Hati-Hati Anak Kena DBD

Hati-hati, Anak Usia 0-12 Tahun Paling Sering Kena DBD

Demam berdarah dengue (DBD) adalah salah satu penyakit yang cukup banyak menyerang masyarakat. Meski demikian bukan berarti DBD merupakan penyakit yang bisa disepelekan. Apalagi penyakit ini paling banyak menyerang anak-anak berusia 0-12 tahun.

Husein Habsyi, SKM, MHComm, Wakil Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), mengungkapkan bahwa DKI Jakarta merupakan salah satu provinsi yang tinggi kasus DBD-nya di Indonesia, di samping wilayah Indonesia Timur. Hal senada diungkapkan oleh Dr Dien Ermawati, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. 

Menurut Dien, anak-anak di DKI Jakarta adalah yang paling rentan terkena DBD dibanding dewasa. "Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, anak-anak berusia 0-12 tahun merupakan kategori yang paling sering terkena DBD," papar Dien saat ditemui pada konferensi pers Jambore Jumantik Cilik 2014 yang diadakan di Electic Resto Cilandak Town Square, Jl TB Simatupang Kav 17, Jakarta, dan ditulis pada Selasa (29/4/2014).

Lebih lanjut, Dien menjelaskan bahwa incidence rate pada kelompok usia 0-12 tahun berada pada angka 400 per 100 ribu orang. Angka tersebut jauh lebih tinggi bila dibanding dengan angka kelompok usia 16-60 tahun yang hanya sekitar 200 per 100 ribu orang.

Menurut Dien, alasan mengapa anak-anak lebih sering terkena DBD karena aktivitas mereka yang sering berada di luar ruangan. "Anak-anak itu kan suka berada di luar aktivitasnya, seperti main di taman saat sekolah dan main saat sore hari," terangnya.

Untuk itulah Dien menyarankan pada setiap orang tua harus waspada dan memperhatikan anak-anak mereka agar terhindar dari risiko terkena DBD. Dengan nyamuk DBD yang umumnya menggigit pada jam-jam bermain anak, seperti salah satunya pukul 3 hingga 5 sore, orang tua pun harus melindungi anak mereka agar tidak terkena DBD. 

"Orang tua bisa melakukan pencegahan dengan memberantas sarang nyamuk (PSN) di sekitar rumah," tutup Dien.

(vit/vit)

 

sumber : health.detik.com/

KAPDEP