Bagian - Pembangunan- Tupoksi

Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas Pokok Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Jombang adalah melaksanakan koordinasi dalam penyusunan kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis, koordinasi dan fasilitasi penyelenggaraan pemerintahan di bidang pelaksanaan program, pengendalian dan pelaporan serta prasarana pembangunan.

Dalam melaksanakan tugas pokok, Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Jombang mempunyai fungsi  :

  • Penyusunan bahan kebijakan, fasilitasi dan pelaksanaan koordinasi dalam penyelenggaraan pemerintahan             dibidang perencanaan pembangunan, penelitian dan pengembangan, statistik, perhubungan, pekerjaan umum, budaya dan pariwisata;
  • Pengumpulan bahan penyusunan pedoman pelaksanaan program tahunan pembangunan Daerah;
  • Pelaksanaan pengendalian administrasi pembangunan yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, Bantuan Umum dan Bantuan Khusus serta bantuan pihak ketiga;
  • Pengumpulan bahan, mengolah data dan koordinasi pelaksanaan pembangunan yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, Bantuan Umum dan Bantuan Khusus serta Bantuan pihak ketiga;
  • Penyusun pedoman dan petunjuk tekhnis pembinaan sistem informasi dan pelaporan pembangunan dan jasa konstruksi;
  • Pelaksanaan analisis dan evaluasi serta penyusun laporan pelaksanaan pembangunan.
  •  Pembagian tugas subbagian pada Bagian Administrasi Pembangunan adalah sebagai berikut  :

1. Sub Bagian Pelaksanaan Program

Sub Bagian pelaksanaan program mempunyai tugas :

  • Menyusun bahan kebijakan, fasilitasi dan pelaksanaan koordinasi dalam penyelenggaran pemerintahan dibidang perencanaan pembangunan, penelitian dan pengembangan, statistik, perhubungan, pekerjaan umum, budaya dan pariwisata;
  • Mengumpulkan,menganalisa dan mengolah bahan-bahan untuk penyusunan petunjuk pelaksanaan program pembangunan Daerah yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, Bantuan Umum dan Bantuan Kkhusus serta pihak ketiga;
  • Menyusun pedoman mekanisme pelaksanaan program pembangunan Daerah yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, Bantuan Umum dan Bantuan Khusus serta pihak ketiga;
  • Mengoordinasikan kerjasama antar lembaga untuk mengembangkan statistik umum dasar dan sektoral.

2. Sub Bagian Pengendalian dan Pelaporan 

Sub Bagian Pengendalian dan Pelaporan, mempunyai tugas :

  • Menghimpun, mengolah data dan bahan-bahan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembangunan Daerah yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, Bantuan Umum dan Bantuan Khusus serta bantuan dari pihak ketiga;
  • Evaluasi dan pengendalian kebijakan, dan pelaksanaan fasilitasi serta koordonasi dalam penyelenggaran pemerintah di bidang perencanaan pembangunan, penelitian dan pengembangan, statistik, perhubungan, pekerjaan umum, budaya dan pariwisata;
  • Memonitor perkembangan pelaksanaan pembangunan Daerah yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, Bantuan Umum dan Bantuan Khusus serta bantuan dari pihak ketiga dan menyiapkan saran penyempurnaannya;
  • Menyusun laporan realisasi fisik dan keuangan serta laporan pengendalian program pembangunan yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, Bantuan Umum, Bantuan Khusus serta bantuan dari pihak ketiga;
  • Mengoordinasikan pengendalian pelaksanaan kebijakan di Bidang perencanaan pembangunan, penelitian dan pengembangan, statistik, Pembangunan, Pekerjaan Umum, Budaya dan Pariwisata.
  • Mengkoordinasikan penerapan dan monitoring implementasi SPM (Standart Pelayanan Minimal) bidang Perencanaan Pembangunan, Penelitan, dan Pengembangan, Statistik, Perhubungan, Pekerjaan Umum, Budaya dan Pariwisata skala Kabupaten.

3. Sub Bagian Prasarana Pembangunan 

Sub Bagian Prasarana Pembangunan, mempunyai tugas;

  • Menyiapkan bahan koordinasi terkait dengan pelaksanaan pembangunan bidang perencanaan pembangunan, penelitian dan pengembangan, statistik, perhubungan, pekerjaan umum, budaya dan pariwisata
  • Mengumpulkan dan mengolah data tentang perkembangan pelaksanaan pembangunan bidang perencanaan pembangunan,penelitan dan pengembangan, statistik, perhubungan, pekerjaan umum, budaya dan pariwista;
  •  Memantau, menganalisa dan evaluasi terhadap pelaksanaan program pembangunan proyek-proyek fisik;
  • Menyiapkan bahan koordinasi dalam pelayanan jasa konstruksi;
  • Menyiapkan bahan koordinasi dengan satuan Kerja Tekhnis, masalah-masalah yang terkait dengan harga satuan material;
  • Mengumpulkan, menyusun, mengolah data sebagai bahan pelayanan informasi bidang pembangunan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah dan Instansi terkait lainnya;
  • Melaksanakan inventarisasi evaluasi jasa konstruksi dan konsultasi;
  • Mengoordinasikan dan menganalisa permasalahan hasil-hasil pembangunan fisik yang dibiayai dari anggaran pendapatan dan Belanja Daerah, bantuan umum, bantuan khusus serta bantuan dari pihak ketiga;
  • Koordinasi pengelola angkutan umum guna meningkatkan keselamatan penumpang;
  • Koordinasi dalam meningkatkan pelayanan angkutan;
  • Koordinasi dalam pengawasan dan pengendalian operasional terhadap penggunaan jalan dalam kota;
  • Mengoordinasikan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa.