Home » Artikel dan Berita » Warta Jombang

Pemerintah Kabupaten Jombang Sinergi Sukseskan Pemilu 2019

Pemerintah Kabupaten Jombang Sinergi Sukseskan Pemilu 2019


KPU Kabupaten Jombang, Pemkab Jombang, Tiga Pilar (Camat, Babinkamtibmas, Babinsa) duduk bersama di Ruang Suroadiningrat, Kantor Pemkab Jombang (7/11/2018) mengikuti  Sosialisasi Pemilihan Umum Tahun 2019.

Sekdakab Kabupaten Jombang, Dr. H. Akhmad Jazuli, SH, MSi mewakili Bupati Jombang untuk membuka kegiatan tersebut sekaligus sebagai narasumber, bersama dengan KPU, Bawaslu, perwakilan Polres Jombang, dan Kodim 0814 Jombang.

Tiga Pilar memiliki peran yang sangat penting demi suksesnya Pemilu 2019,  yang akan dilaksanakan pada April 2019. “Hasil sosialisasi ini sampaikan hingga ke tingkat desa”, tutur Sekda Jazuli.

Sinergitas, kerjasama yang baik antara penyelenggara pemilu dan seluruh stakeholder menjadi kunci penting suksesnya pesta demokrasi. Dalam paparannya Sekdakab Jombang juga menekankan bahwa indikator suksesnya pemilu ditentukan juga seberapa tinggi partisipasi masyarakat. ”Tujuan kita bersama hari ini adalah untuk menyamakan persepsi seluruh aparat terkait dalam rangka menyukseskan pemilu 2019. Banyak hal yang harus diketahui masyarakat apalagi kartu suara kali ini cukup banyak dan dibedakan dalam warna, ini harus tersosialisasikan hingga di masyarakat bawah”, paparnya.
  
Kasat Reskrim Gatot Setiabudi serta pemateri dari Kodim 0814, Pasi Intel Dim0814 Sujiono  menyampaikan materi yang sama bahwa Kunci keberhasilan pemilu 2019 adalah adanya netralitas aparatur termasuk TNI dan Polri.

TNI dan Polris ebagai alat negara yang menjaga Kamtibmas bertugas melindungi mengayomi melayani masyarakat dan menegakkan hukum dan bersikap netral terhadap penyelenggaraan pemilu dan tidak melibatkan diri dari kegiatan politik praktis dan tidak menggunakan hak politik di pilih maupun memilih tidak menduduki jabatan di luar kepolisian. 

Netralitas TNI dan Polri dalam pemilu tahun 2019 dan pilihan legislatif harus selalu dijaga dan disampaikan kepada setiap prajurit untuk menuju proses demokrasi. TNI sebagai alat negara di bidang keamanan harus solid kokoh dan konsen pada setiap tugasnya dan harus netral, tidak terlibat dalam politik dan selalu mengayomi dan melindungi masyarakat.
 
Materi dari KPU disampaikan oleh  bidang Hukum  yakni Athoilah. Dirinya memaparkan bahwa  diharapkan pada Pemilu 2019 dapat berjalan dengan sukses, aman dan damai. “Sukses penyelenggaraan juga sukses administrasi”.

Untuk Pemilihan DPRD Kabupaten Jombang telah dipetakan sbb: Dapil 1 : Jombang dan Peterongan sebanyak 8 kursi. Dapil 2 : Diwek, Jogoroto dan Sumobito sebanyak 10 kursi. Dapil 3 : Bareng, Mojoagung, Mojowarno dan Wonosalam sebanyak 10 kursi. Dapil 4 : Bandar KDM, Gudo, Ngoro dan Perak sebanyak 9 kursi. Dapil 5 : Kabuh, Kudu, Ngusikan, Plandaan dan Ploso sebanyak 7 kursi. Dapil 6 : Kesamben, Megaluh dan Tembelang sebanyak 6 kursi. (Humas_Kominfo)