Dinas Perdagangan - Tupoksi

TUPOKSI

DINAS PERDAGANGAN

 

Sekretariat

Tugas Pokok Sekretariat, yaitu :

Melaksanakan sebagian tugas Dinas Perdagangan dalam merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasikan, dan mengendalikan kegiatan administrasi umum, keuangan dan aset, penyusunan program dan  pelaporan.

Fungsi Sekretariat, meliputi:

1.

Pengelolaan dan pelayanan administrasi umum;

2.

Pengelolaan dan pelayanan administrasi kepegawaian;

3.

Pengelolaan dan pelayanan administrasi keuangan;

4.

Pengelolaan dan pelayanan administrasi perlengkapan;

5.

Pengelolaan dan pelayanan administrasi aset Dinas Perdagangan;

6.

Pengelolaan urusan rumah tangga;

7.

Pelaksanaan koordinasi penyusunan program, anggaran dan perundang-undangan;

8.

Pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan tugas-tugas bidang;

9.

Pengelolaan kearsipan Dinas Perdagangan;

10.

Pelaksanaan monitoring dan evaluasi organtisasi dan tatalaksana;

11.

Pelaksanaan koordinasi pembinaan dan penyelenggaraan perdagangan

12.

Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Perdagangan

 

  1. Sub Bagian Umum, Kepegawaian, Keuangan dan Aset mempunyai tugas pokok :

1.

Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan operasional bidang perdagangan sesuai dengan kebijakan nasional dan provinsi;

2.

Melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas-tugas organisasi Dinas Perdagangan dan tata laksana aparatur;

3.

Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan protokoler, pertemuan dan rapat-rapat penerimaan tamu Dinas Perdagangan;

4.

Menyelenggarakan kegiatan urusan administrasi umum, kepegawaian, keuangan dan perlengkapan kantor lainnya;

5.

Menyusun rencana kebutuhan dan melaksanakan ketatausahaan, kepegawaian serta perlengkapan kantor;

6.

Melaksanakan urusan kepegawaian, keuangan, rumah tangga, surat menyurat dan kearsipan;

7.

Menyusun rencana dan melaksanakan keindahan, kebersihan, ketertiban dan keamanan kantor;

8.

Mengatur dan mengelola barang inventaris kantor;

9.

Menyusun dan melaksanakan rencana program anggaran keuangan Dinas Perdagangan;

11.

Mengurus dan menyelenggarakan penggajian dan pembayaran hak-hak keuangan pegawai serta administrasi keuangan Dinas Perdagangan

12.

Melaksanakan verifikasi dan pemeriksaan anggaran satuan kerja Dinas Perdagangan;

13.

Menyusun laporan pertanggungjawaban mengenai pengelolaan administrasi umum, kepegawaian, keuangan dan asset Dinas Perdagangan;

14.

Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris;

 

  1. Sub Bagian Penyusunan Program dan Pelaporan, mempunyai tugas pokok :

1.

Menyusun program pendataan dan rencana program kerja tahunan Dinas Perdagangan;

2.

Melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas-tugas organisasi Dinas Perdagangan dan tata laksana aparatur;

3.

Melaksanakan supervisi, monitoring, evaluasi, dan pelaporan di bidang penyusunan program; dan

4.

Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris;

 

Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan, mempunyai tugas pokok :

1.

Tugas Pokok Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan adalah melaksanakan sebagian tugas Dinas Perdagangan di bidang Informasi dan promosi perdagangan serta bina usaha perdagangan

2.

Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana tersebut pada ayat (1), Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan mempunyai fungsi:

 

a.

Penyelenggaraan perumusan kebijakan teknis operasional di Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan

 

b.

Pengkoordinasian kegiatan pembinaan pengembangan usaha, sarana perdagangan, ekspor dan impor, dan perdagangan luar negeri

 

c.

Pengendalian kegiatan pembinaan dan pengembangan perdagangan

 

d.

Pelaksanaan pembinaan pengembangan perdagangan dan pengkajian buku daftar perusahaan

 

e.

Penyelenggaraan promosi dagang melalui pameran dagang, nasional, lokal dan misi dagang bagi produk ekspor unggulan

 

f.

Penyelenggaraan monitoring, evaluasi, dan pelaporan capaian kinerja bidang Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan; dan

 

g.

Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas Perdagangan

 

Seksi Informasi dan Promosi Perdagangan, mempunyai tugas pokok :

1.

Menyiapkan bahan kebijakan teknis operasional Seksi Informasi dan Promosi Perdagangan

2.

Menyediakan bahan informasi,  bahan bimbingan teknis dan pembinaan ekspor impor dan promosi

3.

Menyelenggarakan dan/atau berpartisipasi promosi dagang melalui pameran dagang nasional, pameran dagang lokal dan misi dagang bagi produk eskpor unggulan

4.

