DEKRANASDA

Dekranasda Jombang Siap Fasilitasi Promosi Produk Unggulan Jombang

 

Promosi Potensi Produk IKM/ UKM Lokal Jombang terus dilakukan oleh Dekranasda Kabupaten Jombang pada even pameran dimanapun. Termasuk pada agenda tahunan Pesta Rakyat di Malang, yang digelar pada (29/10).  Produk yang dipamerkan berganti ganti agar potensi produk unggulan yang ada dpat dipromosikan secara adil dan merata. Salah satunya adalah produk sepatu dan sandal  dari IKM Kabuh Jombang.

Ir. Hj. Tjaturina Wihandoko, MM  Ketua TP PKK Kabupaten Jombang yang juga Ketua Dekranasda Jombang bersama dengan para pengurus Dekranasda Jombang menghadiri pembukaan Pameran UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) pada perayaan ulang tahun Jawa Timur ke-69 bertajuk Pesta Rakyat dan Pentas Seni itu . ”Apa yang kita lakukan ini  merupakan salah satu wujud testing market, secara bergilir kita akan promosikan produk unggulan local Jombang ke pasar luas pada setiap even”, tutur Tjaturina didampingi Masduki Kepala Disperindagpasar dan Yulien Oentarti Kabag Perekonomian yang juga pengurus Dekranasda Jombang.

Stand sepatu dan sandal dari IKM Jombang sangat diminati pengunjung. Model sepatu, harga dan kualitasnya cukup menarik perhatian pengunjung pameran. Stand Dekranasda ini juga mendapat apresiasi dari  Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Jatim, Hadi Prasetyo. Menurutnya produk sepatu juga sandal dari Kabuh Jombang ini tidak kalah dengan produk luar. Menurutnya, dengan adanya even ini, produk unggulan UMKM ini benar-benar menjadi pasar kita dan tidak serta-merta hanya dikuasai oleh pihak asing. Maka dari itu diperlukan suatu penguatan produk serta kualitas dari berbagai UMKM, baik yang diwadahi oleh pemerintah maupun UMKM mandiri.

“Pasar UMKM kita menjadi perhatian pasar ASEAN, karena yang terjadi single market, maka Indonesia juga menjadi tujuan pasar luar negeri, dimana semuanya serba bebas,” tuturnya.

“Oleh sebab itulah, apabila UMKM kita tidak berkualitas dan tidak kuat, kami khawatir produk lokal kita akan direbut pihak asing. Saat berbicara pasar di level ASEAN, kita tidak melirik produk elektronik yang sudah dikuasai negara lain, tapi food and beverage yakni makanan dan minuman serta handicraft (kerajinan tangan). Produk holtikultura dan pertanian kita juga sangat bagus,” tegas Hadi.

Semua produk tersebut akan menguatkan pasar lokal kita karena produk-produk tersebut eksklusif dan tidak akan terkalahkan di level ASEAN. Semuanya akan kita dorong dan pemerintah siap memberikan layanan secara intensif untuk standarisasi produk. Pelaku UMKM juga harus mengurus sertifikat produknya agar mempunyai legalitas yang sah,” jelas Hadi.

Pada pertengahan Desember 2014 ini, showroom Dekranasda Kabupaten Jombang  yang telah mati suri akan  dibangkitkan lagi oleh istri Bupati Nyono Suharli Wihandoko ini. Bersama para pengurus  pihaknya berkomitmen akan menggerakkan kembali sarana prasarana fasilitasi promosi IKM UKM Jombang yang ada di alon-alon Jombang diarea pendopo pemkab Jombang. Tepatnya di Jl. Diponegoro, yang kini menjadi Jl. Suroadiningrat depan SMK Negeri 2 Jombang . Ketua Dekranasda Jombang ini juga getol berkoordinasi , berkomunikasi  langsung dengan para pelaku usaha.

Pada (8/12)  Dra. Hj. Fatma Syaifullah Yusuf istri Wakil Gubernur Jawa Timur, H. Syaifullah Yusuf atau yang akrab disapa dengan Gus Ipul ini  juga menyempatkan untuk melihat-lihat showroom Dekranasda Jombang yang akan rencananya akan segera dibuka  tersebut,  usai melantik para pengurus Perwosi kabupaten Jombang di pendopo. Showroom dengan nuansa pink tersebut dinilai bagus dan cantik oleh Ibu Fatma Syaifullah Yusuf.

"Kita siap memfasilitasi pelaku UMKM untuk go international menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)yang akan diluncurkan pada 31 Desember 2015. Kita juga terus mendorong semaksimal mungkin produk unggulan UMKM kita agar mampu bersaing di AFTA (Asean Free Trade Area) 2015  nanti,” tandasnya.

Oleh karenanya, pada setiap momentum kegiatan yang digelar pemkab Jombang selalu tidak ketinggalan adanya space penjualan UMKM Jombang. (Wati Humas Jombang)