TAHUN ANGGARAN 2015


 

KATA PENGANTAR

Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan merupakan perwujudan pertanggungjawaban atas kinerja pencapaian visi dan misi Kabupaten Jombang pada umumnya dan Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan pada khususnya Tahun Anggaran 2015.

Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) tahun 2015 Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan Kabupaten Jombang ini dimaksudkan untuk mengevaluasi kinerja Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan dalam mencapai VIsi, Misi dan Tujuan Organisasi selama Tahun Anggaran 2015 dalam upaya lebih meningkatkan pelaksanaan pembangunan yang lebih berdaya guna, berhasil guna, bersih dan bertanggungjawab.

LKIP mempunyai beberapa fungsi, antara lain merupakan alat penilai kinerja secara kuantitatif, sebagai wujud akuntabilitas

Selanjutnya sejalan dengan pelaksanaan reformasi birokrasi, Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan telah menerapkan metode Balanced Scorecard (BSC) sebagai alat manajemen kinerja. Performance Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan diukur atas dasar penilaian indicator kinerja utama (IKU) yang merupakan indikator keberhasilan pencapaian sasaran-sasaran strategis (SS/KK) sebagaimana telah ditetapkan pada Peta Strategis Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan tahun 2015 sebagai kontrak kinerja Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan tahun 2015.

Penyusunan LKIP tahun 2015 ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran yang jelas dan transparan serta sekaligus sebagai pertanggungjawaban atas pencapaian visi dan misi yang diamanatkan kepada Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan.

 

 

         Jombang,         Januari 2016

                                                                          KEPALA KANTOR

                      ARSIP, PDE DAN PERPUSTAKAAN

                               KABUPATEN JOMBANG

 

 

 

 

                                                                      MUHAMMAD TAUFIQ, SH, MH

                                                                      Pembina Tk.I

                                                                      NIP. 19681024 199403 1 004

 

 

 

 

 

LAPORAN KINERJA INSTANSI PEMERINTAH TAHUN 2015

KANTOR ARSIP, PDE DAN PERPUSTAKAAN

KABUPATEN JOMBANG

 

HALAMAN JUDUL ……………………………………………………………………       i

KATA PENGANTAR ………………………………………………………………….       1

DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………       2

BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………………………      3

    A. Latar Belakang ……………………………………………………………..        3

B. Maksud dan Tujuan ………………………………………………………..         3

 C. Gambaran Umum Organisasi …………………………………………….        3

 D. Dasar Hukum ……………………………………………………………….       5

   E. Sistematika ………………………………………………………………….       6

 

BAB II PERENCANAAN KINERJA …………………………………………….             7

A. Rencana Strategis ………………………………………………………….       7

1. Visi ....................................................................................................      7

2. Misi ...................................................................................................      7

3. Tujuan dan Sasaran …………………………………………………....          8

4. Cara Pencapaian Tujuan dan Sasaran ……………………………….         9

B. Rencana Kinerja Tahun 2015 ……………………………………………..      10

C. Penetapan Kinerja Tahun 2015 …………………………………………..       12

 

BAB III. AKUNTABILITAS KINERJA ...............................................................  13

A. Capaian Kinerja Organisasi………………………………………………..     13

B. Realisasi Anggaran ………………………………………………………..      26

 

BAB IV. PENUTUP ……………………………………………………………..…….     27

Lampiran 1.    Struktur Organisasi

Lampiran 2.    Matrik Rencana Strategis (Renstra)

Lampiran 3.   Matrik Rencana Kerja (Renja) 2015

Lampiran 3.    Penetapan Kinerja (PK 2015)

Lampiran 4.    Pengukuran Kinerja (PKK 2015)

Lampiran 5.    Indikator Kinerja Utama (IKU 2015)

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang

Dalam rangka mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya, Pemerintah menetapkan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) tahun 2015.

Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) Tahun 2015 Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan Kabupaten Jombang ini dimaksudkan untuk mengevaluasi kinerja Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan dalam mencapai VIsi, Misi dan Tujuan Organisasi selama Tahun Anggaran 2015 dalam upaya lebih meningkatkan pelaksanaan pembangunan yang lebih berdaya guna, berhasil guna, bersih dan bertanggungjawab.

                                                                    

B. Maksud dan Tujuan

Maksud penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) ini adalah sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada publik atas pengelolaan anggaran dan pelaksanaan program/ kegiatan dalam rangka mencapai visi dan misi Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan.

Tujuan penyusunan LKIP adalah untuk menilai dan mengevaluasi pencapaian kinerja kegiatan dan sasaran Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan.. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan kemudian dirumuskan beberapa rekomendasi. Diharapkan rekomendasi yang dihasilkan dari LKIP ini dapat menjadi salah satu masukan dalam menetapkan kebijakan dan strategi yang akan datang sehingga dapat meningkatkan kinerja Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan.

 

C. Gambaran Umum Organisasi

Struktur Organisasi Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan Kabupaten Jombang sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Jombang Nomor 8 Tahun 2008 tentang Organisasi dan tata kerja Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Jombang terdiri dari:

  1. Kepala Kantor                                 
  2. Sub Bagian Tata Usaha
  3. Seksi Pengelola Kearsipan
  4. Seksi Pengolah Data Elektronik
  5. Seksi Perpustakaan
  6. Kelompok Jabatan Fungsional

 

 

 

  1. Tugas Pokok dan Fungsi

Dalam melaksanakan kegiatan dan tugas sehari-hari Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan, mempunyai acuan dan pedoman yang tertuang dalam Peraturan Bupati Jombang Nomor 13 tahun 2009, yaitu :

  1. Sub Bagian Tata Usaha
    1. Melaksanakan koordinasi pengumpulan data dan informasi dalam rangka penyusunan program kerja kantor, evaluasi dan pelaporan ;
    2. Pengelolaan administrasi kepegawaian, pelaksanaan pembinaan, peningkatan disiplin dan pengembangan karier serta upaya peningkatan kesejahteraan pegawai ;
    3. Penyiapan bahan dalam rangka penyusunan anggaran, pelaksanaan penatausahaan keuangan dan penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan ;
    4. Pelaksanaan urusan administrasi umum, rumah tangga dan perlengkapan, ketatalaksanaan (surat menyurat) dan kearsipan ;
    5. Penyiapan data dan informasi kepustakaan, pelaksanaan hubungan masyarakat dan inventarisasi asset ;
    6. Pelaksanaan koordinasi kegiatan dengan instansi, perangkat daerah dan pihak ketiga ;
    7. Pelaksanaan system pengawasan melekat ;
    8. Pelaksanaan system informasi lingkup kantor ;
    9. Pelaksanaan kebersihan, keindahan dan keamanan kantor ;
    10. Pelaksanaan penanganan pengaduan masyarakat.

 

  1. Seksi Kearsipan
    1. Menyusun dan merumuskan rencana kegiatan di bidang kearsipan ;
    2. Menyusun petunjuk teknis dan system dibidang pengelolaan kearsipan sesuai dengan perkembangan peraturan perundang-undangan ;
    3. Melaksanakan kegiatan yang berkaitan bidang kearsipan ;
    4. Menyusun Sistem Aplikasi Arsip tektual ke arsip digital ;
    5. Mengembangkan Sumber Daya Manusia di bidang kearsipan ;
    6. Melakukan pengelolaan arsip daerah ;
    7. Melaksanakan penyelamatan dan pemanfaatan arsip

 

  1. Seksi Pengolah Data Elektronik
    1. Menyusun dan merumuskan rencana kegiatan di bidang pengolah data elektronik ;
    2. Menyusun petunjuk teknis dan system dibidang  pengolah data elektronik ;
    3. Melaksanakan kegiatan yang berkaitan bidang  pengolah data elektronik ;
    4. Melaksanakan bimbingan, pembinaan, pelayanan dan pengendalian jaringan komputerisasi pada unit kerja ;
    5. Melaksanakan koordinasi bidang  pengolah data elektronik ;
    6. Melaksanakan pengembangan dan perawatan jaringan website serta maintenance komputer ;
    7. Melaksanakan proses administrasi kerja sama teknik dengan pihak ketiga yang berhubungan dengan pengelolaan data elektronik ;
    8. Pemberdayaan Sistem Informasi.

