Kantor - Arsip PDE dan Perpustakaan - Rencana Kerja

KATA PENGANTAR

 

            Rencana  Kerja (RENJA) Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Jombang merupakan pedoman dalam pelaksanaan program/kegiatan selama 1 (satu) tahun yaitu pada tahun 2017 dan sebagai tolok ukur bagi pihak berwenang dalam menilai Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Jombang. Rencana Kerja ini disusun untuk mengantisipati kondisi dan prediksi yang akan dihadapi oleh Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Jombang.

            Sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah untuk kedua kalinya dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, Dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, bahwa setiap daerah diwajibkan untuk menyusun perencanaan pembangunan daerah untuk jangka panjang 20 tahun (RPJPD), jangka menengah 5 tahun (RPJMD), serta jangka pendek 1 tahun (RKPD).

            Rencana Kerja Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan Kabupaten Jombang Tahun 2017 adalah dokumen perencanaan pada Kantor Arsip, PDE dan Perpustakan Kabupaten Jombang yang memuat arah kebijakan, program dan kegiatan pembangunan yang didasarkan pada kondisi, potensi, permasalahan, kebutuhan nyata, isu strategis dan aspirasii masyarakat yang tumbuh dan berkembang di Kabupaten Jombang yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan daerah, dan berorientasi pada hasil yang akan dicapai selama kurun waktu 1 (satu) tahun. Rencana kerja ini merupakan pedoman dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi untuk melaksanakan urusan pemerintah pada tugas – tugas kearsipan, informasi dan perpustakaan.

            Sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan, program-program dalam Renja diharapkan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan di setiap tahunnya, sehingga dapat dilihat hasil kegiatan dalam mencapai Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran yang sudah ditetapkan Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Jombang. Dan tentunya bersinergitas dengan dokumen-dokumen lainnya yang berkaitan dalam rencana pembangunan.

 

 
 

Jombang,   Januari 2016

Kepala Kantor

Arsip, PDE dan Perpustakaan

KAB. Jombang

 

 

 

MUHAMMAD TAUFIQ, SH.,MH

Pembina Tk.I

NIP. 19681024 199403 1 004

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

HALAMAN JUDUL

KATA PENGANTAR ……………………………………………….………………………. i

DAFTAR ISI ……………………………………………………………………….………… ii

BAB I PENDAHULUAN …………………………………………………………………... 1

  1. Latar Belakang .......................................................................................... 1
  2. Landasan Hukum ……………………………………………………………… 2
  3. Maksud dan Tujuan …………………………………………………………… 4
  4. Sistematika Renja ……………………………………………………………... 5

BAB II VISI DAN MISI ............................................................................................... 6

2.1. Visi ……………………………………………………………………………… 6

2.2. Misi ........................................................................................................... 6

BAB III EVALUASI PELAKSANAAN RENCANA KERJA TAHUN LALU ............... 7

3.1.Evaluasi Pelaksanaan Renja SKPD Tahun Lalu dan Capaian

       Renstra SKPD ........................................................................................... 7

3.2.Analisis Kinerja Pelayanan Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan ........... 15

3.3.Isu-Isu Penting Penyelenggaraan Tugas dan Fungsi

       Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan ..................................................... 17

3.4.Review Terhadap Rancangan Awal SKPD .............................................. 17

3.5.Penelaahan Usulan Program dan Kegiatan Masyarakat .......................... 21

BAB IV TUJUAN, SASARAN PROGRAM DAN KEGIATAN .................................. 23

4.1.Telaahan Terhadap Kebijakan Nasional .................................................. 23

4.2.Tujuan dan Sasaran Renja Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan .......... 23

4.3.Program dan Kegiatan ............................................................................. 24

BAB V KELOMPOK SASARAN DAN INDIKATOR KINERJA YANG

             MENGGAMBARKAN PENCAPAIAN RENSTRA SKPD ............................. 34

5.1.Sasaran Program 2016 ............................................................................ 34

5.2.Indikator Kerja .......................................................................................... 36

BAB VI PENUTUP ................................................................................................... 39

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. LATAR BELAKANG

Pembangunan pada hakekatnya adalah suatu proses perubahan ke arah yang lebih baik melalui upaya-upaya yang dilakukan secara terencana.  Di dalam setiap wacana, paradigma pembangunan hampir selalu dikaitkan dengan adanya perubahan-perubahan yang bersifat positif. Namun dampak dari perubahan-perubahan yang bersifat positif tersebut, pada kenyataannya tidak selalu sejajar dengan apa yang terjadi di masyarakat.

Berkaitan dengan kondisi tersebut diatas, diperlukan suatu perencanaan yang matang dan terpadu. Perencanaan pembangunan ini dapat diartikan sebagai suatu proses perumusan alternatif-alternatif atau keputusan-keputusan yang didasarkan pada data dan fakta yang akan digunakan sebagai bahan untuk melaksanakan suatu rangkaian kegiatan atau aktivitas kemasyarakatan, baik yang bersifat fisik maupun non fisik, dalam rangka mencapai tujuan yang lebih baik, dengan memanfaatkan dan mendayagunakan seluruh sumberdaya yang ada serta memiliki orientasi yang bersifat menyeluruh dan lengkap, namun tetap berpegang pada azas prioritas. Secara umum perencanaan berfungsi sebagai pedoman guna mengarahkan kegiatan-kegiatan dalam rangka mencapai tujuan pembangunan yang ditetapkan. Selain itu juga untuk memperkirakan potensi-potensi, prospek-prospek perkembangan, hambatan serta resiko yang mungkin dihadapi pada masa yang akan datang. Perencanaan juga dilakukan untuk memberikan pilihan-pilihan terbaik untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya kegagalan pembangunan serta menyusun skala prioritas dari segi pentingnya tujuan sekaligus sebagai alat untuk mengukur atau standar untuk melakukan pengawasan, pengendalian dan evaluasi terhadap aktivitas yang dilakukan dalam rangka pencapaian suatu tujuan.

Sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah untuk kedua kalinya dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, Dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, bahwa setiap daerah diwajibkan untuk menyusun perencanaan pembangunan daerah untuk jangka panjang 20 tahun (RPJPD), jangka menengah 5 tahun (RPJMD), serta jangka pendek 1 tahun (RKPD). Lebih lanjut, setiap SKPD sebagai pelaksana harus menyusun Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah untuk jangka 5 tahun (Renstra-SKPD) untuk mengarahkan perencanaan pembangunan yang akan dilaksanakan oleh SKPD. Renstra-SKPD disusun dengan memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan sesuai dengan tugas dan fungsi Satuan Kerja Perangkat Daerah serta berpedoman kepada RPJMD dan bersifat indikatif. Sedangkan sebagai penjabaran Renstra-SKPD tersebut, maka SKPD harus membuat Rencana Pembangunan Tahunan Satuan Kerja Perangkat Daerah  yang selanjutnya disebut dengan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renja-SKPD) untuk periode 1 (satu) tahun.

Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renja-SKPD) disusun berdasarkan tugas pokok dan fungsi serta mengacu pada Renstra-SKPD yang memuat kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan baik yang dilaksanakan langsung oleh Pemerintah Daerah maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat dalam jangka waktu 1 (satu) tahun.

Rencana Kerja Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan Kabupaten Jombang Tahun 2017 adalah dokumen perencanaan pada Kantor Arsip, PDE dan Perpustakan Kabupaten Jombang yang memuat arah kebijakan, program dan kegiatan pembangunan yang didasarkan pada kondisi, potensi, permasalahan, kebutuhan nyata, isu strategis dan aspirasi masyarakat yang tumbuh dan berkembang di Kabupaten Jombang yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan daerah, dan berorientasi pada hasil yang akan dicapai selama kurun waktu 1 (satu) tahun. Rencana kerja ini merupakan pedoman dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi untuk melaksanakan urusan pemerintah pada tugas – tugas kearsipan, informasi dan perpustakaan.

Dalam rangka upaya mencapai target sasaran pembangunan yang telah diamanatkan di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Jombang, tentunya diperlukan perencanaan yang matang, terpadu dan terintegrasi agar proses pencapaian sasaran pembangunan yang telah ditentukan dapat berjalan secara efektif, efisien, dan tepat sasaran. Sejalan dengan hal tersebut, Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan berupaya untuk mengoptimalkan perannya di urusan Kearsipan, Informasi dan Perpustakaan. Maka perlu kiranya disusun Renja guna mencapai sasaran yang telah ditentukan di dalam RPJMD Kabupaten Jombang dan sebagaimana telah dijabarkan ke dalam Renstra Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan.