Menyelenggarakan kampanye pencitraan produk ekspor skala daerah propinsi

5.

Menyelenggarakan promosi produk unggulan berbasis Ilmu Teknologi (IT) melalui website, media cetak dan elektronik lainnya

6.

Melaksanakan promosi dagang melalui pameran dagang, nasional, lokal dan misi dagang bagi produk ekspor unggulan

7.

Melakukan pembinaan bimbingan teknis di bidang promosi atau pameran di dalam dan luar negeri

8.

Melaksanakan pendataan usaha perdagangan

9.

Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan ekspor impor dan promosi

10.

Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan

 

Seksi Bina Usaha Perdagangan, mempunyai tugas pokok :

1.

Menyiapkan bahan kebijakan teknis operasional Seksi Bina Usaha Perdagangan

2.

Melakukan pembinaan dan bimbingan teknis  pengembangan, pemantauan, dan peningkatan kerjasama dengan dunia usaha di bidang penertiban pergudangan dan tempat usaha perdagangan

3.

Melakukan pembinaan dan bimbingan teknis dalam mengembangkan informasi di sarana usaha perdagangan

4.

Melaksanakan sosialisasi kebijakan ekspor dan impor

5.

Melakukan pendataan, pembinaan, bimbingan dan pengembangan pedagang kaki lima di wilayah kabupaten, pasar lelang komoditas, pasar rakyat (pasar tradisional), pusat perbelanjaan dan usaha toko modern dan sarana usaha perdagangan lainya

6.

Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan pembinaan usaha perdagangan

7.

Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan

 

Bidang Stabilisasi Perdagangan dan Kemetrologian mempunyai tugas pokok :

1.

Melaksanakan sebagian tugas Dinas Perdagangan di bidang pengawasan dan pengendalian perdagangan, pengendalian mutu barang perdagangan dan kemetrologian

2.

Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana tersebut pada ayat (1), Bidang Stabilisasi Perdagangan dan Kemetrologian mempunyai fungsi

 

a.

Penyelenggaraan perumusan kebijakan teknis operasional di Bidang Stabilisasi Perdagangan dan Kemetrologian

 

b.

Pengkoordinasian, pengendalian, dan penerbitan rekomendasi perizinan

 

c.

Pengkoordinasian ketersediaan barang kebutuhan pokok

 

d.

Pengkoordinasian penyelenggaraan kegiatan metrologi legal

 

e.

Pemantauan harga dan ketersediaan stok barang kebutuhan pokok dan barang penting di tingkat pasar

 

f.

Pelaksanaan bimbingan teknis kepada pemilik alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP)

 

g.

Pengawasan pupuk dan pestisida dalam pelaksanaan pengadaan, penyaluran dan penggunaan pupuk bersubsidi

 

h.

Penyelenggaraan monitoring, evaluasi, dan pelaporan capaian kinerja bidang Stabilisasi Perdagangan dan Kemetrologian

 

i.

Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas Perdagangan

 

Seksi Pengawasan dan Pengendalian Perdagangan mempunyai tugas pokok:

1.

Menyiapkan bahan kebijakan teknis operasional Seksi Pengawasan dan Pengendalian Perdagangan

2.

Melakukan koordinasi dengan provinsi terkait dalam pengendalian harga barang kebutuhan pokok dan barang strategis lainnya

3.

Menyiapkan bahan bimbingan teknis dalam rangka penyuluhan tata cara pendaftaran  dan perizinan di bidang perdagangan

4.

Menerbitkan rekomendasi izin pengelolaan pasar rakyat (pasar tradisional), pusat perbelanjaan, toko modern, dan usaha perdagangan lainnya; rekomendasi izin Tanda Daftar Gudang (TDG) dan Surat Keterangan Penyimpanan Barang (SKPB); Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW); dan PKAPT (Perdagangan kayu antar pulau terdaftar)

5.

Memeriksa fasilitas penyimpanan barang berbahaya dan pengawasan distribusi, pengemasan dan pelabelan bahan berbahaya

6.

Melakukan pemantauan harga dan informasi stok barang kebutuhan pokok  dan barang strategis lainnya di tingkat pasar dan rekapitulasi perdagangan kayu antar pulau

7.

Melakukan operasi pasar dalam rangka stabilisasi harga pangan pokok dan barang strategis lainnya

8.

Pengawasan pupuk dan pestisida tingkat daerah kabupaten dalam melakukan pelaksanaan pengadaan, penyaluran dan penggunaan pupuk bersubsidi di wilayah kerjanya

9.

Melaksanakan pelaporan, monitoring, dan evaluasi pelaksanaan perizinan, pembinaan dan pengendalian perdagangan

10.

Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Bidang Stabilisasi Perdagangan dan Kemetrologian

 

Seksi Pengendalian Mutu Barang Perdagangan dan Kemetrologian, mempunyai tugas pokok: 

1.

Menyiapkan bahan kebijakan teknis operasional Seksi Pengendalian Mutu Barang Perdagangan dan Kemetrologian

2.

Melaksanakan koordinasi  dalam rangka penyelenggaraan pengendalian mutu barang dan jasa serta penyelenggaraan kegiatan metrologi legal

3.

Melaksanakan penyuluhan dan sosialisasi terkait mutu barang dan jasa, perlindungan konsumen, dan kemetrologian

4.

Melakukan fasilitasi dan pembinaan dalam rangka perizinan alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya ( UTTP ) dan perlindungan konsumen

5.

Melaksanakan pengawasan, pengujian, dan penyidikan terhadap barang dan jasa

6.

Melaksanakan monitoring, evaluasi terhadap perlengkapan kebutuhan peralatan alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP), kegiatan kemetrologian, serta kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap tertib ukur

7.

Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Bidang Stabilisasi Perdagangan dan Kemetrologian

 

Bidang Pengelolaan Prasarana Perdagangan Daerah mempunyai tugas pokok:

1.

Tugas pokok bidang Pengelolaan Prasarana Perdagangan Daerah adalah melaksanakan sebagian tugas Dinas Perdagangan di bidang Penerimaan dan Pendataan, serta Pemeliharaan dan Pengembangan

2.

Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Pengelolaan Prasarana Perdagangan Daerah mempunyai fungsi

 

a.

Pengkoordinasian Kegiatan  di bidang Penerimaan dan Pendataan, Pemeliharaan dan Pengembangan Pasar Daerah

 

b.

Penyiapan dan perumusan kebijakan di bidang Penerimaan dan Pendataan, Pemeliharaan dan Pengembangan Pasar Daerah

 

c.

Penyelenggaraan kegiatan operasional di bidang Penerimaan dan Pendataan, Pemeliharaan dan Pengembangan Pasar Daerah

 

d.

Pengkoordinasian kegiatan pengembangan pendapatan, penagihan, pendataan, penataan, pemeliharaan, kebersihan, persampahan pasar, penertiban dan pembinaan Pasar Daerah

 

e.

Penyelenggaraan pemenuhan kebutuhan pemeliharaan, sarana kerja dan sarana fasilitas umum Pasar Daerah

 

f.

Pengendalian semua kegiatan pengembangan pendapatan, penagihan, pendataan, penataan, pemeliharaan, kebersihan, persampahan pasar, penertiban dan pembinaan Pasar Daerah

 

g.

Pelaksanaan monitoring, pelaporan dan evaluasi di bidang Penerimaan dan Pendataan, Pemeliharaan dan Pengembangan Pasar Daerah     

 

h.

Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas Perdagangan

 

Seksi Penerimaan dan Pendataan mempunyai tugas pokok:

1.

Menyiapkan bahan penyusunan rencana program dan petunjuk teknis di bidang  Penerimaan dan Pendataan retribusi Pasar Daerah

2.

Menyiapkan bahan pelaksanaan rencana program dan petunjuk teknis di bidang  Penerimaan dan Pendataan retribusi Pasar Daerah

3.

Menyiapkan bahan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga lain di bidang Penerimaan dan Pendataan retribusi Pasar Daerah

4.

Mengumpulkan dan menyusun data tentang sumber-sumber pendapatan Pasar Daerah yang berasal dari pungutan retribusi dan perizinan tempat usaha di Pasar Daerah

5.

Menganalisa data untuk penyusunan telaahan dalam rangka meningkatkan daya guna sumber-sumber pendapatan yang potensial

6.

Memantau penyebaran penggunaan karcis retribusi Pasar Daerah

7.

Membuat dan menyelenggarakan buku register wajib bayar retribusi dan perizinan tempat usaha di Pasar Daerah

8.

Melakukan tindakan penerimaan, penagihan dan penyetoran retribusi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku

9.

Melakukan pembinaan, pengawasan dan pengendalian dibidang Penerimaan dan Pendataan retribusi Pasar Daerah

10.

Menyiapkan bahan monitoring, pelaporan dan evaluasi pelaksanaan tugas

11.

Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Bidang Pengelolaan Prasarana Perdagangan Daerah

 

Seksi Pemeliharaan dan Pengembangan mempunyai tugas pokok:

1.

Menyiapkan bahan penyusunan rencana program dan petunjuk teknis di bidang  Pemeliharaan dan Pengembangan Pasar Daerah

2.

Menyiapkan bahan pelaksanaan rencana program dan petunjuk teknis di bidang  Pemeliharaan dan Pengembangan Pasar Daerah

3.

Menyiapkan bahan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga lain di bidang  Pemeliharaan dan Pengembangan Pasar Daerah

4.