 

  1. Seksi Perpustakaan
    1. Menyusun dan merumuskan rencana kegiatan di bidang perpustakaan ;
    2. Menyusun petunjuk teknis dan system di bidang perpustakaan ;
    3. Melaksanakan kegiatan yang berkaitan bidang perpustakaan ;
    4. Melaksanakan bimbingan, pembinaan, pelayanan dan pengendalian system perpustakaan ;
    5. Melaksanakan pengumpulan dan analis data untuk perencanaan pengembangan perpustakaan;
    6. Mengembangkan sumber daya manusia di bidang perpustakaan ;
    7. Melaksanakan pengembangan dan pemeliharaan sarana dan prasarana perpustakaan ;
    8. Melaksanakan proses administrasi kerja sama dengan pihak ketiga yang berhubungan dengan pengelolaan perpustakaan.

 

 

  1. Dasar Hukum

Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Jombang sebagai lembaga teknis yang membantu Bupati dalam melaksanakan kebijakan Pembangunan Daerah di Kabupaten Jombang di bidang Arsip. Pengolah Data Elektronik, Perpustakaan menggunakan landasan hukum:

1. TAP MPR No.XI/MPR/1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari KKN;

2. Undang-undang Nomor 22 tahun 1999 jo Undang-Undang nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah;

3. Undang-Undang Nomor 25 tahun 1999 jo Undang-Undang No. 33 tahun 2004 tentang Pertimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah;

4. Undang-Undang Nomor 28 tahun 1999 Penyelenggaraan Negara yang bersih dan bebas dari KKN;

5. Peraturan Pemerintah Nomor 108 tahun 2000 dan PP. No. 29 tentang Tata Cara Pertanggungjawaban Kepala Daerah yang dinilai berdasarkan tolok ukur Renstra;

6. Instruksi Presiden RI Nomor 7 tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah;

7.  Peraturan Daerah Kabupaten Jombang Nomor 8 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Jombang ;

8.  Peraturan Bupati Jombang Nomor 13 Tahun 2009 tentang Tugas Pokok dan Fungsi Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan Kabupaten Jombang.

 

  1. Sistematika

Sistematika LKIP Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Kabupaten Jombang tahun 2015 adalah sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang

B. Maksud dan Tujuan

C. Gambaran Umum Organisasi

D. Dasar Hukum

E. Sistematika

 

BAB II PERENCANAAN KINERJA

A. Rencana Strategis

1. Visi 

2. Misi

3. Tujuan dan Sasaran

4. Cara Pencapaian Tujuan dan Sasaranna

B. Rencana Kinerja Tahun 2015

C. Penetapan Kinerja Tahun 2015

 

BAB III. AKUNTABILITAS KINERJA

  1. Pengukuran Capaian Kinerja
  2. Analisis Capaian Kinerja
  3. Realisasi Anggaran

 

BAB IV. PENUTUP

Lampiran 1. Struktur Organisasi

Lampiran 2. Rencana Strategis (RS)

Lampiran 3. Rencana Kinerja Tahun 2015 (RKT 2015)

Lampiran 4. Penetapan Kinerja Tahun 2015 (PK 2015)

Lampiran 5. Pengukuran Kinerja (PKK 2015)

Lampiran 6. Pengukuran Pencapaian Sasaran (PPS 2015)

BAB II

PERENCANAAN KINERJA

 

A. Rencana Strategis

Kegiatan Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Kabupaten Jombang  Tahun 2015 secara umum untuk mencapai sasaran antara lain:

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan.
  2. Meningkatkan kemampuan jaringan komputer.
  3. Meningkatkan sistem pengelolaan menejemen kearsipan daerah  dengan sasaran tersebut di atas dimaksudkan untuk mencapai Visi dan Misi.

Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan sebagai berikut:

1. Visi

Visi yang berkaitan dengan pandangan ke depan dan menyangkut kemana instansi pemerintah harus dibawa dan diarahkan agar dapat berkarya secara konsisten dan preventif, maka Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Kabupaten Jombang menetapkan Visi sebagai berikut:

”Terwujudnya Layanan Publik Kearsipan Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Berbasis TIK tahun 2015 dalam Mewujudkan Jombang Sejahtera untuk Semua”

Yang dimaksud dengan Layanan Publik adalah :

Layanan adalah kegiatan untuk memberi bantuan/melayani/memberi petunjuk.

Publik adalah masyarakat umum baik dari kalangan  bawah sampai dengan kalangan atas, jadi Layanan Publik merupakan Sirkulasi Sistem pelayanan.

 

2. Misi

Misi adalah Rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan Visi.

Dalam mewujudkan Visi Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Kabupaten Jombang Tahun 2015-2018 maka ditetapkanlah Misi adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan menejemen pengolahan arsip yang berkualitas untuk penyelamatan dan pelestarian arsip yang bernilai guna.
  2. Mengembangkan Infrastruktur, Aplikasi dan Pusat Data terpadu berbasis TIK secara efektif, efisien dan handal.
  3. Meningkatkan pemahaman mengenai manfaat sistem aplikasi dan program Tehnologi Informatika dalam menyelenggarakan tugas administrasi perkantoran dan tertib kearsipan.
  4. Meningkatkan sumber daya manusia untuk menunjang layanan publik yang berkualitas dan berbasis TIK.

 

3. Tujuan dan Sasaran

Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Kabupaten Jombang untuk tahun 2015 menetapkan tujuan dengan rumusan sebagai berikut:

  1. Tujuan yang ingin dicapai dalam upaya mewujudkan Misi A.2.1, Meningkatkan manejemen pengolahan arsip yang berkualitas untuk penyelamatan dan pelestarian arsip yang bernilai guna adalah ”Mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas di bidang Kearsipan, Program Penyelamatan dan Pelestarian Dokumen/ Arsip Daerah”.
  2. Tujuan yang ingin dicapai dalam upaya mewujudkan Misi A.2.2, Mengembangkan infrastruktur, aplikasi dan pusat dan terpadu berbasis TIK secara efektif, efisien dan handal adalah ”Mewujudkan sistem kerja yang lebih efektif dan efisien berbasis TIK yang didukung oleh Sumber Daya Manusia  (SDM) yang memadai.
  3. Tujuan yang ingin dicapai dalam upaya mewujudkan Misi A.2.3,    Meningkatkan pemahaman mengenai manfaat sistem aplikasi dan program Tehnologi Informatika dalam menyelenggarakan tugas administrasi perkantoran dan tertib kearsipan adalah ”Mewujudkan pemahaman dalam penyampaian informasi dan penyediaan data  melalui program Tehnologi Informatika”.
  4. Tujuan yang ingin dicapai dalam upaya mewujudkan Misi A.2.4, Meningkatkan sumber daya manusia untuk menunjang layanan publik yang berkualitas dan berbasis TIK adalah ”Meningkatkan Pengetahuan dan  ketrampilan  aparatur akan pentingnya layanan publik yang berkualitas dan berbasis TIK”.   

 

Dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Kabupaten Jombang dalam Tahun 2015 , menetapkan sasaran-sasaran sebagai berikut:

Untuk mewujudkan tujuan dari Misi 1: Mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas di bidang kearsipan, Program Penyelamatan dan Pelestarian Dokumen/ Arsip Daerah ditetapkan sasaran sebagai berikut:  sumber daya manusia Aparatur memahami pentingnya pengolahan dan penyimpanan arsip  penataan dan pendataan arsip.

Untuk mewujudkan tujuan dari Misi 2: Mewujudkan sistem kerja yang lebih efektif dan efisien berbasis TIK yang didukung oleh Sumber Daya Manusia  (SDM) yang memadai ditetapkan sasaran sebagai berikut: terpenuhinya  jaringan internet dan CCTV.

Untuk mewujudkan tujuan dari Misi 3: Mewujudkan pemahaman dalam penyampaian informasi dan penyediaan data melalui program Tehnologi Informatika ditetapkan sasaran sebagai berikut: sumber daya manusia aparatur memahami akan pentingnya penyampaian informasi melaui Tehnologi Informatika. 

