Bagian - Pemerintahan - Tupoksi

TUPOKSI

Berdasarkan Peraturan Bupati Jombang Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tugas Pokok dan Fungsi Sekretariat Daerah Kabupaten Jombang, maka Bagian Administrasi Pemerintahan mempunyai tugas pokok menyusun, menghimpun, menyiapkan data dan informasi dalam rangka penyusunan dan penetapan kebijakan, perumusan pedoman dan petunjuk teknis, mengkoordinasikan pelaksanaan kebijakan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan di bidang administrasi pemerintahan yang meliputi urusan Pengendalian Administrasi Pemerintahan Umum dan Desa/Kelurahan, serta Otonomi/ Kerjasama Daerah dan Desa.

Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud di atas, Bagian  Administrasi  Pemerintahan mempunyai fungsi  :

  1. Pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi penyelenggaraan pemerintahan di bidang: pengawasan, kepegawaian, tugas pembantuan, ketentraman dan ketertiban, Kesatuan Bangsa dan politik, Perlindungan Masyarakat, pemberdayaan masyarakat,  Penanggulangan Bencana, kependudukan, Pertanahan, dan kerjasama;
  2. Pengumpulan bahan dan data dalam rangka penyusunan kebijakan, koordinasi dengan Instansi terkait dalam penyelenggaraan pemerintahan, penyusunan perencanaan program dan penetapan pedoman pembinaan prasarana fisik Pemerintahan Umum dan Desa/Kelurahan;
  3. Pengumpulan bahan dan menganalisa data serta memberikan pertimbangan dalam rangka pembinaan Perangkat Desa dan Desa;
  4. Pengumpulan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan dibidang Otonomi Daerah dan Desa;
  5. Pengumpulan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan di bidang kerjasama Daerah, Desa/Kelurahan dan Luar Negeri;
  6. Pengumpulan dan pengolahan bahan dalam rangka penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan penyelenggaraan Pemerintahan Desa;
  7. Pengumpulan dan pengolahan bahan dalam rangka penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan perangkat dan administrasi Pemerintahan Umum dan Desa.