Mengumpulkan, menyusun dan menganalisa data sarana prasarana Pasar Daerah

5.

Melaksanakan pemeliharaan, perawatan, perbaikan dan kebersihan sarana prasarana Pasar Daerah

6.

Mengajukan kebutuhan sarana prasarana Pasar Daerah

7.

Memantau, Membina dan memberi petunjuk teknis kebersihan pasar yang dilakukan oleh petugas kebersihan pasar

8.

Melakukan penertiban dan pengamanan pedagang pasar, tempat-tempat parkir kendaraan, dan jalan-jalan umum di lingkungan Pasar Daerah

9.

Memantau dan memberi petunjuk teknis ketertiban dan keamanan pasar yang dilakukan oleh petugas keamanan Pasar Daerah

10.

Melaksanakan Pembangungan dan Pemeliharaan Sarana Prasarana Pasar Daerah

11.

Menertibkan dan Melaksanakan pembuangan sampah dan limbah pasar pada tempat pembuangan  sampah  dan limbah pada tempat yang telah disediakan

12.

Melakukan pembinaan, pengawasan dan pengendalian di bidang Pemeliharaan dan Pengembangan Pasar Daerah

13.

Menyiapkan bahan monitoring, pelaporan dan evaluasi pelaksanaan tugas

14.

Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Bidang Pengelolaan Prasarana Perdagangan Daerah

 

 

 

 

 

 

TUPOKSI UPTD

 

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pasar, mempunyai tugas pokok :

1.

Melaksanakan sebagian tugas Dinas Perdagangan di bidang pengelolaan pasar di wilayah kerjanya.

2.

Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana tersebut pada ayat (1), (UPTD) Pasar mempunyai fungsi

 

a.

Penyusunan rencana program, kegiatan dalam rangka pelaksanaan kebijakan teknis di bidang pelayanan di lingkungan pasar

 

b.

Pelaksanaan program kerja dan kebijakan teknis yang menyangkut administrasi dan proses untuk retribusi pasar

 

c.

Pelaksanaan program tindak lanjut dan kebijakan teknis yang diterapkan Dinas Perdagangan meliputi: ketertiban, kebersihan dan keamanan, pengawasan pengendalian dan pelaporan yang berkaitan dengan pelayanan pasar.

 

d.

Pelaksanaan pembinaan terhadap petugas pemungut retribusi pasar untuk menjamin kelancaran dan ketertiban administrasi retribusi pasar

 

e.

Pelaksanaan pemantauan, pengendalian dan perawatan sarana dan prasarana pasar, untuk menjamin agar bangunan dan fasilitas teknis lainnya tetap bersih dan siap pakai

 

f.

Pelaksanaan koordinasi dan evaluasi berkaitan dengan kegiatan pelayanan pasar

 

g.

Pelaksanaan tertib administrasi dalam pengendalian terhadap pelaksanaan kegiatan pelayanan pasar dalam hubungan penarikan retribusi daerah

 

h.

Pelaksanaan dan mengelola tugas ketatausahaan UPTD Pasar

 

i.

Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Perdagangan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Metrologi Legal mempunyai tugas pokok :

1.

Melaksanakan sebagian tugas Dinas Perdagangan di bidang tera dan tera ulang alat – alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya, ketatausahaan serta pelayanan kemetrologian legal lainnya.

2.

Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana tersebut pada ayat (1), (UPTD) Mertologi Legal mempunyai fungsi

 

a.

Penyusunan rencana program, kegiatan dalam rangka pelaksanaan kebijakan teknis di bidang pengelolaan, pelayanan dan pemeliharaan tera/tera ulang

 

b.

Pelaksanaan program kerja dan kebijakan teknis tera, tera ulang alat – alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya serta operasionalisasi metrologi legal

 

c.

Pelaksanaan urusan keuangan rumah tangga, perlengkapan dan peralatan, serta kebersihan kantor

 

d.

Pelaksanaan ketatausahaan di UPTD Metrologi legal

 

e.

Pelaksanaan pengelolaan pelayanan dan pemeliharaan sarana dan prasarana tera dan tera ulang

 

f.

Pengelolaan standar ukuran dan laboratorium metrologi secara nasional

 

g.

Penyelenggaraan pengujian alat – alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya UTTP dalam rangka penertiban Ijin Tipe dan Ijin Tanda Pabrik

 

h.

Pelaksanaan pembinaan terhadap Penera dan Operasional metrologi legal

 

i.

Pelaksanaan evaluasi dan penyusunan pelaporan berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan tera dan tera ulang

 

j.

Pelaksanaan tertib administrasi ketatausahaan UPTD Metrologi legal

 

k.

Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Perdagangan sesuai dengan tgas dan fungsinya