Untuk mewujudkan tujuan dari Misi 4:  Meningkatkan Pengetahuan dan ketrampilan  aparatur akan pentingnya layanan publik yang berkualitas dan berbasis TIK  ditetapkan  sasaran sebagai berikut: tersedianya dan berfungsinya sumber daya manusia sebagai penunjang kebutuhan layanan.

 

4. Cara Pencapaian Tujuan dan Sasaran

Tujuan merupakan kondisi yang ingin diwujudkan oleh Kantor  Arsip, PDE dan Perpustakaan pada lima tahun mendatang, dimana tujuan tersebut selaras dengan visi dan misi. Perumusan tujuan menggambarkan hasil-hasil serta manfaat yang akan diberikan kepada masyarakat. Dengan berdasarkan pada hasil analisis lingkungan internal dan eksternal, maka tujuan strategis LAKIP dirumuskan sebagai berikut :

Pertama

Mengurangi dan mencegah penyimpangan dalam pengadaan barang.

Kedua

Mewujudkan efektivitas kinerja dan efisiensi anggaran negara dibelanjakan melalui pengadaan barang/ jasa;

 

Ketiga

Meningkatkan kapasitas SDM pengelola pengadaan barang pemerintah yang profesional dan bermartabat;

Keempat

Mewujudkan kebijakan nasional pengadaan barang/ jasa yang kondusif dan komprehensif; dan

Kelima

Meningkatkan kapasitas organisasi LKPP.

 

 

 

 

 

 

B. Rencana Kinerja Tahun 2015

Rencana kerja merupakan penjabaran dari kebijakan dan Program yang ditetapkan pada Visi Pemerintah Kabupaten Jombang yaitu terwujudnya masyarakat Jombang yang sejahtera, agamis dan berdaya saing berbasis agrobisnis dan mewujudkan  Misi  yang Pertama yaitu:

Mewujudkan pemerintahan yang baik yaitu mengandung makna penyempurnaan struktur kelembagaan pemerintah daerah yang dititikberatkan pada proses penataan struktur organisasi agar dapat menjalankan fungsi-fungsi tugas yang diamanatkan peraturan perundang-undangan dalam rangka mewujudkan pemerintah daerah yang profesional, efektif, berkompetensi tinggi serta tanggap terhadap tugas pokok dan fungsinya dalam pelayanan publik.

 

1.  Sasaran Kinerja

Berdasarkan sasaran yang ditetapkan dalam Rencana Kinerja Tahun 2015, Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Kabupaten Jombang memiliki jenis Program dan Kegiatan antara lain :

 

a. Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik

 

Sasaran Strategis

Indikator Kinerja

Target

1

2

3

Penyediaan Jasa Komunikasi, sumber daya air dan listrik serta sarana dan prasarana kantor/aparatur

Terpenuhinya kebutuhan listrik gedung Perpustakaan, jasa telepon, sewa astinet serta perawatan sarana dan prasarana kantor /aparatur

97,31%

 

Pada sasaran tersebut diarahkan untuk menyediakan bahan, alat dan jasa dalam pemenuhan kebutuhan perkantoran yang dilaksanakan melalui kegiatan :

  1. Penyediaan Jasa Komunikasi,  Sumber Daya Air dan Listrik
  2. Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/ Penerangan Bangunan  Kantor
  3. Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor
  4. Penyediaan Jasa Administrasi Teknis Perkantoran
  5. Peningkatan Sarana dan Prasana Aparatur
  6. Peningkatan Disiplin Aparatur

 

 

b. Pengadaan Sarana Pengolahan dan Penyimpananan Arsip

 

Sasaran Strategis

Indikator Kinerja

Target

1

2

3

Pengadaan sarana pengolahan dan penyimpananan arsip

Tersedianya peralatan dan perlengkapan kearsipan

95,49%

 

Dalam sasaran ini diarahkan untuk menyediakann sarana dan prasarana kearsipan dan meningkatkan pelaksanaan dalam hal penyelamatan dokumen yang kegiatan programnya melalui :

1. Pengadaaan Sarana Pengolahan dan Penyimpanan Arsip

2. Pendataan dan Penataan Dokumen/ Arsip Daerah

 

c. Pengkajian dan Penelitian Bidang Informasi dan Komunikasi

    

Sasaran Strategis

Indikator Kinerja

Target

1

2

3

Pengkajian dan penelitian bidang informasi dan komunikasi

Terfasilitasinya jaringan, kelengkapan komputer

98,96%

 

Diarahkan untuk  pembangunan Jaringan Komputer dan Penyediaan Suku Cadang pemeliharaan jaringan dan terpeliharanya jaringan komputer yang telah terbangun di beberapa SKPD sehingga dapat mempercepat akses masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan di Kabupaten Jombang dan kelancaran jalur koneksi jaringan komputer melalui kegiatan sebagai berikut :

1. Peningkatan dan Pengembangan Jaringan Komunikasi dan Informasi

2. Pemeliharaan Rutin/ Berkala Jaringan dan Perawatannya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

d. Penyediaan Bahan Pustaka Perpustakaan Umum Daerah

 

Sasaran Strategis

Indikator Kinerja

Target

1

2

4

Penyediaan bahan pustaka perpustakaan umum daerah

Tersedianya bahan buku pustaka perpustakaan umum daerah, lembur, perlengkapan perpustakaan

77,07%

 

Diarahkan untuk menyediakan buku bacaan, lembur dan pelayanan perpustakaan keliling guna mendukung dan meningkatkan minat baca masyarakat dengan pelaksanaan kegiatan melalui:

1. Penyediaan Bahan Pustaka Perpustakaan Umum Daerah

2. Penyelenggaraan Koordinasi Pengembangan Budaya Baca

3. Peningkatan Minat dan Budaya Baca Masyarakat

 

 

C. Penetapan Kinerja Tahun 2015

Penetapan Kinerja merupakan amanat Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah.

Penetapan kinerja pada dasarnya adalah pernyataan komitmen yang merepresentasikan tekad dan janji untuk mencapai kinerja yang jelas dan terukur dalam rentang waktu satu tahun tertentu dengan mempertimbangkan sumber daya yang dikelolanya. Tujuan khusus penetapan kinerja antara lain adalah untuk: meningkatkan akuntabilitas, transparansi, dan kinerja aparatur; sebagai wujud nyata komitmen Kinerja Kementerian PAN dan RB Tahun 2014 penerima amanah dengan pemberi amanah; sebagai dasar penilaian keberhasilan/ kegagalan pencapaian tujuan dan sasaran organisasi; menciptakan tolok ukur kinerja sebagai dasar evaluasi kinerja aparatur; dan sebagai dasar pemberian reward atau penghargaan dan sanksi.

 

 

 

 

 

BAB  III

AKUNTABILITAS KINERJA

 

Akuntabilitas kinerja adalah kewajiban instansi pemerintah agar tercapai pertanggungjawaban tingkat pencapaian sasaran sebagai penjabaran Visi, Misi, Sasaran dan Arah kebijakan yang diindikasikan dengan tingkat keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan program dan kebijakan yang ditetapkan.  

 

A. CAPAIAN KINERJA ORGANISASI

Pengukuran kinerja kegiatan bisa dilihat melalui Pengukuran Kinerja Kegiatan, sebagai berikut:

1. Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik serta Sarana dan Prasarana Kantor/Aparatur

a.  Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik  serta Sarana Prasarana Kantor/Aparatur

Sasaran Strategis

Indikator Kinerja

2014

 

(%)

Target

2015

(%)

Capaian

2015

(%)

1

2

3

4

5

Penyediaan Jasa Komunikasi, sumber daya air dan listrik serta sarana dan prasarana kantor/aparatur

Terpenuhinya kebutuhan listrik gedung Perpustakaan, jasa telepon, sewa astinet serta perawatan sarana dan prasarana kantor /aparatur

97,06

95

97,31

 

Penyediaan Jasa Komunikasi, sumber daya air dan listrik dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan listrik untuk gedung Arsip, gudang Arsip, Gedung Perpustakaan dan Astinet.

