Dinas Perdagangan - Visi Misi

VISI

“Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Jombang yang Sejahtera, Produktif dan Berdaya Saing melalui Peningkatan Kegiatan Urusan  Perdagangan.”

Dari uraian visi di atas dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Sejahtera dapat diartikan sebagai menunjuk ke keadaan masyarakat yang baik, mempunyai kemampuan ekonomi yang layak, berasal dari kegiatan  perdagangan;
  2. Produktif dapat diartikan masyarakat mempunyai kemampuan untuk memenuhi kebutuhan dirinya sendiri dan orang lain melalui kegiatan  perdagangan;
  3. Berdaya saing dapat diartikan suatu kondisi dimana Kabupaten Jombang mempunyai keunggulan komparatif maupun kompetitif sebagai jembatan untuk dapat mencapai kesejahteraan yang dicita-citakan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Berdaya saing juga berarti kemampuan perekonomian daerah dalam mencapai pertumbuhan yang tinggi dan berkelanjutan dengan tetap terbuka pada persaingan global, baik pada tingkat regional, nasional maupun internasional.
  4. Kegiatan urusan perdagangan diarahkan untuk menjamin pelayanan dan ketersediaan bahan pokok serta bahan penting strategis yang dibutuhkan oleh seluruh masyarakat, iklim usaha yang kondusif, informasi yang transparan guna menunjang kelancaran kegiatan perdagangan dalam dan luar negeri serta diarahkan pada pemeliharaan sarana dan prasarana perdagangangan guna tercapainya optimalisasi peningkatan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ).

 

MISI

  1. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, dalam arti Dinas Perdagangan Kabupaten Jombang berusaha untuk menjamin penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan sesuai dengan prinsip–prinsip good governance, sehingga mampu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat secara berkelanjutan.
  2. Memberikan pembinaan dan pengembangan perdagangan, sistem distribusi dalam negeri yang efektif dan efisien, dalam arti Dinas Perdagangan Kabupaten Jombang berusaha untuk meningkatkan kegiatan pembinaan dan pengembangan usaha perdagangan, informasi dan promosi perdagangan barang/jasa dalam dan luar negeri serta hasil produk unggulan melalui pasar lelang, pameran dan misi dagang.
  3. Mewujudkan stabilisasi perdagangan, pengendalian mutu barang dan kemetrologian, dalam arti Dinas Perdagangan Kabupaten Jombang berusaha meningkatkan kegiatan pengawasan dan pengendalian harga barang kebutuhan pokok dan barang strategis lainnya, pengadaan penyaluran dan penggunaan pupuk bersubsidi, peredaran barang berbahaya serta menyelenggarakan kegiatan metrologi legal demi terwujudnya perlindungan produsen dan konsumen.
  4. Meningkatkan pengelolaan prasarana  perdagangan daerah, dalam arti Dinas Perdagangan Kabupaten Jombang berusaha meningkatkan kegiatan pemeliharaan dan pengembangan Pasar Daerah, lingkungan Pasar yang bersih, tertib, aman, nyaman,  serta terpeliharanya sarana dan prasarana Pasar yang memadai untuk memenuhi target pendapatan pasar yang optimal.