Kantor - Arsip PDE dan Perpustakaan - Program Kerja

PROGRAM KERJA

KANTOR ARSIP PDE DAN PERPUSTAKAAN

TAHUN ANGGARAN 2016

  1. Program pengkajian dan penelitian bidang Komunikasi dan Informasi - Pengkajian dan Penelitian Komunikasi dan Informasi
  2. Program Penyelamatan dan Pelestarian Dokumentasi/Arsip Daerah - Pengadaan sarana pengolahan dan penyimpanan arsip - Pendataan dan penataan dokumen/arsip daerah
  3. Program Fasilitasi peningkatan SDM bidang komunikasi dan informasi - Pelatihan SDM dalam bidang komunikasi dan informasi
  4. Program kerjasama informasi dan media massa - Penyebarluasan informasi dan media massa
  5. Program peningkatan kualitas pelayanan informasi - Sosialisasi/penyuluhan kearsipan di lingkungan instansi pemerintah/swasta

 

PERENCANAAN KINERJA

(PROGRAM KERJA)

 

A. Rencana Strategis

Kegiatan Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Kabupaten Jombang  Tahun 2016 secara umum untuk mencapai sasaran antara lain:

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan.
  2. Meningkatkan kemampuan jaringan komputer.
  3. Meningkatkan sistem pengelolaan menejemen kearsipan daerah  dengan sasaran tersebut di atas dimaksudkan untuk mencapai Visi dan Misi.

Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan sebagai berikut:

1. Visi

Visi yang berkaitan dengan pandangan ke depan dan menyangkut kemana instansi pemerintah harus dibawa dan diarahkan agar dapat berkarya secara konsisten dan preventif, maka Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Kabupaten Jombang menetapkan Visi sebagai berikut:

”Terwujudnya Layanan Publik Kearsipan Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Berbasis TIK tahun 2015 dalam Mewujudkan Jombang Sejahtera untuk Semua”

Yang dimaksud dengan Layanan Publik adalah :

Layanan adalah kegiatan untuk memberi bantuan/melayani/memberi petunjuk.

Publik adalah masyarakat umum baik dari kalangan  bawah sampai dengan kalangan atas, jadi Layanan Publik merupakan Sirkulasi Sistem pelayanan.

 

2. Misi

Misi adalah Rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan Visi.

Dalam mewujudkan Visi Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Kabupaten Jombang Tahun 2014-2018 maka ditetapkanlah Misi adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan menejemen pengolahan arsip yang berkualitas untuk penyelamatan dan pelestarian arsip yang bernilai guna.
  2. Mengembangkan Infrastruktur, Aplikasi dan Pusat Data terpadu berbasis TIK secara efektif, efisien dan handal.
  3. Meningkatkan pemahaman mengenai manfaat sistem aplikasi dan program Tehnologi Informatika dalam menyelenggarakan tugas administrasi perkantoran dan tertib kearsipan.
  4. Meningkatkan sumber daya manusia untuk menunjang layanan publik yang berkualitas dan berbasis TIK.

 

3. Tujuan dan Sasaran

Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Kabupaten Jombang untuk tahun 2015 menetapkan tujuan dengan rumusan sebagai berikut:

  1. Tujuan yang ingin dicapai dalam upaya mewujudkan Misi A.2.1, Meningkatkan manejemen pengolahan arsip yang berkualitas untuk penyelamatan dan pelestarian arsip yang bernilai guna adalah ”Mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas di bidang Kearsipan, Program Penyelamatan dan Pelestarian Dokumen/ Arsip Daerah”.
  2. Tujuan yang ingin dicapai dalam upaya mewujudkan Misi A.2.2, Mengembangkan infrastruktur, aplikasi dan pusat dan terpadu berbasis TIK secara efektif, efisien dan handal adalah ”Mewujudkan sistem kerja yang lebih efektif dan efisien berbasis TIK yang didukung oleh Sumber Daya Manusia  (SDM) yang memadai.
  3. Tujuan yang ingin dicapai dalam upaya mewujudkan Misi A.2.3,    Meningkatkan pemahaman mengenai manfaat sistem aplikasi dan program Tehnologi Informatika dalam menyelenggarakan tugas administrasi perkantoran dan tertib kearsipan adalah ”Mewujudkan pemahaman dalam penyampaian informasi dan penyediaan data  melalui program Tehnologi Informatika”.
  4. Tujuan yang ingin dicapai dalam upaya mewujudkan Misi A.2.4, Meningkatkan sumber daya manusia untuk menunjang layanan publik yang berkualitas dan berbasis TIK adalah ”Meningkatkan Pengetahuan dan  ketrampilan  aparatur akan pentingnya layanan publik yang berkualitas dan berbasis TIK”.   