 

Dengan masukan (input) berupa tersedianya  dana anggaran sebesar  Rp.620.999.500,- dan didapatkan keluaran (output) berupa terpenuhinya kebutuhan listrik, telepon dan astinet serta sarana dan prasarana kantor/aparatur dengan rencana pencapaian 12 bulan dan hasil (outcome) yang diharapkan adalah meningkatnya efisiensi penggunaan listrik dan sarana komunikasi dengan rencana tingkat capaian 95% dengan realisasi Rp.604.322.035,- (97,31%).

 

Hasil yang dicapai dalam tahun 2015 juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya di 2014, yakni hanya bisa terserap Rp.1.050.533.587,- atau sebesar 97,06% dari nilai total anggaran Rp.1.082.399.492,-. Walaupun Anggaran mengalami penurunan nilai total, tetapi prosentase serapan mengalami peningkatan.

 

Adapun dalam tahun anggaran 2016 akan memenuhi target kinerja yang lebih baik dengan target pemenuhan kebutuhan kinerja 98% dan ditambah beberapa kegiatan yang mendukung tercapainya hasil maksimal untuk menciptakan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang profesional.

 

Hasil kinerja yang baik, tidak lepas dari kerjasama para pemangku jabatan struktural dalam satu wadah SKPD yang senantiasa melaksanakan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi demi meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dengan menerapkan tata kelola kearsipan secara baku.

 

Sumber daya yang saling mendukung dan menunjang kinerja sesuai Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi) pada Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan yang dibagi menjadi beberapa penggolongan berdasarkan pangkat, golongan, pendidikan formal dan pendidikan non-formal, seperti pelatihan-pelatihan, sangat mempengaruhi hasil kinerja SKPD dan sesuai dengan penempatan bidang Tupoksi masing-masing, sehingga Target Kinerja terpenuhi dengan baik.

 

Capaian yang memenuhi target, tidak lepas juga karena Program-Program SKPD yang disusun dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, akuntabel, efektif dan efisien.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Program Penyelamatan dan Pelestarian Dokumen/Arsip Daerah

a.  Pengadaan Sarana Pengolahan dan Penyimpanan Arsip

Sasaran Strategis

Indikator Kinerja

2014

 

(%)

Target

2015

(%)

Capaian

2015

(%)

1

2

3

4

5

Pengadaan sarana pengolahan dan penyimpanan arsip

Tersedianya peralatan dan perlengkapan kearsipan

95,26

90

95,57

 

Pengadaan sarana pengolahan dan penyimpanan arsip dimaksudkan untuk mempermudah penemuan kembali arsip.

 

Masukan (input) tersedia dana sebesar Rp.62.796.000,- dengan keluaran (output) terwujudnya pengadaan fumigasi  2 x dalam setahun  (bulan Juni dan Nopember 2015) dengan rencana capaian 90%  dan hasil (outcome) yang diharapkan terhindarnya arsip–arsip dari kerusakan akibat jamur dan binatang dan terealisasi sebesar Rp.60.011.000,- (95,57%).

 

Hasil yang dicapai dalam tahun 2015 mengalami peningkatan secara prosentase kinerja dari tahun sebelumnya di 2014, yakni hanya bisa terserap Rp.114.784.900,- atau sebesar 95,26% dari nilai total anggaran Rp.120.500.191,-.

 

Adapun dalam tahun anggaran 2016 akan memenuhi target kinerja yang lebih baik dengan target pemenuhan kebutuhan kinerja 96% dan ditambah beberapa kegiatan yang mendukung tercapainya hasil maksimal untuk menciptakan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang profesional.

 

Hasil kinerja yang membaik, tidak lepas dari kerjasama para pemangku jabatan struktural dalam satu wadah SKPD yang senantiasa melaksanakan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi demi meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dengan menerapkan tata kelola kearsipan secara baku.

 

Sumber daya yang saling mendukung dan menunjang kinerja sesuai Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi) pada Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan yang dibagi menjadi beberapa penggolongan berdasarkan pangkat, golongan, pendidikan formal dan pendidikan non-formal, seperti pelatihan-pelatihan, sangat mempengaruhi hasil kinerja SKPD dan sesuai dengan penempatan bidang Tupoksi masing-masing, sehingga Target Kinerja terpenuhi dengan baik.

 

Capaian yang memenuhi target, tidak lepas juga karena Program-Program SKPD yang disusun dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, akuntabel, efektif dan efisien.

 

b.  Pendataan dan Penataan Dokumen Arsip Daerah

Sasaran Strategis

Indikator Kinerja

2014

 

(%)

Target

2015

(%)

Capaian

2015

(%)

1

2

3

4

5

Pendataan dan penataan dokumen/arsip daerah

Terlaksananya tata kelola kearsipan SKPD secara baku

96

92

95,45

 

Pendataan dan penataan dokumen arsip daerah dimaksudkan untuk meningkatnya penataan arsip.

 

Masukan (input) tersedia dana anggaran sebesar Rp.120.994.000,- dengan keluaran (output), cetakan sarana arsip (kartu kendali, lembar disposisi) dengan rencana capaian 12 bulan dan hasil (outcome) yang diharapkan meningkatnya penataan arsip dan terealisasi sebesar Rp.115.489.000,- (95,45%) dan Instansi yang menerapkan tata kelola kearsipan secara baku meningkat sebanyak 110 SKPD (96,49%) dari total target 114 SKPD.

 

Hasil yang dicapai dalam tahun 2015 juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya di 2014, yakni hanya bisa terserap Rp.105.523.200,- atau sebesar 96% dari nilai total anggaran Rp.109.917.200,-.

 

Adapun dalam tahun anggaran 2016 akan memenuhi target kinerja yang lebih baik dengan target pemenuhan kebutuhan kinerja 96% dan ditambah beberapa kegiatan yang mendukung tercapainya hasil maksimal untuk menciptakan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang profesional.

 

Hasil kinerja yang membaik, tidak lepas dari kerjasama para pemangku jabatan struktural dalam satu wadah SKPD yang senantiasa melaksanakan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi demi meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dengan menerapkan tata kelola kearsipan secara baku.

Sumber daya yang saling mendukung dan menunjang kinerja sesuai Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi) pada Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan yang dibagi menjadi beberapa penggolongan berdasarkan pangkat, golongan, pendidikan formal dan pendidikan non-formal, seperti pelatihan-pelatihan, sangat mempengaruhi hasil kinerja SKPD dan sesuai dengan penempatan bidang Tupoksi masing-masing serta bisa diterapkan sistem The Right Man in The Right Place (Penempatan Kinerja berdasarkan Kemampuan yang Dimiliki Staf), sehingga Target Kinerja terpenuhi dengan baik.

 

Capaian yang memenuhi target, tidak lepas juga karena Program-Program SKPD yang disusun dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, akuntabel, efektif dan efisien. Dimana tercakup dalam Program Penyelamatan dan Pelestarian Dokumen/Arsip Daerah, yang kesemuanya saling mendukung satu sama lain dalam kegiatan tersebut.

 

3. Program Peningkatan Jaringan Komunikasi dan Informasi

  1. Peningkatan dan Pengembangan Jaringan Komunikasi dan Informasi 

Sasaran Strategis

Indikator Kinerja

2014

 

(%)

Target

2015

(%)

Capaian

2015

(%)

1

2

3

4

5

Peningkatan dan pengembangan jaringan komunikasi dan informasi

Terfasilitasinya jaringan dan kelengkapan komputer

98,83

95

97,68

 

Pembinaan dan Pengembangan Jaringan Komunikasi dan Informasi dimaksudkan untuk pembangunan Jaringan Komputer.

 

Masukan (input) tersedia dana anggaran sebesar Rp.235.483.800,- dengan keluaran (output)  menambah 21 titik koneksi jaringan komputer dan hasil (outcome) yang diharapkan adalah untuk mempercepat akses masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan di kabupaten jombang dan  terealisasi  sebesar Rp.230.025.000,- (97,68%).

 

Hasil yang dicapai dalam tahun 2015 juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya di 2014, yakni hanya bisa terserap Rp.255.055.00,- atau sebesar 98,83% dari nilai total anggaran Rp.258.080.000,-

 

Adapun dalam tahun anggaran 2016 akan memenuhi target kinerja yang lebih baik dengan target pemenuhan kebutuhan kinerja 96% dan ditambah beberapa kegiatan yang mendukung tercapainya hasil maksimal untuk menciptakan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang profesional.