 

  1. LANDASAN HUKUM

Landasan hukum penyusunan Rencana Kerja SKPD Tahun 2017 adalah sebagai berikut :

  1. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 47, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4355);
  2. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 194, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4421);
  3. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah untuk kedua kalinya dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 59, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4844);
  4. Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 126, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4438);
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2005 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan;  (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 49, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4503);
  6. Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 140, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4578);
  7. Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 82, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4737);
  8. Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 89, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4741);
  9. Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pedoman Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 19);
  10. Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 21, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4817);
  11. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011;
  12. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, tatacara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah;
  13. Peraturan Daerah Kabupaten Jombang Nomor 15 Tahun 2006 tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah ;
  14. Peraturan Daerah Kabupaten Jombang Nomor 4 Tahun 2008 tentang Urusan Pemerintahan Daerah Kabupaten Jombang;
  15. Peraturan Daerah Kabupaten Jombang Nomor 5 Tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Jombang;
  16. Peraturan Daerah Kabupaten Jombang Nomor 8 Tahun 2008 tentang Organisasi  dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Jombang;
  17. Peraturan Daerah Kabupaten Jombang Nomor 7 Tahun 2009 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Jombang Tahun 2005-2025;
  18. Peraturan Bupati Kabupaten Jombang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Jombang Tahun 2017;
  19. Peraturan Daerah Kabupaten Jombang Nomor 5 Tahun 2008 tentang Organisasi Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Jombang;
  20. Peraturan Bupati Jombang Nomor 13 Tahun 2009 tentang Tugas Pokok dan Fungsi Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan Kabupaten Jombang.

 

  1. MAKSUD DAN TUJUAN

1.3.1.  Maksud

Penyusunan Renja Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan Kabupaten Jombang Tahun 2017 dimaksudkan untuk:

  1. Memberikan arah dan pedoman bagi seluruh aparatur Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan Kabupaten Jombang dalam melaksanakan tugasnya dalam urusan kearsipan, informasi dan perpustakaan, sehingga sasaran dan target capaian pembangunan yang dilaksanakan di dalam program dan kegiatan yang telah ditetapkan dalam kurun waktu tahun 2017 dapat berjalan sesuai dengan kebijakan dan petunjuk teknis yang ditetapkan dalam pelaksanaan APBD tahun 2017.
  2. Memberikan informasi kepada pemangku kepentingan (stakeholders) tentang rencana pembangunan.
  3. Mempermudah pengendalian, monitoring, evaluasi dan koordinasi pelaksanaan rencana kegiatan dalam kurun waktu tahun 2017.
  4. Memberikan pedoman dalam rangka pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan.

 

1.3.2.  Tujuan

Tujuan penyusunan Renja Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan Kabupaten Jombang Tahun 2017 adalah untuk :

  1. Mengoptimalkan peran dan fungsi Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan   di dalam Urusan Tata Kerasipan, Informasi dan Perpustakaan.
  2. Mewujudkan Kabupaten Jombang yang tertib administrasi kearsipan, informasi yang berimbang dan masyarakat yang gemar membaca.
  3. Terlaksananya tugas dan kewajiban serta tanggung jawab di bidangnya masing-masing dengan menyelenggarakan kegiatan secara terencana, terarah, tertib dan disiplin sesuai dengan dengan sarana dan prasarana serta fasilitas operasional yang tersedia.
  4. Meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi dilingkungan Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan ataupun Lembaga sejenis baik di Lingkup Pemkab Jombang, Pemprov. Jatim dan Tingkat Nasional.

 

  1. SISTEMATIKA RENCANA KERJA

Renja Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan Tahun 2017 disusun berdasarkan sistematika sebagai berikut:

BAB I       PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
  2. Landasan Hukum
  3. Maksud dan Tujuan
  4. Sistematika Renja

BAB II      EVALUASI PELAKSANAAN RENJA SKPD TAHUN LALU

2.1.   Evaluasi Pelaksanaan Renja SKPD Tahun Lalu dan Capaian Renstra SKPD

2.2.   Analisis Kinerja Pelayanan SKPD

2.3.   Isu – isu penting penyelenggaraan tugas dan fungsi SKPD

2.4.    Penelaahan usulan program dan kegiatan masyarakat

BAB III     TUJUAN, SASARAN, PROGRAM DAN KEGIATAN

                 3.1.   Telaahan terhadap kebijakan nasional, dan

                 3.2.   Tujuan dan sasaran Renja SKPD

                 3.3.   Program dan kegiatan

BAB IV    PENUTUP

 

BAB II

VISI DAN  MISI

 

  1.  Visi Kantor Arsip, Pengolahan Data Elektronik, dan Perpustakaan

Visi dari Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan adalah :

”Terwujudnya Layanan Publik Kearsipan Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Berbasis TIK tahun 2017 dalam Mewujudkan Jombang Sejahtera untuk Semua”

 

2.2 Misi Kantor Arsip, Pengolahan Data Elektronik, dan Perpustakaan

Kemudian untuk dapat memujudkan visi tersebut, maka Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik menurunkan dan menjabarkan menjadi beberapa misi, yaitu:

  1. Meningkatkan Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam rangka perbaikan sistem administrasi kearsipan, penyelamatan dan Pelestarian dokumen/arsip daerah, pemeliharaan sarana rutin/berkala saarana dan praasarana kearsipan, peningkatan kualitas pelayanan informasi pelayanan pengelolaan keaarsipan
  2. Meningkatkan Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Budaya baca dan Pembinaan Perpustakaan
  3. Meningkatkan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Rangka Pengembangan Informasi, Pengkajian dan Penelitian bidang Informasi, Fasilitasi Peningkatan SDM bidang informasi.
  4. Meningkatkan Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pelayanan administrasi Perkantoran, peningkatan sarana dan prasarana aparatur, peningkatan disiplin aparatur, fasilitasi pindah/purna tugas PNS, peningkatan kapasitas sumber daya aparatur, peningkatan pengembangan sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan.

BAB III

EVALUASI PELAKSANAAN RENCANA KERJA TAHUN LALU

 

  1. Evaluasi Pelaksanaan Renja SKPD Tahun Lalu dan Capaian Renstra SKPD

Berdasarkan Renstra Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan  yang mempunyai tugas, pokok, fungsi dan urusan bidang kearsipan, informasi dan perpustakaan, maka visi Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan Kabupaten Jombang tahun 2013 - 2018 adalah “ Tertib Administrasi Kearsipan, Gemar Membaca dan Berdaya Saing ”, oleh karena itu Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan selaku instansi yang membidangi urusan Kearsipan, Informasi dan Perpustakaan harus mampu menjadi instansi yang responsif, kreatif dan inovatif dalam upaya menjawab berbagai perubahan lingkungan dan tantangan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, berdaya saing dengan menerapkan prinsip keterbukaan dan keadilan melalui peningkatan pelayanan publik dan infrastruktur.

Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya mengemban misi sebagi berikut :

1.  Mewujudkan manejemen pengolahan arsip yang berkualitas untuk penyelamatan dan pelestarian arsip yang bernilai guna;

2.  Mewujudkan Sumber Daya Manusia melalui informasi yang bermanfaat dan tepat guna;

3.  Mewujudkan pengetahuan masyarakat melalui pelayanan kepustakaan.

Sasaran pembangunan yang ingin dicapai dalam upaya mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan dalam renstra Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan  Kabupaten Jombang adalah :

  1. Meningkatnya kemampuan dan prasarana/sarana kearsipan dan kepustakaan;
  2. Memfungsikan gedung arsip daerah sebagai pusat pengelolaan kearsipan daerah dan tersedianya sistem standar dan infrastruktur yang memadai dalam pengelolaan administrasi perkantoran;
  3. Penyediaan data potensi daerah bagi Pimpinan Daerah dan masyarakat;
  4. Tersedianya sarana dan prasarana pelayanan perawatan jaringan untuk mendukung kelancaran tugas;
  5. Meningkatkan budaya gemar membaca pada masyarakat:
  6. Meningkatkan kapasitas manajerial kearsipan, perpustakan dan data.

 

      Perwujudan Sasaran Renstra tersebut direalisasikan dalam 6 program dan 28 kegiatan pada tahun 2015. Adapun beberapa pencapaian kinerja program/kegiatan pada tahun 2015  adalah sebagai berikut :

No

Program / Kegiatan

Target

(Rp)

Realisasi

(Rp)

Capaian

(%)

1

2

3

4

5

I

 

 

1

 

 

 

 

 

II

 

 

 

1

 

2

 

 

 

III

 

 

1

 

 

2

 

 

 

IV

 

 

 

1

 

 

2

 

3

Program Pelayanan Administrasi Perkantoran

Penyediaan Jasa Komunikasi,  Sumber Daya Air dan Listrik serta Sarana dan Prasarana Kantor

 

Program Penyelamatan dan

Pelestarian Dokumen/ Arsip daerah

Pengadaan Sarana Pengolahan dan Penyimpanan Arsip

Pendataan dan Penataan Dokumen/ Arsip Daerah

 

Program Jaringan Komunikasi dan Informasi

Peningkatan dan Pengembangan Jaringan Komunikasi dan Informasi

Pemeliharaan Rutin/ Berkala Jaringan dan Perawatannya

 

Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

Penyediaan Bahan Pustaka Perpustakaan Umum Daerah

Penyelenggaraan Koordinasi Pengembangan Budaya Baca

Peningkatan Minat dan Budaya Baca

 

 

 

620.999.500

 

 

 

 

 

 

 

 

 

62.796.000

 

120.994.000

 

 

 

 

 

 

235.483.800

 

 

879.355.788

 

 

 

 

 

 

 

435.691.050

 

 

70.200.000

 

199.774.050

 

 

 

 

604.322.035

 

 

 

 

 

 

 

 

 

60.011.000

 

115.489.000

 

 

 

 

 

 

230.025.000

 

 

873.221.688

 

 

 

 

 

 

 

329.531.050

 

 

68.400.000

 

169.588.000

 

 

 

 

97,31

 

 

 

 

 

 

 

 

 

95,57

 

95,45

 

 

 

 

 

 

97,68

 

 

99,30

 

 

 

 

 

 

 

75,63

 

 

97,44

 

84,89

 

 

Jumlah

2.891.565.286

2.659.719.073

91,98

 

Adapun evaluasi renja 2015 adalah sebagai berikut :

  1. Dari program/kegiatan yang sudah dilaksanakan pada tahun 2015, semua program/kegiatan realisasi pencapaian target kinerja sudah sesuai dengan yang direncanakan ;
  2. Tidak adanya program/kegiatan yang melebihi target kinerja yang sudah direncanakan pada tahun 2015 ;
  3. Adanya target capaian program yang ada dalam Renstra dapat menimbulkan implikasi – implikasi yang mampu mendorong kinerja SKPD, diantaranya :
    1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
    2. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
    3. Program Peningkatan Disiplin Aparatur
  4. Kebijakan – kebijakan atau tindakan perencanaan dan penganggaran yang perlu dilakukan untuk mengatasi faktor – faktor yang mempengaruhi tidak tercapainya target kinerja adalah sebagai berikut :

a.    Mengoptimalkan proses koordinasi dengan pihak ke-3, terkait dengan perencanaan proyek dan penganggarannya;

b.    Untuk biaya perjalanan dinas, hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan yang ada sesuai dengan undangan - undangan dan koordinasi yang harus dilakukan untuk menunjang keberhasilan pembangunan daerah, sehingga kelebihan penganggaran dalam perjalanan dinas dapat diminimalisir;

c.    Kerjasama dengan pihak stakehoders maupun SKPD, terkait dengan data dan informasi yang dibutuhkan untuk penyusunan buku penelitian hendaknya lebih ditingkatkan, sehingga keterlambatan penerbitan buku penelitian dapat diminimalisir;

d.    Dilakukan pengendalian dan pengawasan dalam setiap tahapan/langkah pekerjaan untuk mengetahui apakah kegiatan telah sesuai dengan rencana dan aturan yang berlaku agar kualitas dan sasaran kegiatan sesuai dengan yang ingin dicapai;

e.    Sinkronisasi dan koordinasi dengan pihak terkait dapat dilakukan secara intensif, sebagai upaya memperoleh data dan informasi yang akurat.

 

Adapun hasil rekapitulasi evaluasi pelaksanaan Renja Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan dan pencapaian Renstra Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan Tahun 2015 adalah sebagai berikut

 

TABEL 3.1

REKAPITULASI EVALUASI HASIL PELAKSANAAN RENJA KANTOR ARSIP, PDE DAN PERPUSTAKAAN

 DAN PENCAPAIAN RENSTRA KANTOR ARSIP, PDE DAN PERPUSTAKAAN 

TAHUN 2013 S/D TAHUN 2018 KABUPATEN JOMBANG

 

Kode

Urusan/Bidang Urusan Pemerintahan Daerah dan Program/Kegiatan

Indikator Kinerja Program (outcome/Kegiatan output)

Target Kinerja Capaian Program (Akhir Renstra SKPD) Tahun 2018

Realisasi Target Kinerja Hasil Program dan Keluaran Kegiatan S/D dengan Tahun 2015

Target dan Realisasi Kinerja Program dan Kegiatan Tahun 2015

Target Program dan Kegiatan (Renja SKPD Tahun 2015)

Perkiraan Realisasi Capaian Taget Renstra SKPD S/D Tahun 2018

 
 

Target Renja SKPD Tahun 2015

Realisasi Renja SKPD Tahun 2015

Tingkat Realisasi (%)

Realisasi Capaian Program dan Kegiatan S/D Tahun 2018

Tingkat Capaian Realisasi Target Renstra (%)

 
 
 
 

1

2

3

4

5

6

7

8=(7/6)

9

10=(5+7+9)

11=(10/4)

 

1.24.1.24.01.01

Program Pelayanan Administrasi Perkantoran

Terlaksananya tugas administrasi perkantoran

60

BLN

12

12

12

100

12

48

80

 

1.24.1.24.01.01.01.02

Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air Dan Listrik

Internet 30 Mbps

60

BLN

12

12

12

100

12

48

80

 

1.24.1.24.01.01.01.07

Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan

Kelancaran administrasi keuangan

60

BLN

12

12

12

100

12

48

80

 

1.24.1.24.01.01.01.10

Penyediaan Alat Tulis Kantor

Kelancaran kegiatan administrasi kantor

60

BLN

12

12

12

100

12

48

80

 

1.24.1.24.01.01.01.11

Penyediaan Barang Cetakan Dan Penggandaan

Kelancaran kegiatan administrasi kantor

60

BLN

12

12

12

100

12

48

80

 

1.29.1.24.01.01.01.12

Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor

Kelancaran kegiatan administrasi kantor

60

BLN

12

12

12

100

12

48

80

 

1.24.1.24.01.01.01.13

Penyediaan Peralatan Dan Perlengkapan Kantor

Kenyamanan dan keindahan kantor

60

BLN

12

12

12

100

12

48

80

 

1.24.1.24.01.01.01.14

Penyediaan Peralatan Rumah Tangga

Terpenuhinya Peralatan Rumah Tangga Perkantoran

60

BLN

12

12

12

100

12

48

80

 

1.24.1.24.01.01.01.15

Penyediaan Bahan Bacaan Dan Peraturan Perundang-Undangan

Terpenuhinya bahan bacaan berita harian, mingguan dan bulanan.

60

BLN

12

12

12

100

12

48

80

 

1.24.1.24.01.01.01.16

Penyediaan Bahan Logistik Kantor

Kelancaran tugas-tugas kantor

60

BLN

12

12

12

100

12

48

80

 

1.24.1.24.01.01.01.17

Penyediaan Makanan Dan Minuman

Terpenuhinya kebutuhan makan dan minum pegawai, tamu dan rapat.