 

Dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Kabupaten Jombang dalam Tahun 2015 , menetapkan sasaran-sasaran sebagai berikut:

Untuk mewujudkan tujuan dari Misi 1: Mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas di bidang kearsipan, Program Penyelamatan dan Pelestarian Dokumen/ Arsip Daerah ditetapkan sasaran sebagai berikut:  sumber daya manusia Aparatur memahami pentingnya pengolahan dan penyimpanan arsip  penataan dan pendataan arsip.

Untuk mewujudkan tujuan dari Misi 2: Mewujudkan sistem kerja yang lebih efektif dan efisien berbasis TIK yang didukung oleh Sumber Daya Manusia  (SDM) yang memadai ditetapkan sasaran sebagai berikut: terpenuhinya  jaringan internet dan CCTV.

Untuk mewujudkan tujuan dari Misi 3: Mewujudkan pemahaman dalam penyampaian informasi dan penyediaan data melalui program Tehnologi Informatika ditetapkan sasaran sebagai berikut: sumber daya manusia aparatur memahami akan pentingnya penyampaian informasi melaui Tehnologi Informatika. 

Untuk mewujudkan tujuan dari Misi 4:  Meningkatkan Pengetahuan dan ketrampilan  aparatur akan pentingnya layanan publik yang berkualitas dan berbasis TIK  ditetapkan  sasaran sebagai berikut: tersedianya dan berfungsinya sumber daya manusia sebagai penunjang kebutuhan layanan.

 

4. Cara Pencapaian Tujuan dan Sasaran

Tujuan merupakan kondisi yang ingin diwujudkan oleh Kantor  Arsip, PDE dan Perpustakaan pada lima tahun mendatang, dimana tujuan tersebut selaras dengan visi dan misi. Perumusan tujuan menggambarkan hasil-hasil serta manfaat yang akan diberikan kepada masyarakat. Dengan berdasarkan pada hasil analisis lingkungan internal dan eksternal, maka tujuan strategis LAKIP dirumuskan sebagai berikut :

Pertama

Mengurangi dan mencegah penyimpangan dalam pengadaan barang.

Kedua

Mewujudkan efektivitas kinerja dan efisiensi anggaran negara dibelanjakan melalui pengadaan barang/ jasa;

 

Ketiga

Meningkatkan kapasitas SDM pengelola pengadaan barang pemerintah yang profesional dan bermartabat;

Keempat

Mewujudkan kebijakan nasional pengadaan barang/ jasa yang kondusif dan komprehensif; dan

Kelima

Meningkatkan kapasitas organisasi LKPP.

 

B. Rencana Kinerja Tahun 2016

Rencana kerja merupakan penjabaran dari kebijakan dan Program yang ditetapkan pada Visi Pemerintah Kabupaten Jombang yaitu terwujudnya masyarakat Jombang yang sejahtera, agamis dan berdaya saing berbasis agrobisnis dan mewujudkan  Misi  yang Pertama yaitu:

Mewujudkan pemerintahan yang baik yaitu mengandung makna penyempurnaan struktur kelembagaan pemerintah daerah yang dititikberatkan pada proses penataan struktur organisasi agar dapat menjalankan fungsi-fungsi tugas yang diamanatkan peraturan perundang-undangan dalam rangka mewujudkan pemerintah daerah yang profesional, efektif, berkompetensi tinggi serta tanggap terhadap tugas pokok dan fungsinya dalam pelayanan publik.

 

1.  Sasaran Kinerja

Berdasarkan sasaran yang ditetapkan dalam Rencana Kinerja Tahun 2015, Kantor Arsip, Pengolah Data Elektronik dan Perpustakaan Kabupaten Jombang memiliki jenis Program dan Kegiatan antara lain :

 

  1. Penyediaan Bahan Pustaka Perpustakaan Umum Daerah

 

Sasaran Strategis

Indikator Kinerja

Uraian Kegiatan

Target

1

2

3

4

Penyediaan bahan pustaka perpustakaan umum daerah

Tersedianya bahan buku pustaka perpustakaan umum daerah, lembur, perlengkapan perpustakaan

Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan :

1.Penyediaan Bahan Pustaka Perpustakaan Umum Daerah

2.Penyelenggaraan Koordinasi Pengembangan Budaya Baca

3.Peningkatan Minat dan Budaya Baca Masyarakat

96%

 

Diarahkan untuk menyediakan buku bacaan, lembur dan pelayanan perpustakaan keliling guna mendukung dan meningkatkan minat baca masyarakat dengan pelaksanaan kegiatan melalui:

