Home » Artikel dan Berita » Warta Jombang

Pemkab Jombang Canangkan Musim Tanam 2018-2019


Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab mencanangkan musim tanam 2018/2019 untuk mewujudkan petani sejahtera melalui pertanian berkelanjutan, Kamis (8/11/2018) di Pendopo Kabupaten Jombang. Pencangan dihadiri oleh para Petani dan kelompok tani (Poktan) serta Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) se Kabupaten Jombang.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang Hadi Purwantoro menjelaskan, tujuan dilaksanakan acara ini untuk menyamakan persepsi untuk mencapai sasaran produksi tahun 2018/2019. Serta sebagai media komunikasi antara stakeholder dalam rangka mensukseskan pembangunan program pertanian di Kabupaten Jombang.
 
Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab mengatakan, pencanangan musim tanam merupakan bentuk komunikasi antara Pemkab Jombang melalui dinas pertanian dengan petaninya. Untuk itu, Bupati berharap kepada petani agar selalu mengikuti segala prosedur yang dilakukan petugas petani lapang (PPL).
 
Lebih lanjut, Bupati memaparkan pola tanam secara serentak yang dipromotori Dinas Pertanian memiliki tujuan tertentu. Paling tidak, dapat menghambat populasi hama penyakit. Oleh karena itu Ia berharap, melalui pencanangan tanam serentak dapat turut mengakselerasi tujuan dan sasaran yang diharapkan.
 
“Misalnya dalam rangka mensukseskan ketahanan pangan masyarakat secara nasional, khususnya di Kabupaten Jombang, Selain itu melalui pencanangan ini petani sejahtera melalui pertanian berkelanjutan akan terwujud,” tandasnya.
 
Terkait dengan pengurangan jatah pupuk untuk Kabupaten Jombang, Bupati menandaskan Pemkab akan terus berusaha agar jatah pupuk ditambah, hal ini agar tidak mengurangi produktifitas pertanian.
 
“kita akan terus berupaya untuk memintah agar jatah pupuk tidak dikurangi ,bahkan kalau bisa malah ditambah. Namun yang paling penting adalah tak ada kelangkahan pupuk di Jombang,”tandasnya.

Pemenang Lomba Kinerja Poktan 2018
 


Pada kesempatan ini juga diserahkan Piagam dan hadiah uang pembinaan untuk pemenang lomba kinerja kelompok tani Kabupaten Jombang Tahun 2018, diantaranya

  • Juara I   Poktan Jarak Kulon Desa Jarak Kecamatan Wonosalam
  • Juara II  Poktan Jeruk Desa Karangan Kecamatan Bareng
  • Juara III Poktan Ponggok Desa Banjarsari Kecamatan Bandarkedungmulyo
  • Juara Harapan I Poktan Kambingan Desa Ngusikan Kecamatan Ngusikan
  • Juara Harapan II Poktan Sumbermulyo Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto.
“Lomba tahun ini tidak hanya untuk mencari kelompok tani terbaik namun juga sebagai pembinaan kelompok tahi se Kabupaten Jombang. Semua Poktan kita datangi dan hasil penilaian ini akan kami tindak lanjuti sebagai bahan pembinaan secara intensif pada tahun mendatang,”terang Hadi Purwantoro Kepala Dinas Pertanian Jombang. (*)