 

Hasil kinerja yang membaik, tidak lepas dari kerjasama para pemangku jabatan struktural dalam satu wadah SKPD yang senantiasa melaksanakan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi demi meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dengan menerapkan tata kelola kearsipan secara baku.

 

Sumber daya yang saling mendukung dan menunjang kinerja sesuai Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi) pada Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan yang dibagi menjadi beberapa penggolongan berdasarkan pangkat, golongan, pendidikan formal dan pendidikan non-formal, seperti pelatihan-pelatihan, sangat mempengaruhi hasil kinerja SKPD dan sesuai dengan penempatan bidang Tupoksi masing-masing, sehingga Target Kinerja terpenuhi dengan baik.

 

Capaian yang memenuhi target, tidak lepas juga karena Program-Program SKPD yang disusun dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, akuntabel, efektif dan efisien.

 

b. Pemeliharaan Rutin/ Berkala Jaringan dan Peralatannya

Sasaran Strategis

Indikator Kinerja

2014

 

(%)

Target

2015

(%)

Capaian

2015

(%)

1

2

3

4

5

Peningkatan dan pengembangan jaringan komunikasi dan informasi

Terfasilitasinya jaringan dan kelengkapan komputer

98,83

95

97,68

 

Pemeliharaan rutin/ berkala jaringan dan peralatannya dimaksudkan untuk penyediaan suku cadang pemeliharaan jaringan komputer.

 

Dengan didasari karena keinginan dari pihak Pemerintah Kabupaten Jombang untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan melakukan transparansi informasi dengan menjalankan E-Government, maka dibangunlah website resmi pemerintah Kabupaten Jombang.

Website ini dimaksudkan sebagai sarana peneyebaran informasi kepada masyarakat umum dan menggali aspirasi dari masyarakat.

 

Dengan adanya website ini masyarakat bisa dengan mudah mencari informasi yang dibutuhkan dan yang bisa disediakan oleh pemerintah Kabupaten Jombang selain itu masyarakat bisa menyampaikan keluhan, saran dan pertanyaan lewat web ini sehingga pemerintah bisa tahu keperluan masyarakatnya.

 

Pertama kali dibangun pada Tahun 2003 dengan domain jombang.org dan menggunakan web server yang dikelola sendiri oleh Kantor Arsip & PDE kemudian berganti nama domain menjadi jombang.go.id. 

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 28/PER/M.KOMINFO/9/2006 tentang Penggunaan nama domain go.id untuk situs web resmi Pemerintah Pusat dan Daerah dan Keputusan Bupati Jombang No. 188/57/41512/2007 serta Peraturan Bupati Jombang No. 42A Tahun 2009 maka pada bulan April 2007 website Pemerintah Kabupaten Jombang berubah nama domain lagi menjadi jombangkab.go.id sampai sekarang.

 

Masukan (input) tersedia dana anggaran sebesar Rp.879.355.788,- dengan keluaran (output) terpeliharanya jaringan komputer yang telah terbangun di beberapa SKPD dan hasil (outcome) yang diharapkan adalah kelancaran jalur koneksi jaringan komputer dan  terealisasi  sebesar Rp.873.221.688,- (99,30%).

 

Hasil yang dicapai dalam tahun 2015 juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya di 2014, yakni hanya bisa terserap Rp.203.750.000,- atau sebesar 97% dari nilai total anggaran Rp.210.045.000,-

 

Adapun dalam tahun anggaran 2016 akan memenuhi target kinerja yang lebih baik dengan target pemenuhan kebutuhan kinerja 96% dan ditambah beberapa kegiatan yang mendukung tercapainya hasil maksimal untuk menciptakan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang profesional.

 

Hasil kinerja yang membaik, tidak lepas dari kerjasama para pemangku jabatan struktural dalam satu wadah SKPD yang senantiasa melaksanakan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi demi meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dengan menerapkan tata kelola kearsipan secara baku.

 

Sumber daya yang saling mendukung dan menunjang kinerja sesuai Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi) pada Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan yang dibagi menjadi beberapa penggolongan berdasarkan pangkat, golongan, pendidikan formal dan pendidikan non-formal, seperti pelatihan-pelatihan, sangat mempengaruhi hasil kinerja SKPD dan sesuai dengan penempatan bidang Tupoksi masing-masing, sehingga Target Kinerja terpenuhi dengan baik.

 

Capaian yang memenuhi target, tidak lepas juga karena Program-Program SKPD yang disusun dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, akuntabel, efektif dan efisien.

 

4. Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan  

a.  Penyediaan Bahan Pustaka Perpustakaan Umum Daerah

Sasaran Strategis

Indikator Kinerja

2014

 

(%)

Target

2015

(%)

Capaian

2015

(%)

1

2

4

5

6

Penyediaan bahan pustaka perpustakaan umum daerah

Tersedianya bahan buku pustaka perpustakaan umum daerah, lembur, perlengkapan perpustakaan

98,76

90

75,63

 

Penyediaan bahan pustaka Perpustakaan Umum Daerah dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan penyediaan bahan pustaka. Kegiatan ini untuk mencapai sasaran meningkatnya kinerja aparatur.

 

Masukan (input) tersedia dana anggaran sebesar Rp.435.691.050,- dengan keluaran (output) terlaksananya penyediaan bahan pustaka berupa pengadaan rak buku perpustakaan dibantukan di 21 desa, buku-buku perpustakaan, lembur pelayanan sampai jam 20.00 WIB dan hasil (outcome) yang diharapkan terpenuhinya pelayanan perpustakaan dengan realisasi anggaran sebesar Rp.329.531.050,-  (75,63%).

 

Hasil yang dicapai dalam tahun 2015 mengalami sedikit penurunan penyerapan dari tahun sebelumnya di 2014, yakni terserap Rp.313.988.500,- atau sebesar 98,76% saja dari nilai total anggaran Rp.317.932.350,-

 

Hasil kinerja yang menurun dari tahun sebelumnya, adalah merupakan kekurangan yang harus ditingkatkan lagi kinerjanya agar mendapatkan hasil yang maksimal. Disamping itu, tidak lepas dari kerjasama para pemangku jabatan struktural dan fungsional yang senantiasa melaksanakan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi, baik dalam lingkungan masing-masing maupun antar SKPD serta dengan instansi lain diluar Pemerintah Daerah sesuai dengan Tupoksi masing-masing.

 

Sumber daya yang dapat menunjang kinerja sesuai Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi) dimiliki oleh Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan yang dibagi menjadi beberapa penggolongan berdasarkan pangkat, golongan, pendidikan formal dan pendidikan non-formal, seperti pelatihan-pelatihan, adalah untuk mendukung hasil kinerja SKPD dan dengan penempatan sesuai bidang Tupoksi masing-masing serta bisa diterapkan sistem The Right Man in The Right Place (Penempatan Kinerja berdasarkan Kemampuan yang Dimiliki Staf), sehingga Target Kinerja terpenuhi dengan baik.

 

Pelayanan di Kantor Perpustakaan

Perpustakaan juga menyiapkan fasilitas komputer dan internet secara gratis (tidak menyediakan lap top), anggota membawa lap top sendiri dan juga tidak dipungut biaya di samping itu juga perpustakaan  melayani Masyarakat Umum dan Lembaga Pendidikan di Wilayah Kabupaten Jombang.

 

Untuk menambah koleksi bahan pustaka setiap tahun diadakan pengadaan buku yang dianggarkan melalui APBD  dan pada Tahun 2011 pengadaan buku  dengan jumlah buku 2.219 buku yang terdiri dari 11 klasifikasi sebagai berikut :

1. klasifikasi 000     adalah Karya Umum

2. –sda-        100     adalah Filsafat

3. –sda-        200     adalah Agama

4. –sda-        300     adalah Ilmu Sosial

5. –sda-        400     adalah Ilmu Bahasa

6. –sda-        500     adalah Ilmu Murni

7. –sda-        600     adalah Tehnologi/Ilmu Terapan

8. –sda-        700     adalah Seni dan Olahraga

9. –sda-        800     adalah Sastra

10. –sda-     900     adalah Sejarah, Geografi dan Biografi

11. –sda-     1000   adalah Fiksi             

 

Capaian yang memenuhi target, tidak lepas juga karena Program-Program SKPD yang disusun dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, akuntabel, efektif dan efisien.

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    

b. Penyelenggaraan Koordinasi Pengembangan Budaya Baca

Sasaran Strategis

Indikator Kinerja

2014

 

(%)

Target

2015

(%)

Capaian

2015

(%)

1

2

4

5

6

Penyelenggaraan koordinasi pengembangan budaya baca

Terlaksananya pembinaan dan kegiatan perpustakaan keliling

96,69

95

97,44

 

Penyelenggaraan koordinasi pengembangan budaya baca dimaksudkan   untuk memperlancar pelaksanaan perjalananan dinas Pusling dan pembinaan. Kegiatan ini untuk mencapai sasaran meningkatnya kinerja pelayanan tersedia dana anggaran sebesar Rp.70.200.000,- dengan keluaran (output)  terlaksananya pelayanan perpustakaan keliling koordinasi berupa perjalanan dinas perpustakaan keliling dengan rencana capaian 12 bulan dan hasil (outcome) yang diharapkan memperlancar pelaksanaan pembinaan dan terealisasi sebesar Rp.68.400.000,- (97,44%).

 

Hasil yang dicapai dalam tahun 2015 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya di 2014, yakni hanya bisa terserap Rp.48.830.000,- atau sebesar 96,69% saja dari nilai total anggaran Rp.50.500.000,-

 

Hasil kinerja yang membaik dari tahun ke tahun, tidak lepas dari kerjasama para pemangku jabatan struktural dan fungsional yang senantiasa melaksanakan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi, baik dalam lingkungan masing-masing maupun antar SKPD serta dengan instansi lain diluar Pemerintah Daerah sesuai dengan Tupoksi masing-masing.

 

Sumber daya yang dapat menunjang kinerja sesuai Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi) dimiliki oleh Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan yang dibagi menjadi beberapa penggolongan berdasarkan pangkat, golongan, pendidikan formal dan pendidikan non-formal, seperti pelatihan-pelatihan, adalah untuk mendukung hasil kinerja SKPD dan dengan penempatan sesuai bidang Tupoksi masing-masing, sehingga Target Kinerja terpenuhi dengan baik.

 

Di samping itu Perpustakaan juga memfasilitasi pengadaan Rak buku sejumlah 21 buah untuk 20 Kecamatan yang diperuntukan 20 Desa, setiap Kecamatan 1 desa mendapat 1 (satu) buah Rak Buku sedangkan untuk Desa Mojotrisno diberi bantuan 2 buah karena untuk kelengkapan dalam rangka lomba perpustakaan Tingkat Desa dan mendapatkan nominasi Juara Harapan 3, adapun  20 Desa yang mendapat bantuan Rak buku sebagai berikut :

 

  1. Desa Losari, Kecamatan Ploso  
  2. Desa Mojotrisno, Kecamatan Mojoagung
  3. Desa Plandi, Kecamatan Jombang
  4. Desa Kwaron, Kecamatan Diwek
  5. Desa Blimbing, Kecamatan Gudo
  6. Desa Kedungbetik, Kecamatan Kesamben
  7. Desa Pulorejo, Kecamatan Ngoro
  8. Desa Dukuhklopo, Kecamatan Peterongan
  9. Desa Kayen, Kecamatan Bandarkedungmulyo
  10. Desa Karanglo, Kecamatan Mojowarno
  11. Desa Pulogedang, Kecamatan Tembelang
  12. Desa Gongseng, Kecamatan Megaluh
  13. Desa Karangmojo, Kecamatan Plandaan
  14. Desa Segodorejo, Kecamatan Sumobito
  15. Desa Jarak kulon, Kecamatan Jogoroto
  16. Desa Karangan, Kecamatan Barang                

17.   Desa Perak, Kecamatan Perak

18.   Desa Mojodanu, Kecamatan Ngusikan

19.   Desa Kudu Banjar, Kecamatan Kudu

20.   Desa Sumberjo, Kecamatan Wonosalam

 

 

 

 

 

c. Peningkatan Minat dan Budaya Baca

Sasaran Strategis

Indikator Kinerja

2014

 

(%)

Target

2015

(%)

Capaian

2015

(%)

1

2

4

5

6

Peningkatan minat dan budaya baca masyarakat

Tersedianya dana fasilitas lomba dan pameran perpustakaan

97,48

90

84,89

 

Publikasi dan sosialisasi minat dan budaya baca dimaksudkan untuk tersedianya dana fasilitas lomba dan pameran perpustakaan untuk pembaca perpustakaan yang aktif, tersedia dana anggaran sebesar Rp.199.774.050,- dengan keluaran (output)  terakomodasinya peran aktif pembaca dan hasil (outcome) yang diharapkan para baca dan meningkatnya pengetahuan masyarakat dan terealisasi sebesar Rp.169.588.000,- (84,89%). Sehingga jumlah pengunjung perpustakaan meningkat sebanyak 98.109 orang (112%) dari jumlah target 80.230 orang.

 

Hasil yang dicapai dalam tahun 2015 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya di 2014, yakni hanya bisa terserap Rp.24.905.850,- atau sebesar 97,48% saja dari nilai total anggaran Rp.25.550.000,-

 

Adapun dalam tahun anggaran 2016 akan memenuhi target kinerja yang lebih baik dengan target pemenuhan kebutuhan kinerja 96% dan ditambah beberapa kegiatan dalam mendukung hasil yang maksimal sesuai visi misi SKPD pada khususnya serta Bupati Jombang pada umumnya, yakni “Sejahtera Untuk Semua.”

 

Hasil kinerja yang membaik dari tahun ke tahun, tidak lepas dari kerjasama para pemangku jabatan struktural dan fungsional yang senantiasa melaksanakan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi, baik dalam lingkungan masing-masing maupun antar SKPD serta dengan instansi lain diluar Pemerintah Daerah sesuai dengan Tupoksi masing-masing.

 

Sumber daya yang dapat menunjang kinerja sesuai Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi) dimiliki oleh Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan yang dibagi menjadi beberapa penggolongan berdasarkan pangkat, golongan, pendidikan formal dan pendidikan non-formal, seperti pelatihan-pelatihan, adalah untuk mendukung hasil kinerja SKPD dan dengan penempatan sesuai bidang Tupoksi masing-masing serta bisa diterapkan sistem The Right Man in The Right Place (Penempatan Kinerja berdasarkan Kemampuan yang Dimiliki Staf), sehingga Target Kinerja terpenuhi dengan baik.

 

Capaian yang memenuhi target, tidak lepas juga karena Program-Program SKPD yang disusun dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, akuntabel, efektif dan efisien. Dimana tercakup dalam Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan, yang kesemuanya saling mendukung satu sama lain dalam kegiatan tersebut.

 

Keanggotaan Perpustakaan

  1. Untuk menjadi anggota perpustakaan adalah Masyarakat umum yang terdiri dari: Pelajar, Mahasiswa, Pegawai dan harus mengisi formulir yang disediakan oleh perpustakaan  (untuk TK, SD, SLTP, SLTA dan Mahasiswa formulir ditanda tangani oleh pihak sekolah masing-masing dan untuk masyarakat umum diketahui oleh RT setempat).
  2. Bagi pengunjung yang belum/ tidak  mempunyai kartu tanda anggota dapat menggunakan fasilitas perpustakaan akan tetapi tidak diperkenankan untuk pinjam buku hanya dapat membaca di tempat  sedangkan bagi yang sudah mempunyai kartu anggota bisa/ dapat pinjam dengan jangka waktu 6 (enam) hari kerja dan apabila sampai terjadi peminjam menghilangkan buku harus mengganti sesuai dengan judul buku yang dipinjam sedangkan tidak bisa mengganti buku dapat mengganti sesuai dengan harga buku yang dipinjam.
  3. Anggota yang kartu anggotanya hilang atau rusak segera melaporkan ke perpustakaan untuk melakukan Registrasi Ulang dan Kartu Anggota yang masa berlakunya habis segera untuk melakukan Daftar Ulang.
  4. Bagi semua masyarakat maupun pelajar untuk menjadi anggota/ belum  tidak dipungut biaya/ gratis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B. REALISASI ANGGARAN