60

BLN

12

12

12

100

12

48

80

 

1.24.1.24.01.01.01.18

Rapat-rapat Koordinasi Dan Konsultasi Ke Luar Daerah

Kelancaran tugas ke luar daerah

60

BLN

12

12

12

100

12

48

80

 

1.24.1.24.01.01.01.20

Penyediaan Administrasi Teknis Perkantoran

Terpenuhinya target penyelesaian pekerjaan

60

BLN

12

12

12

100

12

48

80

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.24.1.24.01.01.02

Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

Terwujudnya sarana pelayanan publik

5

 THN

1

2

2

100

1

4

80

 

1.24.1.24.01.01.02.07

Pengadaan Perlengkapan Gedung Kantor

Tersedianya perlengkapan pelaksanaan tugas

5

 THN

1

2

2

100

1

4

80

 

1.24.1.24.01.01.02.22

Pemeliharaan Rutin/Berkala Gedung Kantor

Terlaksananya perawatan sarana pelayanan

5

 THN

1

2

2

100

1

4

80

 

1.24.1.24.01.01.02.24

Pemeliharaan Rutin/Berkala Kendaraan Dinas/Operasional

Terawatnya mesin kendaraan dinas/ operasional

5

 THN

1

2

2

100

1

4

80

 

1.24.1.24.01.01.02.26

Pemeliharaan Rutin/Berkala Perlengkapan Gedung Kantor

Terlaksananya perawatan perlengkapan gedung kantor

5

 THN

1

2

2

100

1

4

80

 

1.24.1.24.01.01.02.28

Pemeliharaan Rutin/Berkala Peralatan Gedung Kantor

Terlaksananya perawatan peralatan gedung kantor

5

 THN

1

2

2

100

1

4

80

 

1.24.1.24.01.01.02.29

Pemeliharaan Rutin/Berkala Mebeleur

Terlaksananya perawatan meubelair kantor

5

 THN

1

2

2

100

1

4

80

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.29.124.01.01.03

Program peningkatan disiplin aparatur

Meningkatnya Disiplin dan Pelayanan Publik

5

THN

 

 

 

 

 

 

 

 

1.24.1.24.01.01.03.03

Pengadaan Pakaian Kerja Lapangan

Terwujudnya pelayanan publik

225

 Stel

45

45

45

100

40

175

77

 

1.24.1.24.01.01.03.05

Pengadaan Pakaian Khusus Hari-Hari Tertentu

Kesamaan pemakaian seragam olah raga

40

Stel

8

8

8

100

8

16

0,4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.24.1.24.01.01.16

Program penyelamatan dan pelestarian dokumen/arsip daerah

Instansi yang telah menerapkan pengelolaan arsip secara baku

195

Instansi

41

21

21

100

28

90

0,4615385

 

1.24.1.24.01.01.16.01

Pengadaan Sarana Pengolahan Dan Penyimpanan Arsip

Jumlah Instansi Yang Diberikan Sarana Pengolahan Dan Penyimpanan Kearsipan

195

Instansi

41

21

21

100

28

90

0,4615385

 

1.24.1.24.01.01.16.02

Pendataan Dan Penataan Dokumen/Arsip Daerah

Jumlah Berkas Arsip Yang Terdata Di Depo Arsip

13.000

Berkas

7.000

1000

1000

100

1.000

9000

0,6923077

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.25.1.24.01.01.15

Program Pengembangan Komunikasi, Informasi dan Media Massa

Jumlah Instansi terkoneksi internet

500

Instansi

143

42

42

100

91

276

0,552

 

1.25.1.24.01.01.15.02

Pembinaan Dan Pengembangan Jaringan Komunikasi Dan Informasi

Jumlah Instansi terkoneksi internet

500

Instansi

143

42

42

100

91

276

0,552

 

1.25.1.24.01.01.15.09

Pemeliharaan Rutin / Berkala Jaringan dan Perawatannya

Jumlah Koneksi Yang Terpelihara

125

Instansi

27

28

28

100

14

69

0,552

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.26.1.24.01.01.15

Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

Jumlah Pengunjung Perpustakaan

94.230

orang

86.666

3500

2500

71,428571

3500

92.666

0,9834023

 

1.26.1.24.01.01.15.01

Penyediaan Bahan Pustaka Perpustakaan Umum Daerah

Jumlah koleksi buku perpustakaan

42.775

buah

22.775

3000

3000

100

3000

28.775

0,672706

 

1.26.1.24.01.01.15.02

Penyelenggaraan Koordinasi Pengembangan Budaya Baca

Jumlah Pembinaan / Pusling

277

unit

71

26

26

100

60

157

0,566787

 

1.26.1.24.01.01.15.03

Publikasi dan Sosialisasi Minat dan Budaya Baca

Promosi minat baca melalui lomba dan bedah buku

25

event

0

1

1

100

4

5

0,2

 

 

 

  1. Analisis Kinerja Pelayanan Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan

Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan melaksanakan sebagian urusan di bidang kearsipan, sebagian informasi dan Perpustakaan dalam mewujudkan target sasaran menetapkan target rencana tingkat capaian kinerja pelayanan yang menjadi tolok ukur atau patokan penilaian keberhasilan dan kegagalan penyelenggaraan pemerintahan dalam mewujudkan proses perencanaan yang efektif, efisien dan partisipatif serta untuk mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan dalam renstra – Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan Kabupaten Jombang adalah sebagai berikut :

  1. Terlaksananya penginformasian pembangunan melalui website;
  2. Terlaksananya tata kearsipan sesuai aturan perundangan;
  3. Peningkatan SDM Pengelola Kearsipan;
  4. Peningkatan penyediaan koleksi buku;
  5. Peningkatan jumlah kunjungan perpustakaan.

 

Adapun tabel analisis pencapaian kinerja pelayanan Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan adalah sebagai berikut

 

TABEL 3.2

PENCAPAIAN KINERJA PELAYANAN KANTOR ARSIP PDE DAN PERPUSTAKAAN

KABUPATEN JOMBANG

 

URUSAN

NO.

IKK

RUMUS/PERSAMAAN

CAPAIAN KINERJA

KETERANGAN

NO

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

URUSAN WAJIB

 

Komunikasi & Informatika

57

Web site milik pemerintah daerah

 Ada / tidak

ADA

www.jombangkab.go.id

17

 

58

Pameran/expo

 Menunjukkan Jumlah pameran/expo per tahun

2  Kali

Pameran Buku

 

 

76

Penerapan pengelolaan arsip secara baku

Jumlah SKPD yang telah menerapkan arsip secara baku

19

95

%

 

25

Kearsipan

------------------------------------------------------------ x 100 %

 

 

Jumlah  SKPD

63

 

 

77

Kegiatan peningkatan SDM pengelola kearsipan

Menunjukkan jumlah Kegiatan peningkatan SDM   pengelola kearsipan

2 Kegiatan

1. Sosialisasi

 

 

 

 

 

 

2. Bintek

26

Perpustakaan

78

Koleksi buku yang tersedia di perpustakaan daerah

Jumlah koleksi judul buku yg tersedia diperpustakaan daerah

12365

95

%

 

 

 

------------------------------------------------------------ x 100 %

 

 

Jumlah  koleksi jumlah buku yg tersedia di perpustakaan daerah

24640

 

 

79

Pengunjung perpustakaan

Jumlah kunjungan ke perpustakaan selama 1 tahun   

78230

120

%

 

 

 

------------------------------------------------------------ x 100 %

 

 

Jumlah orang dalam populasi yg harus dilayani   

1348199

 

 

  1.  Isu – isu Penting Penyelenggaraan Tugas dan Fungsi Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan.

Kantor Arsip PDE dan Perpustakaan Tahun 2015 dari target/sasaran sebesar 100% yang artinya pelaksanaan kegiatan telah sesuai dengan program didalam anggaran (APBD) dan nilai program berdasarkan Anggaran Berbasis Kinerja, telah terealisasi sebesar 93,58%. Hal itu menunjukkan bahwa PPTK berusaha untuk tidak menggunakan seluruh dana yang tersedia dan melakukan kegiatan se-efesien mungkin. Dalam melakukan kegiatannya, PPTK tidak menggunakan seluruh dana yang tersedia dan berhasil menyisakan anggaran untuk dikembalikan ke kas Negara.  

Namun permasalahan dan hambatan yang dihadapi dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan selama Tahun 2015 adalah :

  1. Website yang sulit di update oleh stakeholder dan Kurang tepatnya alokasi bandwith Internet;
  2. Sedikitnya variasi layanan kearsipan;
  3. Melemahnya keunggulan layanan di perpustakaan;
  4. Terdapatnya peraturan yang tidak berorientasi dan tidak singkron dengan tugas pokok fungsi sangat mempengaruhi kinerja serta Mekanisme perubahan anggaran kas tribulanan yang terlalu lama, sehingga proses waktu penyerapan mengalami kemunduran dari jadwal yang telah ditetapkan;

 

Tantangan dan peluang serta isu – isu strategis yang digunakan sebagai rekomendasi/catatan yang strategis untuk ditindaklanjuti dalam perumusan program dan kegiatan prioritas tahun yang direncanakan guna mewujudkan visi dan misi Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan, yaitu:

1.      Sinkronisasi dan koordinasi terkait keterpaduan perencanaan antara masing-masing seksi dan sub bagian;

2.      Menambahkan jenis layanan kearsipan;

3.      Meneliti kembali jenis jenis layanan unggulan di perpustakaan;

4.      Mencermati aspek yang menjadi kelemahan dalam proses penyerapan anggaran beserta kelengkapan hukumnya;

 

  1.  Review Terhadap Rancangan Awal RKPD

Rancangan awal RKPD merupakan hasil dari proses pelaksanaan perencanaan yang amanatkan di dalam Undang - undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan,Pengendalian, dan Evaluasi Rencana Pembangunan Daerah. Dimana dalam proses perencanaan pembangunan sangat membutuhkan partisipasi dan kerjasama yang baik dari semua masyarakat (stakeholders), instansi vertikal, eksekutif maupun legislatif, sehingga proses perencanaan pembangunan yang dihasilkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik.