1. Penyediaan Bahan Pustaka Perpustakaan Umum Daerah

2. Penyelenggaraan Koordinasi Pengembangan Budaya Baca

3. Peningkatan Minat dan Budaya Baca Masyarakat

 

bPengadaan Sarana Pengolahan dan Penyimpananan Arsip

 

Sasaran Strategis

Indikator Kinerja

Uraian Kegiatan

Target

1

2

3

4

Pengadaan sarana pengolahan dan penyimpananan arsip

Tersedianya peralatan dan perlengkapan kearsipan

Program Penyelamatan dan Pelestarian Dokumen / Arsip Daerah :

a. Pengadaaan Sarana Pengolahan dan Penyimpanan Arsip

b. Pendataan dan Penataan Dokumen/ Arsip Daerah

95%

 

Dalam sasaran ini diarahkan untuk menyediakann sarana dan prasarana kearsipan dan meningkatkan pelaksanaan dalam hal penyelamatan dokumen yang kegiatan programnya melalui :

a. Pengadaaan Sarana Pengolahan dan Penyimpanan Arsip

b. Pendataan dan Penataan Dokumen/ Arsip Daerah

 

c. Pengkajian dan Penelitian Bidang Informasi dan Komunikasi

    

Sasaran Strategis

Indikator Kinerja

Uraian Kegiatan

Target

1

2

3

4

Pengkajian dan penelitian bidang informasi dan komunikasi

Terfasilitasinya jaringan, kelengkapan komputer

Program Jaringan Komunikasi dan Informasi :

1. Peningkatan dan Pengembangan Jaringan Komunikasi dan Informasi

2. Pemeliharaan Rutin/ Berkala Jaringan dan Perawatannya

90%

 

Diarahkan untuk  pembangunan Jaringan Komputer dan Penyediaan Suku Cadang pemeliharaan jaringan dan terpeliharanya jaringan komputer yang telah terbangun di beberapa SKPD sehingga dapat mempercepat akses masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan di Kabupaten Jombang dan kelancaran jalur koneksi jaringan komputer melalui kegiatan sebagai berikut :

1. Peningkatan dan Pengembangan Jaringan Komunikasi dan Informasi

2. Pemeliharaan Rutin/ Berkala Jaringan dan Perawatannya

 

d. Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik

 

Sasaran Strategis

Indikator Kinerja

Uraian Kegiatan

Target

1

2

3

4

Penyediaan Jasa Komunikasi, sumber daya air dan listrik

Terpenuhinya kebutuhan listrik gedung Perpustakaan, jasa telepon, sewa astinet

Program Pelayanan Administrasi Perkantoran :

  1. Penyediaan Jasa Komunikasi,  Sumber Daya Air dan Listrik
  2. Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/ Penerangan Bangunan  Kantor
  3. Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor
  4. Penyediaan Jasa Administrasi Teknis Perkantoran

 

98%

 

Pada sasaran tersebut diarahkan untuk menyediakan bahan, alat dan jasa dalam pemenuhan kebutuhan perkantoran yang dilaksanakan melalui kegiatan :

  1. Penyediaan Jasa Komunikasi,  Sumber Daya Air dan Listrik
  2. Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/ Penerangan Bangunan  Kantor
  3. Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor
  4. Penyediaan Jasa Administrasi Teknis Perkantoran

 

C. Penetapan Kinerja Tahun 2016

Penetapan Kinerja merupakan amanat Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah.

Penetapan kinerja pada dasarnya adalah pernyataan komitmen yang merepresentasikan tekad dan janji untuk mencapai kinerja yang jelas dan terukur dalam rentang waktu satu tahun tertentu dengan mempertimbangkan sumber daya yang dikelolanya. Tujuan khusus penetapan kinerja antara lain adalah untuk: meningkatkan akuntabilitas, transparansi, dan kinerja aparatur; sebagai wujud nyata komitmen Kinerja Kementerian PAN dan RB Tahun 2014 penerima amanah dengan pemberi amanah; sebagai dasar penilaian keberhasilan/ kegagalan pencapaian tujuan dan sasaran organisasi; menciptakan tolok ukur kinerja sebagai dasar evaluasi kinerja aparatur; dan sebagai dasar pemberian reward atau penghargaan dan sanksi.


 

Kontak Kami
Arsip, PDE, dan Perpustakaan Kabupaten Jombang
Jl Wahid Hasyim 137
Kantor Sekretariat Daerah  - Lt III
Kabupaten Jombang
Phone: 0321 873361
Email: kpde@jombangkab.go.id

KAPDEP