Belanja Langsung (berdasarkan Perjanjian Kinerja 2015)

No

Program / Kegiatan

Target

(Rp)

Realisasi

(Rp)

Capaian

(%)

1

2

3

4

5

I

 

1

 

 

 

II

 

 

1

 

2

 

 

III

 

1

 

 

2

 

 

IV

 

 

1

 

2

 

3

Program Pelayanan Administrasi Perkantoran Penyediaan Jasa Komunikasi,  Sumber Daya Air dan Listrik serta Sarana dan Prasarana Kantor

 

Program Penyelamatan dan

Pelestarian Dokumen/ Arsip daerah

Pengadaan Sarana Pengolahan dan Penyimpanan Arsip

Pendataan dan Penataan Dokumen/ Arsip Daerah

 

Program Jaringan Komunikasi dan Informasi

Peningkatan dan Pengembangan Jaringan Komunikasi dan Informasi

Pemeliharaan Rutin/ Berkala Jaringan dan Perawatannya

 

Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

Penyediaan Bahan Pustaka Perpustakaan Umum Daerah

Penyelenggaraan Koordinasi Pengembangan Budaya Baca

Peningkatan Minat dan Budaya Baca

 

 

620.999.500

 

 

 

 

 

 

62.796.000

 

120.994.000

 

 

 

 

235.483.800

 

 

879.355.788

 

 

 

 

 

435.691.050

 

70.200.000

 

199.774.050

 

 

 

604.322.035

 

 

 

 

 

 

60.011.000

 

115.489.000

 

 

 

 

230.025.000

 

 

873.221.688

 

 

 

 

 

329.531.050

 

68.400.000

 

169.588.000

 

 

 

97,31

 

 

 

 

 

 

95,57

 

95,45

 

 

 

 

97,68

 

 

99,30

 

 

 

 

 

75,63

 

97,44

 

84,89

 

 

Jumlah

 

2.891.565.286

2.659.719.073

91,98

BAB IV

P E N U T U P

 

            Setelah dilakukan pembahasan secara cermat dan terinci Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) pada Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan Kab. Jombang sudah barang tentu terdapat kelebihan dan kekurangan, namun dari fakta yang telah dipaparkan/ diuraikan tersebut di atas.

            Harapan kami dapat dipakai sebagai rekomendasi pembuatan pertanggungjawaban kepada Bupati untuk tahun 2015.

 

 

 

 

 

 

 

              Jombang,         Januari 2016

                                                                                KEPALA KANTOR

                          ARSIP, PDE DAN PERPUSATAKAAN

                                                                                       KABUPATEN JOMBANG

 

 

 

 

                                                                                    MUHAMMAD TAUFIQ, SH, MH

                                                                                    Pembina Tk.I

                                                                                    NIP. 19681024 199403 1 004       

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 1. Struktur Organisasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kasubag Tata Usaha

 

Pembina

 

                                                                        

 

    

 

 

 

 

                     
   
   
   
 
 
 
   
   
 
 
   
 
   
     
 
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

 
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 2. Matrik Rencana Strategis (Renstra)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 3. Matrik Rencana Kerja (Renja) 2015

 

 

 

 

 

Lampiran 3. Rencana Kinerja Tahun 2015 ( RKT 2015 )

RENCANA KINERJA TAHUNAN                                                                                                                                                 

                                                                                                                                                                                                              ( FORMULIR RKT )

TAHUN 2015

Sasaran

 

Kegiatan

 

Uraian

Indikator

Rencana Tingkat capaian ( Target )

Program

Uraian

Indikator Kinerja

Satuan

Rencana Tingkat

Keterangan

1

2

3

4

5

6

7

8

9

Meningkatnya

Kinerja apara-

tur  

 

Meningkatnya efisiensi penggunaan,komunikasi,sumber daya air dan listrik

       668.580.000

Program Pela- yanan adminis

trasi Perkantor an

 

Penyediaan Jasa Komunikasi,sumber daya air dan listrik

 

Terpenuhinya kebutuh listrik gedung Perpustakaan, jasa telphone, sewa astinet

12 bulan

655.208.400

 

 

Terciptanya akuntabilitas dan efisiensi kinerja

 

 

50.400.000

 

 

Penyediaan jasa keuangan

 

Terpenuhinya pembayaran pengelola     ke uangan

12 bulan

 

50.400.000

 

 

 

Menambah nilai guna peralatan kerja

 

 

11.000.000

 

 

 

Penyediaan Jasa Perbaikan Peralatan Kerja

 

 

Tersedianya jasa perbaikan  printer, monitor, mesin ketik, AC

1 paket

 

 

10.900.000

 

 

 

 

Tercapainya kelancaran administrasi perkantoran

29.208.500

 

Penyediaan Alat Tulis Kantor

Tersedianya alat tulis kantor              

12 bulan

29.208.500

 

 

Tercapainya kelancaran pelaksanaan tugas administrasi perkantoran

15.500.000

 

 

Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan

Tersedianya barang cetakan dan penggandaan

12 bulan

 

15.500.000

 

 

 

Tercapainya kelancaran pelaksanaan tugas administrasi perkantoran

 

5.464.000

 

 

 

Penyediaan komponen Instalasi listrik/Penerangan Bangunan  Kantor

Tersedianya komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor

12 bulan

 

 

5.464.000

 

 

 

Terciptanya kenyamanan dalam pelaksanaan tugas

 

12.029.992

 

 

 

Penyediaan peralat dan Perlengkapan Kantor

Tersedianya peralatan dan perlengkapan kantor

12 bulan

 

 

12.029.992

 

 

 

Terciptanya efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas

 

 

9.360.000

 

 

 

 

Penyediaan bahan bacaan  dan   Per- aturan Perundangan

Tersedianya bahan bacaan dan  per- turan perundang-undangan

12 bulan

 

 

9.000.000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sasaran

 

Kegiatan

 

Uraian

Indikator

Rencana Tingkat capaian ( Target )

Program

Uraian

Indikator Kinerja

Satuan

Rencana Tingkat

Keterangan

1

2

3

4

5

6

7

8

9

 

Terciptanya kelancaran perjalanan dinas

 

 

50.400.000

 

 

 

 

Penyediaan Bahan Logistik Kantor

 

 

Tersedianya bahan logistik kantor

 

 

12 bulan

 

 

50.380.700

 

 

 

 

Meningkatnya kinerja pegawai

 

 

 

 

42.870.000

 

 

 

 

 Penyediaan Makanan dan minuman harian , tamu dan rapat

Terpenuhinya makanan dan -

Minuman harian, tamu dan rapat

 

12 bulan

 

 

 

41.583.900

 

 

 

 

 

Memperlancar pelaksanaan tugas

 

71.100.000

 

 

 

Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi ke Luar Daerah

Terlaksananya rapat-rapat koordinasi dan konsultasi ke luar daerah

12 buln

 

 

71.100.000

 

 

 

 

Terciptanya akuntabilitas dan efisiensi kinerja

 

106.200.000

 

 

Penyediaan Jasa Administrasi Tehnis Perkantoran

Tersedianya jasa administrasi teknis perkantoran

12 bulan

 

103.010.000

 

 

 

 Memperpanjang nilai guna kendaraan

 

 

 

 

 35.000.000

 

 

 

 

 

 Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

 Pemeliharaan rutin/berkala kendaraan Dinas/operasional

 

 Terlaksananya pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas operasional

 

 12 bulan

 

 

 

 

35.000.000

 

 

 

 

 

Memperpanjang nilai guna gedung kantor/bangunan pendukungnya

 

 

39.000.000

 

Pemeliharaan rutin/berkala Gedung Kantor/Bangunan pendukungnya

Terlaksananya pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor/bangunan pendukungnya

12 bulan

 

 

 

38.551.500

 

 

 

 

 

Meningkatnya kelancaran dan kenyamanan pelaksanaan tugas

 

35.000.004

 

 

 

Pemeliharaan rutin/berkala sarana dan prasarana gedung kantor

Terlaksananya pemeliharaan rutin/berkala sarana dan prasarana gedung kantor

12 bulan

 

 

34.597.503

 

 

 

 

Terciptanya kedisplinan pegawai

 

 

 

2.800.000

 

 

 

.Program Peningkatan Disiplin Aparatur

Pengadaan pakaian kerja lapangan

 

Tersedianya pakaian seragam 16 tenaga kontrak

 

1 paket

 

 

 

2.800.000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sasaran

 

Kegiatan

 

Uraian

Indikator

Rencana Tingkat capaian ( Target )

Program

Uraian

Indikator Kinerja

Satuan

Rencana Tingkat

Keterangan

1

2

3

4

5

6

7

8

9

 

Terciptanya keseragaman dan kebersamaan pegawai

 

 

7.525.000

 

 

 

 

 

Pengadaan Pakaian Khusus Hari-hari tertentu

Tersedianaya pakaian olah raga untuk karyawan/karyawati sejumlah 43 stel

1 paket

 

 

 

 

7.525.000

 

 

 

 

 

 

Terciptanya akuntabilitas dalam pelayanan

 

 

 

280.001.100

 

 

 

 

 

Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

 

 

 

Penyediaan bahan pustaka perpustakaan umum daerah

 

 

Tersedianya bahan buku pustaka perpusakaan umum daerah, lembur, perlengkapan perpusta

kaan

12 bulan

 

 

 

 

 

277.201.089

 

 

 

 

 

 

 

 

Tercapainya kelancaran pelaksanaan tugas 

 

 

 

50.500.000

 

 

 

 

 

Penyelenggaraan koordinasi pengembangan budaya baca

Tersedianya perjalanan dinas dalam daerah untuk Pusling dan pembinaan  ke desa-desa dan sekolah

12 bulan

 

 

 

 

49.975.000

 

 

 

 

 

 

Terciptanya fasilitas informasi

 

 

 

 

 

 

351.062.532

 

 

 

 

 

Program Pengkajian dan penelitian bidang informasi dan komunikasi

Pengkajian dan penelitian bidang informasi dan komunikasi

 

 

Terfalitasinya jaringan, kelengkapan komputer

 

 

 

12 bulan

 

 

 

 

 

329.697.529

 

 

 

 

 

 

 

 

Tercapainya penyimpanan arsip dalam pelaksanaan tugas

 

 

 

 

 

118.000.494

 

 

 

 

 

 

Program penyelamatan dan pelestarian dokumen / arsip daerah

Pengadaan sarana pengolahan dan penyimpananan arsip

 

Tersedianya peralatan dan perlengkapan kearsipan

 

 

 

12 bulan

 

 

 

 

 

113.563.675

 

 

 

 

 

 

 

 

Terciptanya pengelolaan arsip

 

 

 

98.654.000

 

 

 

 

Pendataan dan penataan dokumen/arsip daerah

Terlaksananya pendataan dan penataan dokumen/arsip daerah

12 bulan

 

 

 

97.312.305

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                                                                    Jombang,         Januari 2016

                                                                                                                                                                                                            KEPALA KANTOR

                                                                                                                                            ARSIP, PDE DAN PERPUSTAKAAN

                                                                                                                                                                                                      KABUPATEN JOMBANG

 

 

 

                                                                                                                                                                                                  MUHAMMAD TAUFIQ, SH, MH

                                                                                                                                                                                                  Pembina Tk.I

                                                                                                                                                                                      NIP. 19681024 199403 1 004

 

Lampiran 4. Penetapan Kinerja Tahun 2015 (PK 2015)

 

PENETAPAN KINERJA TAHUN 2015

 

Dalam rangka mewujudkan menejemen pemerintahan yang efektif, transparan dan akuntabel serta berorientasi pada hasil, kami yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama              : MUHAMMAD TAUFIQ, SH, MH               

Jabatan          : Kepala Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan

Selanjutnya disebut pihak pertama

Nama              : Drs.Ec.NYONO SUHARLI WIHANDOKO

Jabatan          : Bupati Jombang

Selaku atasan langsung pihak pertama

Selanjutnya disebut pihak kedua

Pihak pertama pada tahun 2015 ini berjanji akan mewujudkan target kinerja tahunan sesuai lampiran perjanjian ini dalam rangka mencapai target kinerja jangka menengah seperti yang telah ditetapkan dalam dokumen perencanaan.

Keberhasilan dan kegagalan pencapaian target kinerja tersebut menjadi tanggung jawab pihak pertama.

Pihak kedua akan memberikan supervise yang diperlukan serta akan melakukan penggambilan tindakan yang diperlukan dalam rangka pemberian penghargaan dan sanksi.

 

 

                                                                                         Jombang,    Pebruari 2015

              Pihak Kedua,                                                             Pihak Pertama,

 

 

 

Drs.Ec.NYONO SUHARLI WIHANDOKO                      MUHAMMAD TAUFIQ, SH, MH

Bupati Jombang                                                              Kepala Kantor APDEP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

FORMULIR PENETAPAN KINERJA

TINGKAT PEMERINTAHAN PROVINSI/KABUPATEN/KOTA

 

 

Provinsi/Kabupaten/Kota     : Jombang

Tahun Anggaran                    : 2015

 

Sasaran Strategis

Indikator Kinerja

Target

1

2

3

Penyediaan Jasa Komunikasi,sumber daya air dan listrik

Terpenuhinya kebutuhan listrik gedung Perpustakaan, jasa telepon, sewa astinet

98%

Pengkajian dan penelitian bidang informasi dan komunikasi

Terfasilitasinya jaringan, kelengkapan komputer

90%

Penyediaan bahan pustaka perpustakaan umum daerah

Tersedianya bahan buku pustaka perpustakaan umum daerah, lembur, perlengkapan perpustakaan

96%

Pengadaan sarana pengolahan dan penyimpananan arsip

Tersedianya peralatan dan perlengkapan kearsipan

95%

 

Jumlah Anggaran Rp 2.229.776.593,-

 

                                                                                Jombang,     Pebruari 2015

                                                                                         Bupati Jombang

 

 

 

                                                                      Drs.Ec.NYONO SUHERLI WIHANDOKO     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 5. Pengukuran Kinerja 2015

No

Uraian Kegiatan

Target

(Rp)

Realisasi

(Rp)

Capaian

(%)

1

2

3

4

5

I

 

1

 

 

 

 

II

 

 

1

 

 

2

 

 

III

 

1

 

 

2

 

 

IV

 

 

1

 

2

 

3

Program Pelayanan Administrasi Perkantoran Penyediaan Jasa Komunikasi,  Sumber Daya Air dan Listrik serta Sarana dan Prasarana Kantor

 

Program Penyelamatan dan

Pelestarian Dokumen/ Arsip daerah

Pengadaan Sarana Pengolahan dan Penyimpanan Arsip

Pendataan dan Penataan Dokumen/ Arsip Daerah

 

Program Jaringan Komunikasi dan Informasi

Peningkatan dan Pengembangan Jaringan Komunikasi dan Informasi

Pemeliharaan Rutin/ Berkala Jaringan dan Perawatannya

 

Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

Penyediaan Bahan Pustaka Perpustakaan Umum Daerah

Penyelenggaraan Koordinasi Pengembangan Budaya Baca

Peningkatan Minat dan Budaya Baca

 

 

620.999.500

 

 

 

 

 

 

 

62.796.000

 

 

120.994.000

 

 

 

 

235.483.800

 

 

879.355.788

 

 

 

 

 

435.691.050

 

70.200.000

 

199.774.050

 

 

 

604.322.035

 

 

 

 

 

 

 

60.011.000

 

 

115.489.000

 

 

 

 

230.025.000

 

 

873.221.688

 

 

 

 

 

329.531.050

 

68.400.000

 

169.588.000

 

 

 

97,31

 

 

 

 

 

 

 

95,57

 

 

95,45

 

 

 

 

97,68

 

 

99,30

 

 

 

 

 

75,63

 

97,44

 

84,89

 

 

Jumlah

2.891.565.286

2.659.719.073

91,98

Lampiran 6. Indikator Kinerja Utama (IKU)

 

 

KAPDEP