Dalam proses perencanaan awal program dan kegiatan RKPD dengan program dan kegiatan yang telah di setujui di dalam pelaksanaan APBD tahun 2017, memang beberapa usulan yang di ajukan di dalam rancangan awal RKPD tidak sama dengan alokasi rencana yang telah ditetapkan. Hal itu, disebabkan karena adanya beberapa perubahan - perubahan mengenai Peraturan - peraturan Perundang - undangan, kebijakan dan arahan baik dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat dalam mewujudkan target dan sasaran pembangunan nasional terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Adapun program dan kegiatan yang dilaksanakan Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan Kabupaten Jombang tahun 2017 guna mendukung target dan sasaran pembangunan khususnya pembangunan di daerah adalah sebagai berikut :

 

TABEL 3.3

REVIEW RANCANGAN AWAL RKPD TAHUN 2017

KABUPATEN JOMBANG

No

 

KEGIATAN

 

Ket

Program / Kegiatan

Lokasi

Indikator Kinerja

Target Capaian

Anggaran

 1

2

3

4

5

6

7

1

Program Pelayanan Administrasi Perkantoran

 

 

 

 

 

 

Penyediaan Jasa Administrasi Teknis Perkantoran

Kabupaten

tersedianya honorarium tenaga kontrak

12 bulan

92.400.000,00

 

 

Penyediaan Pelayanan Administrasi Perkantoran

Kabupaten

tersedianya honorarium pengelola keuangan

12 bulan

532.637.681,00

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

 

Meningkatkan kinerja sarana dan prasarana aparatur

 

 

 

 

Pembangunan Gedung Kantor

Kabupaten

Terlaksananya penambahan bangunan

12 bulan

5.000.000,00

 

 

Pemeliharaan Rutin/ Berkala Kendaraan Dinas Operasional

Kabupaten

terlaksananya service dan perbaikan penggantian suku cadang dan minyak pelumas kendaraan dinas/ operasional roda 4 dan STNK roda 4 serta roda 2.

12 bulan

34.500.000,00

 

 

Pemeliharaan Rutin/ Berkala Perlengkapan Gedung Kantor

Kabupaten

Terlaksananya perawatan perlengkapan gedung kantor berupa perawatan dan suku cadang AC

1 paket

31.000.000,00

 

 

Pemeliharaan Rutin/ Berkala/ Sedang/ Berat Gedung Kantor/ Bangunan Pendukungnya

Kabupaten

Terlaksananya suku cadang pemeliharaan gedung kantor/ bangunan pendukungnya

1 paket

15.075.000,00

 

 

Pemeliharaan Rutin/ Berkala/ Sedang/ Berat Sarana dan Prasarana Gedung Kantor

Kabupaten

terlaksananya pemeliharaan sarana dan prasarana gedung kantor berupa printer, CPU, monitor, laptop, dan komputer server

12 bulan

35.000.004,00

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Program Peningkatan Disiplin Aparatur

 

Tingkat kehadiran PNS

 

 

 

 

Pengadaan Pakaian Khusus Hari-hari Tertentu

Kabupaten

terpenuhinya pengadaan pakaian olah raga dengan rencana capaian 50 stel

1 paket

10.250.000,00

 

 

Pengadaan Pakaian Dinas dan Pakaian Khusus Lainnya

Kabupaten

terpenuhinya pengadaan pakaian kerja untuk tenaga kontrak 14 potong

1 paket

12.450.000,00

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Program Perencanaan Strategis dan Pelaporan Capaian Kinerja serta Keuangan SKPD

 

Meningkatkan konsistensi perencanaan dan penganggaran program SKPD

 

 

 

 

Penyusunan Laporan Keuangan SKPD

Kabupaten

Tersusunnya laporan keuangan SKPD

1 paket

4.760.000,00

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

 

Jumlah pengunjung perpustakaan

 

 

 

 

Penyediaan Bahan Pustaka Perpustakaan Umum Daerah

Kabupaten

Tersedianya bahan pustaka perpustakaan umum daerah

1 paket

210.000.000,00

 

 

Penyelenggaraan Koordinasi Pengembangan Budaya Baca

Kabupaten

Terlaksananya pelayanan perpustakaan keliling ke desa-desa dan sekolah

12 bulan

79.200.000,00

 

 

 

 

 

 

 

 

6

Program Penyelamatan dan Pelestarian Dokumen/ Arsip daerah

 

Jumlah instansi yang telah menerapkan pengelolaan kearsipan secara baku

 

 

 

 

Pengadaan Sarana Pengolahan dan Penyimpanan Arsip

Kabupaten

Tersedianya sarana/ peralatan pemilahan dan fumigasi arsip

2 paket

27.620.600,00

 

 

Pendataan dan Penataan Dokumen/ Arsip Daerah

Kabupaten

tersedianya honor lembur, pencetakan arsip, form cetakan sarana arsip dan perjalanan dinas pembinaan arsip

12 bulan

103.294.000,00

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Program Peningkatan Jaringan Informasi dan Komunikasi

 

Peningkatan jumlah instansi terkoneksi internet

 

 

 

 

Pembinaan dan pengembangan jaringan komunikasi dan informasi

Kabupaten

Tersedianya pelaksana peningkatan dan pengembangan jaringan komputer

1 paket

245.709.300,00

 

 

Pemeliharaan rutin / berkala jaringan dan peralatan

Kabupaten

Terlaksananya pemeliharaan rutin/ berkala jaringan dan perawatannya

1 paket

1.113.501.700,00

 

 

 

  1.  Penelaahan Usulan Program dan Kegiatan Masyarakat

Usulan program dan kegiatan yang dilaksanakan Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan  Kabupaten Jombang pada tahun 2017, merupakan hasil dari proses perencanaan pembangunan dari tingkat desa (musrenbangdes) sampai dengan tingkat kabupaten (musrenbang kabupaten), yang berdoman pada RPJMD Kabupaten Jombang tahun 2013 - 2018 dan Renstra Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan  tahun 2013 - 2018 yang memuat tentang kebijakan, program dan kegiatan pembangunan baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah daerah maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat.

Selanjutnya dari semua usulan program/kegiatan hasil musrenbang tersebut dipilih dengan memperhatikan prioritas pembangunan dan kesesuaian dengan tugas pokok dan fungsi Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan , Renstra serta isu – isu strategis yang sedang terjadi di masyarakat. Hasil usulan musrenbang tersebut digunakan sebagai bahan untuk menyusun rancangan renja SKPD   yang nantinya rancangan Renja tersebut dibahas dalam forum SKPD yang dikoordinasi oleh Bappeda. Tujuan dari pembahasan rancangan Renja adalah sinkronisasi dan penyelarasan program dan kegiatan serta  penajaman indikator dan target kinerja program dan kegiatan sebagai upaya dalam mensinergikan pelaksanaan dan optimalisasi pencapaian sasaran pembangunan nasional, provinsi maupun daerah sesuai dengan tugas dan fungsi Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan .

Berdasarkan pemilahan dan pembahasan forum SKPD dan juga berpedoman pada RKPD Kabupaten Jombang Tahun 2015, maka ditetapkan Renja Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan  Kabupaten Jombang tahun 2017 adalah sebagai berikut :

 

No

Program / Kegiatan

Lokasi

Indikator Kinerja

Target Capaian

Anggaran

1

2

3

4

5

6

1

Program Pelayanan Administrasi Perkantoran

 

 

 

 

 

Penyediaan Jasa Administrasi Teknis Perkantoran

Kabupaten

tersedianya honorarium tenaga kontrak

12 bulan

92.400.000,00

 

Penyediaan Pelayanan Administrasi Perkantoran

Kabupaten

tersedianya honorarium pengelola keuangan

12 bulan

532.637.681,00

 

 

 

 

 

 

2

Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

 

Meningkatkan kinerja sarana dan prasarana aparatur

 

 

 

Pembangunan Gedung Kantor

Kabupaten

Terlaksananya penambahan bangunan

12 bulan

5.000.000,00

 

Pemeliharaan Rutin/ Berkala Kendaraan Dinas Operasional

Kabupaten

terlaksananya service dan perbaikan penggantian suku cadang dan minyak pelumas kendaraan dinas/ operasional roda 4 dan STNK roda 4 serta roda 2.

