Home » Artikel dan Berita » Warta Jombang

Plt. Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab Hadiri Haul Sesepuh Ploso Dan Tahun Baru Islam 1440 H

Bertempat dilapangan MI Nidzomiyah Ploso, pada Selasa (11/9/2018) malam tepatnya di depan pintu gerbang makam Mbah Sayid Salim, sesepuh desa Ploso digelar Lailatul Hadrah Ishari se Jombang Utara dan pengajian Umum.

Istimewanya acara yang diselenggarakan dalam rangka Peringatan Haul Mbah Joyo Lengkoro, Mbah Sayyid Salim, Mbah Gurdo dan Kyai Dimyathie ini serta peringatan Tahun Baru Islam 1440 H ini dihadiri Nyai Mundidah Wahab, Wakil Bupati Jombang yang juga Bupati Terpilih 2018. Camat, Fokopimcam, tokoh agama dan tokoh masyarakat., 

Kehadiran Wakil Bupati Jombang yang juga putri dari Pendiri sekaligus penggerak Nahdlatul Ulama (NU) Almaghfurlah KH. Wahab Hasbullah(Mbah Wahab) ini diakui sangat luar biasa dan  istimewa oleh  KH. Anas Said keluarga dari Bani Sayyid, yang pernah masa mudanya juga menimba ilmu di Tambak Beras. Menurutnya, KH. Anas Said peringatan Haul tersebut sebagai ajang Ukhkuwah islamiyah. Mengenang jasa dan budi pekerti yang baik dari para sesepuh pendiri desa Ploso. “Dengan kita menggelar Haul ini untuk mempererat tali silaturahim masyarakat Ploso serta mendoakan agar masyarakat desa ini terhindar dari bencana, senantiasa mendapatkan perlindungan, rohmat dan barokah dari  alloh SWT”, tutur Kh. Anas Said yang tinggal di Malang ini.

Pesannya kepada masyarakat yang hadir agar sebagai manusia tetap menjunjung tinggi (khoirunnas anfa'uhum linnas) "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain". Harapannya kepada pemerintah kabupaten Jombang agenda haul canggah Salim ini dapat diangkat ke permukaan.  

Hj. Mundjidah Wahab, yang malam itu lebih banyak dipanggil dengan sebutan bu Nyai ini, mengapresiasi positif kegiatan Lailatul Hadrah ishari sekaligus memperingati haul dan tahun Baru Islam 1440 H. menurutnya dengan kegiatan ini akan menambah semangat masyarakat untuk meningkatkan ibadahnya, meningkatkan semangatnya untuk berjuang melanjutkan dan meneruskan perjuangan para sesepuhnya dengan rajin menggelar doa agar mendapatkan barokah dari Alloh SWT.

Putri Mbah Wahab ini juga mengajak masyarakat untuk mengikuti jejak para alim ulama, kyai, waliyullah memperkuat persatuan dan kesatuan, memperkuat tali silaturahim, memakmurkan mushola dan masjid guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Sebab para ulama waratsatul anbiya, membawa “Nur Ilahiyah”. “Oleh karenanya saya juga mengajak mari kita didik anak-anak kita agar berakhlaqul karimah. Meneruskan, napak tilas perjuangan para sesepuh, mengikuti perjuangan nabi Muhammad SAW, serta memperbanyak rasa syukur atas nikmat Alloh SWT.” pungkas  Nyai Mundjidah Wahab, Bupati terpilih yang akan segera dilantik pada 24 September mendatang. (Humas_Kominfo) .