12 bulan

34.500.000,00

 

Pemeliharaan Rutin/ Berkala Perlengkapan Gedung Kantor

Kabupaten

Terlaksananya perawatan perlengkapan gedung kantor berupa perawatan dan suku cadang AC

1 paket

31.000.000,00

 

Pemeliharaan Rutin/ Berkala/ Sedang/ Berat Gedung Kantor/ Bangunan Pendukungnya

Kabupaten

Terlaksananya suku cadang pemeliharaan gedung kantor/ bangunan pendukungnya

1 paket

15.075.000,00

 

Pemeliharaan Rutin/ Berkala/ Sedang/ Berat Sarana dan Prasarana Gedung Kantor

Kabupaten

terlaksananya pemeliharaan sarana dan prasarana gedung kantor berupa printer, CPU, monitor, laptop, dan komputer server

12 bulan

35.000.004,00

 

 

 

 

 

 

3

Program Peningkatan Disiplin Aparatur

 

Tingkat kehadiran PNS

 

 

 

Pengadaan Pakaian Khusus Hari-hari Tertentu

Kabupaten

terpenuhinya pengadaan pakaian olah raga dengan rencana capaian 50 stel

1 paket

10.250.000,00

 

Pengadaan Pakaian Dinas dan Pakaian Khusus Lainnya

Kabupaten

terpenuhinya pengadaan pakaian kerja untuk tenaga kontrak 14 potong

1 paket

12.450.000,00

 

 

 

 

 

 

4

Program Perencanaan Strategis dan Pelaporan Capaian Kinerja serta Keuangan SKPD

 

Meningkatkan konsistensi perencanaan dan penganggaran program SKPD

 

 

 

Penyusunan Laporan Keuangan SKPD

Kabupaten

Tersusunnya laporan keuangan SKPD

1 paket

4.760.000,00

 

 

 

 

 

 

5

Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

 

Jumlah pengunjung perpustakaan

 

 

 

Penyediaan Bahan Pustaka Perpustakaan Umum Daerah

Kabupaten

Tersedianya bahan pustaka perpustakaan umum daerah

1 paket

210.000.000,00

 

Penyelenggaraan Koordinasi Pengembangan Budaya Baca

Kabupaten

Terlaksananya pelayanan perpustakaan keliling ke desa-desa dan sekolah

12 bulan

79.200.000,00

 

 

 

 

 

 

6

Program Penyelamatan dan Pelestarian Dokumen/ Arsip daerah

 

Jumlah instansi yang telah menerapkan pengelolaan kearsipan secara baku

 

 

 

Pengadaan Sarana Pengolahan dan Penyimpanan Arsip

Kabupaten

Tersedianya sarana/ peralatan pemilahan dan fumigasi arsip

2 paket

27.620.600,00

 

Pendataan dan Penataan Dokumen/ Arsip Daerah

Kabupaten

tersedianya honor lembur, pencetakan arsip, form cetakan sarana arsip dan perjalanan dinas pembinaan arsip

12 bulan

103.294.000,00

 

 

 

 

 

 

7

Program Peningkatan Jaringan Informasi dan Komunikasi

 

Peningkatan jumlah instansi terkoneksi internet

 

 

 

Pembinaan dan pengembangan jaringan komunikasi dan informasi

Kabupaten

Tersedianya pelaksana peningkatan dan pengembangan jaringan komputer

1 paket

245.709.300,00

 

Pemeliharaan rutin / berkala jaringan dan peralatan

Kabupaten

Terlaksananya pemeliharaan rutin/ berkala jaringan dan perawatannya

1 paket

1.113.501.700,00

 

 

BAB IV

TUJUAN, SASARAN, PROGRAM DAN KEGIATAN

 

4.1 Telaahan Terhadap Kebijakan Nasional

Dalam Undang undang No.43  tahun 2009 tentang Kearsipan, pasal 1 butir 29 dan 30 disebutkan bahwa Sistim Informasi Kearsipan Nasional menggunakan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional yang disebut  SIKN dan JIKN.

SIKN dan JIKN merupakan arah kebijakan dibidang kearsipan sebagai tuntutan kemajuan tehnologi yang diharapkan sistim ini dilaksanakan oleh semua kabupaten. Adapun Provinsi Jawa Timur dengan Motto “Jawa Timur Gemar Membaca dan Tertib Kearsipan“ mempunyai program meningkatkan kapasitas pencipta arsip dalam rangka tertib kearsipan.

Visi ANRI adalah Arsip sebagai simpul pemersatu bangsa oleh karena itu Seksi Pengelola Kearsipan memprioritaskan kegiatan pelestarian dokumen dan arsip daerah melalui tertib sarana dan prasarana serta penataan dan pendataan arsip daerah.

Arah dan kebijakan Nasional dibidang Perpustakaan adalah adanya Perpustakaan Digital Nasional Indonesia atau yang disebut E.Library, meningkatkan akses layanan Perpustakaan dan pemerataan pelayanan perpustakaan di daerah terpencil. Kantor Arsip, PDE & Perpustakaan sudah menggunakan Otomasi Perpustakaan yang diakses hanya untuk dilingkungan Perpustakaan karena masih terbatasnya sarana prasarana, sedangkan kegiatan perpustakaan diutamakan pada penyediaan bahan pustaka, pengembangan budaya baca dalam bentuk perpustakaan keliling, peningkatan minat budaya baca melalui lomba – lomba yang berkaitan dengan literasi.

Sedangkan program kebijakan nasional tentang informasi adalah berdasarkan SPM Kominfo untuk mengkoneksikan seluruh desa yang ada di Indonesia.

 

4.2  Tujuan dan Sasaran Renja Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan

4.2.1 Tujuan

Tujuan adalah sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan dalam  jangka waktu tertentu. Untuk  mencapai visi dan misi Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan Kabupaten Jombang yang telah dirumuskan, maka tujuan yang ingin dicapai  dari  Rencana Kerja (Renja) Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan  tahun 2017 adalah sebagai berikut :

1.   Terwujudnya arsip di Kabupaten Jombang yang dapat sebagai perekat simpul tata kelola pemerintahan.

2.  Terwujudnya perpustakaan di Kabupaten Jombang sebagai salah sarana untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Jombang yang pada akhirnya dapat meningkatkan kompetensi.

3.  Terkoneksi seluruh desa di Kabupaten Jombang melalui publikasi berita dari masing-masing Desa (Institusi Pemerintah).

 

4.2.2 Sasaran

Sasaran adalah hasil yang akan dicapai  secara nyata  dalam rumusan  yang lebih spesifik dan terukur. Adapun sasaran yang ingin dicapai dalam Renja ini adalah :

1.   Meningkatnya layanan kearsipan di segi pendataan dan penyimpanan.

2.  Tersedianya arsip yang berkualitas bagi keperluan pembangunan.

3.  Tersedianya literasi berkualitas.

4.  Tersedianya prasarana yang efektif dan efisien untuk publikasi masing masing institusi pemerintah.

5.  Peningkatan sarana dan prasarana Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan

 

4.3 Program dan Kegiatan

  1. . Faktor – Faktor Rumusan Program dan Kegiatan

Program dan kegiatan Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan Tahun 2017 dalam upaya mencapai visi dan misi RPJMD 2013 – 2018, pencapaian SPM Kominfo dan pelaksanaan urusan wajib pemerintahan bidang Perpustakaan dan Kearsipan yaitu :

1.  Mewujudkan pemerintahan yang baik melalui penyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik, penyediaan jasa pemeliharaan dan perizinan kendaraan dinas/operasional, penyediaan jasa administrasi keuangan, penyediaan jasa kebersihan kantor, penyediaan alat tulis kantor, penyediaan barang cetakan dan penggandaan, penyediaan komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor, penyediaan bahan bacaan dan peraturan perundang – undangan, penyediaan logistik kantor, penyediaan makanan dan minuman, rapat – rapat koordinasi dan konsultasi ke luar daerah, pengadaan peralatan gedung kantor, pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas/operasional, pemeliharaan rutin/berkala peralatan gedung kantor, pemeliharaan rutin/berkala mebeleur, pengadaan mebeleur, pengadaan mebeleur, pengadaan pakaian khusus hari – hari tertentu serta peningkatan kapasitas melalui bimbingan teknis.

2.  Menyelamatkan dan melestarikan arsip daerah dengan mengumpulkan dan melaksanakan pendataan arsip instansi serta melakukan perawatan dengan meningkatkan sarana dan prasarananya.

3.  Meningkatkan budaya baca dengan pemenuhan bahan literasi perpustakaan umum dan pembinaan terhadap perpustakaan serta melaksanakan perpustakaan keliling dan melaksanakan lomba-lomba.

4.  Menyediakan sarana yang efektif dan efisien untuk pemenuhan SPM Kominfo.

 

  1.  

Program dan kegiatan yang akan dilaksanakan Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan Tahun 2017 adalah sebagai berikut :

1.    Program Pelayanan Administrasi Perkantoran

a.  Penyediaan Jasa Administrasi Teknis Perkantoran

Input                               :   Rp. 92.400.000,00

Output                            :   tersedianya honorarium tenaga kontrak

Outcome                        :   yang diharapkan adalah memperlancar pelaksanaan tugas Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan

b.  Penyediaan Pelayanan Administrasi Keuangan

Input                               :   Rp. 78.300.000,00

Output                            :   berupa tersedianya honor Pengelola Keuangan dengan rencana pencapaian 12 bulan dan hasil

Outcome                        :   terciptanya akuntabilitas dan efisiensi kinerja.

 

2.    Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

a.  Pembangunan gedung kantor

Input                               :   Rp. 5.000.000,00

Output                            :   terlaksananya penambahan bangunan  

      Outcome                        :   yang diharapkan adalah bertambahnya tingkat kenyamanan pelayanan

b.  Pemeliharaan Rutin/ Berkala Kendaraan Dinas Operasional

Input                               :   Rp.34.500.000,-

Output                            :   terlaksananya service dan perbaikan penggantian suku cadang dan minyak pelumas dan STNK kendaraan dinas/ operasional dengan rencana pencapaian 12 bulan dengan hasil

Outcome                        :   yang diharapkan adalah memperpanjang nilai guna kendaraan dengan tingkat capaian 90%  

 

c. Pemeliharaan Rutin/ Berkala/ Sedang/ Berat Sarana dan Prasarana Gedung Kantor

Input                               :   Rp. 35.000.000,00

Output                            :   terlaksananya pemeliharaan sarana dan prasarana gedung kantor berupa printer, CPU, monitor, laptop dan komputer server dengan rencana pencapaian 90%

Outcome                        :   yang diharapkan adalah kelancaran kinerja perkantoran

 

d. Pemeliharaan Rutin/ Berkala/ Sedang/ Berat Gedung Kantor dan Bangunan Pendukungnya

Input                               :   Rp.15.075.000,-

Output                            :   terlaksananya suku cadang pemeliharaan gedung kantor dan bangunan pendukungnya dengan rencana pencapaian 90% 

Outcome                        :   yang diharapkan adalah terciptanya keindahan dan kenyamanan pemakaian gedung kantor dan menambah umur ekonomis pemakaian gedung kantor

 

e.  / Berkala Perlengkapan Gedung Kantor

Input                               :   Rp.31.000.000,-

Output                            :   terlaksananya perawatan perlengkapan gedung kantor berupa perawatan dan suku cadang AC dengan rencana pencapaian 90%

Outcome                        :   yang diharapkan meningkatnya kelancaran dan kenyamanan pelaksanaan tugas

 

3.    Disiplin Aparatur

a.  Pengadaan Pakaian Dinas dan Pakaian Khusus Lainnya

Input                               :   Rp.12.450.000,-

Output                            :   terlaksananya pengadaan pakaian kerja

Outcome                        :   yang diharapkan terciptanya kedisiplinan pegawai dengan rencana capaian 100% 

 

b.  Pengadaan Pakaian Khusus Hari-hari Tertentu

Input                               :   Rp 10.250.000,-

Output                            :   terpenuhinya pengadaan pakaian olah raga dengan rencana capaian 50 stel

Outcome                        :   yang diharapkan terciptanya keseragaman bagi karyawan/ karyawati Kantor Arsip, PDE dan Perpustakaan dengan rencana capaian 100%

 

4.    Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

a.  Penyediaan Bahan Pustaka Perpustakaan Umum Daerah

Input                               :   Rp.210.000.000,-

Output                            :   tersedianya bahan pustaka perpustakaan umum daerah

Outcome                        :   yang diharapkan terpenuhinya pelayanan perpustakaan dengan rencana capaian 90%                                                                                                                                                                                              

b.  Penyelenggaraan Koordinasi Pengembangan Budaya Baca

Input                               :   Rp.79.200.000,-

Output                            :   terlaksananya pelayanan perpustakaan keliling ke desa-desa dan sekolah

Outcome                        :   yang diharapkan memperlancar pelaksanaan pembinaan perpustakaan dengan capaian 90%

 

5.    Komunikasi, Informasi dan Media Massa

a.  Pembinaan dan Pengembangan Jaringan Komunikasi dan Informasi 

Pembinaan dan Pengembangan Jaringan Komunikasi dan Informasi dimaksudkan untuk pembangunan Jaringan Komputer.

Input                               :   Rp. 245.709.300,-

Output                            :   menambah 21 titik koneksi jaringan komputer

Outcome                        :   yang diharapkan adalah untuk mempercepat akses masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan di kabupaten jombang dan 

 

b.  Pemeliharaan Rutin/ Bberkala Jaringan dan Peralatannya

Pemeliharaan rutin/ berkala jaringan dan peralatannya dimaksudkan untuk penyediaan suku cadang pemeliharaan jaringan komputer.

Input                               :  

Output                            :   terpeliharanya jaringan dan komputer yang telah terbangun di beberapa SKPD dan hasil

Outcome                        :   yang diharapkan adalah kelancaran jalur koneksi jaringan komputer

Realisasi                        :   Rp.383.146.030,- (91,70%).

 

6.    Program Penyelamatan dan Pelestarian Dokumen/Arsip Daerah

a.  Pengadaan Sarana Pengolahan dan Penyimpanan Arsip

Pengadaan sarana pengolahan dan penyimpanan arsip dimaksudkan untuk mempermudah penemuan kembali arsip.

Input                               :   Rp.65.000.000,-

Output                            :   terwujudnya pengadaan fumigasi  2 x dalam setahun  (bulan Juni dan Nopember) dengan rencana capaian 80 %  dan hasil

Outcome                        :   yang diharapkan terhindarnya arsip–arsip dari kerusakan akibat jamur dan binatang dan

Realisasi                        :   Rp.62.554.200,- (96,24%).

 

b.  Pendataan dan Penataan Dokomen Arsip Daerah

Pendataan dan penataan dokumen arsip daerah dimaksudkan untuk meningkatnya penataan arsip.

Input                               :   Rp.77.136.000,-

Output                            :   tersedianya honor lembur, honor panitia pelaksana kegiatan (honor tim pemilah arsip), cetakan sarana arsip (kartu kendali, lembar disposisi) serta perjalanan dinas pembinaan arsip (esl. IV dan gol III) dengan rencana capaian 12 bulan dan hasil

Outcome                        :   yang diharapkan meningkatnya penataan arsip dan

Realisasi                        :   Rp.74.696.500, - (96,84%).

 

 

 

BAB V

KELOMPOK SASARAN DAN INDIKATOR KINERJA

YANG MENGGAMBARKAN PENCAPAIAN RENSTRA SKPD

 

  1. Sasaran Program 2017

5.1.1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran Kegiatan sebagai berikut :

a. Penyediaan Jasa Administrasi Teknis Perkantoran, sasaran yang diharapkan adalah menyediakan honor tetap bagi tenaga kontrak untuk 14 orang.

b. Penyediaan Pelayanan Administrasi Keuangan, sasaran yang diharapkan adalah mengelola honor keuangan  SKPD.

 

  1. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur Kegiatan sebagai berikut:

a. Pembangunan Gedung Kantor, sasaran yang diharapkan adalah terbangunnya tempat parkir roda dua, roda empat.

b. Pengadaan Perlengkapan Gedung Kantor, sasaran yang diharapkan adalah menyediakan program penghitung kunjungan perpustakaan dan perlengkapan pelayanan.

c. Pemeliharaan Rutin/Berkala Gedung Kantor, sasaran yang diharapkan adalah merawat gedung kantor.

d. Pemeliharaan Rutin/Berkala Kendaraan Dinas/Operasional, sasaran yang diharapkan adalah menyediakan jasa perbaikan, suku cadang dan minyak pelumas untuk 4 kendaraan.

e. Pemeliharaan Rutin/Berkala Perlengkapan Gedung Kantor, sasaran yang diharapkan adalah menyediakan suku cadang perlengkapan kantor.

f.  Pemeliharaan Rutin/Berkala Peralatan Gedung Kantor, sasaran yang diharapkan adalah mengganti suku cadang peralatan gedung kantor.

g. Pemeliharaan Rutin/Berkala Mebeleur, sasaran yang diharapkan adalah merawat mebeleur kantor.

 

5.1.3. Program Peningkatan Disiplin Aparatur

a.  Pengadaan Pakaian Kerja Lapangan, sasaran yang diharapkan adalah menyediakan pakaian harian 14 tenaga outsourcing.

b.  Pengadaan Pakaian Khusus Hari-Hari Tertentu, sasaran yang diharapkan adalah menyediakan 50 stel pakaian olahraga.

 

5.1.4. Program Perencanaan Strategis dan Pelaporan Capaian Kinerja serta Keuangan SKPD

Penyusunan laporan keuangan SKPD, capaian yang diharapkan adalah tersedianya laporan keuangan SKPD yang akuntabel.

 

 

5.1.5. Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

a.   Penyediaan Bahan Pustaka Perpustakaan Umum Daerah, sasaran yang diharapkan adalah tersedianya bahan bacaan di perpustakaan daerah.

b.   Penyelenggaraan Koordinasi Pengembangan Budaya Baca, sasaran yang diharapkan adalah terlayaninya para pembaca yang jauh dari perpustakaan daerah dan terwujudnya studi banding ke luar Kabupaten oleh Musyawarah Pustakawan Kabupaten.

c.   Publikasi dan Sosialisasi Minat dan Budaya Baca, sasaran yang diharapkan adalah meningkatnya pembaca aktif di Perpustakaan.

 

5.1.6. Program Pengembangan Komunikasi, Informasi dan Media Masa

a.   Pembinaan dan Pengembangan Jaringan Komunikasi Dan Informasi, sasaran yang diharapkan adalah memperbaharui website, melakukan bintek kepada operator.

b.   Pemeliharaan Rutin/Berkala Jaringan dan Peralatannya, sasaran yang diharapkan adalah menyediakan suku cadang pemeliharaan jaringan, monitoring dan evaluasi serta menyediakan server, komputer, meja kursi dan kipas angin.

 

5.1.7. Program Penyelamatan dan Pelestarian Dokumen/Arsip Daerah

a. Pengadaan Sarana Pengolahan dan Penyimpanan Arsip, sasaran yang diharapkan adalah menyediakan sarana pengelolaan arsip, melakukan fumigasi.

b. Pendataan dan Penataan Dokumen/Arsip Daerah, sasaran yang diharapkan adalah menyediakan honor pemilah, monitoring dan evaluasi kearsipan ke desa desa.

 

  1. Indikator Kinerja

Indikator kinerja terukur yang diharapkan yang ingin dicapai atas kegiatan-kegiatan yang direncanakan oleh Kantor Arsip PDE dan Perpustakaan Kabupaten Jombang pada Tahun Anggaran 2017 adalah sebagai berikut :

5.2.1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran Kegiatan, sebagai

           berikut :

a.Penyediaan Jasa Administrasi Teknis Perkantoran, capaian yang diharapkan adalah tersedianya honor tetap bagi tenaga kontrak.

b. Penyediaan Pelayanan Administrasi Keuangan, capaian yang diharapkan adalah tersedianya honor pengelola keuangan SKPD.

 

5.2.2. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur Kegiatan,

           sebagai berikut:

a.Pembangunan Gedung Kantor, capaian yang diharapkan adalah terwujudnya rasa aman, nyaman bagi masyarakat.

b.Pengadaan Perlengkapan Gedung Kantor, capaian yang diharapkan adalah terwujudnya jumlah kunjungan perpustakaan secara cepat akurat dan efisien.

c. Pemeliharaan Rutin/Berkala Gedung Kantor, capaian yang diharapkan adalah terawatnya gedung kantor dan menambah usia pemakaian.

d. Pemeliharaan Rutin/Berkala Kendaraan Dinas/Operasional, capaian yang diharapkan adalah tersedianya jasa perbaikan, suku cadang, dan minyak pelumas untuk 4 unit kendaraan.

e. Pemeliharaan Rutin/Berkala Perlengkapan Gedung Kantor, capaian yang diharapkan adalah terawatnya pendingin ruangan dan terawatnya barang non kendaraan.

f.  Pemeliharaan Rutin/Berkala Peralatan Gedung Kantor, capaian yang diharapkan adalah terawatnya peralatan sarana dan prasarana bekerja (komputer, printer dll).

g. Pemeliharaan Rutin/Berkala Mebeleur, capaian yang diharapkan adalah merawat mebeleur kantor.

 

5.2.3. Program Peningkatan Disiplin Aparatur

a. Pengadaan Pakaian Kerja Lapangan, capaian yang diharapkan adalah tersedianya pakaian harian untuk 14 tenaga outsourcing.

b. Pengadaan Pakaian Khusus Hari-Hari Tertentu, capaian yang diharapkan adalah tersedianya 50 Stel pakain olahraga.

 

5.2.4. Program Perencanaan Strategis dan Pelaporan Capaian Kinerja serta Keuangan SKPD

Penyusunan laporan keuangan SKPD, capaian yang diharapkan adalah tersedianya laporan keuangan SKPD yang akuntabel.

 

5.2.5. Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

a. Penyediaan Bahan Pustaka Perpustakaan Umum Daerah, capaian yang diharapkan adalah tersedianya buku bacaan perpustakaan daerah dan lembur PNS

b. Penyelenggaraan Koordinasi Pengembangan Budaya Baca, capaian yang diharapkan adalah terlaksananya Perpustakaan Keliling dan studi banding Musyawarah Pustakawan Kabupaten.

 

5.2.6. Program Pengembangan Komunikasi, Informasi dan Media Massa

a. Pembinaan dan Pengembangan Jaringan Komunikasi dan Informasi, capaian yang diharapkan adalah terwujudnya desain web jombangkab dan terlaksananya bintek.

b. Pemeliharaan Rutin/Berkala Jaringan dan Peralatannya, capaian yang diharapkan adalah tersedianya server dan komputer untuk pelaksanaan bintek serta terwujudnya jaringan internet yang cepat.

 

5.2.7. Program Penyelamatan dan Pelestarian Dokumen/Arsip daerah

a. Pengadaan Sarana Pengolahan dan Penyimpanan Arsip, capaian yang diharapkan adalah tersedianya sarana pengolahan arsip dan terlaksananya fumigasi.

b. Pendataan dan Penataan Dokumen/Arsip Daerah, capaian yang diharapkan adalah menyediakan honor pemilah dan terlaksananya monitoring dan evaluasi.

 

 

 

 

BAB VI

PENUTUP

 

Rencana Kerja Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Kabupaten Jombang Tahun 2017 merupakan dokumen untuk perencanaan pelaksanaan kegiatan tahunan yang di dalamnya memuat program kerja SKPD yang didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang bersumber dari Dana Alokasi Umum ( DAU ).

 

Keberhasilan pelaksanaan kegiatan sangat tergantung dari faktor eksternal dan faktor internal yaitu keterlibatan semua unsur pimpinan dan staf di lingkup Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Kabupaten Jombang yang menjawab peluang dan kesempatan yang ada, agar dapat meminimalisir permasalahan yang muncul sebagai tantangan dan hambatan di masa mendatang.

 

Sangat disadari bahwa Rencana Kerja Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Kabupaten Jombang tahun 2017 bukanlah dokumen yang sangat sempurna namun dengan acuan dan panduan ini diharapkan dapat mempu mengimplemantasikan kebutuhan dan harapan masyarakat lewat pelayanan maupun penyediaan fasilitas yang memadai dan siap diakses.

 

Semoga Rencana Kerja ini dapat memberikan gambaran yang kongkrit bagi para pihak yang berkepentingan, kami mohon saran dan kritik demi kesempurnaannya.

 

 

                                                                                KEPALA KANTOR

                                                               ARSIP, PDE DAN PERPUSTAKAAN

                                                                                KAB. JOMBANG

 

 

 

                                                    MUHAMMAD TAUFIQ, SH. MH

                                                    Pembina Tk.I

                                                                               NIP. 196810241994031004

 

KAPDEP