Home » Artikel dan Berita » Warta Jombang

Kabupaten Jombang Launching PPO (Penetapan Pensiun Otomatis) Berbasis Siap ASN


Guna mempercepat tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik good governance. Pelayanan administrasi pensiun dapat dilaksanakan dengan lebih efektif dan efisien. Wakil Bupati Jombang, Sumrambah didampingi Kepala Bidang Pengangkatan dan Pensiun Kanreg II BKN  Surabaya Drs. Slamet Wiyono, MM, dan  Kepala BKD PP Jombang, Senen, S.Sos, MSi melaunching  Proses Penetapan Pensiun Otomatis Berbasis Online  SIAP ASN.

Kegiatan yang digelar diruang Bung Tomo Pemkab Jombang (11/4/2019) ini diikuti kepala OPD serta ASN pengelola Kepegawaian. Narasumber Sosisalisasi/ Workshop ini antara lain  Kepala Bidang Mutasi dan Promosi. Kepala Bidang Pengadaan Profesi dan Informasi. Tim Teknis Pensiun dan Tim Teknis SIAP ASN BKD PP Jombang. Adapun materi yang disampaikan antara lain Sosialisasi Aplikasi SIAP ASN Bidang Pensiun. Dan sosialisasi PPO Berbasis lesspaper setelah terbitnya Peraturan BKN No. 2 Tahun 2018 tentang Pedoman Pemberian Pertimbangan Teknis Pensiun PNS dan  Pensiun Janda/Duda PNS.

Wakil Bupati Jombang dalam sambutannya menyambut positif  Program Layanan Kepegawaian ASN yang terintegrasi dan memangkas alur Layanan Kepegawaian. Menurutnya berlakunya PPO akan mempermudah setiap PNS dalam mengajukan usulan pensiun, tanpa perlu mengurus beragam persyaratan dokumen (Less Paper), sehingga dari awal proses pengusulan hingga penetapan dapat berjalan dengan singkat tanpa melewati alur yang panjang dengan prosedur yang kompleks.

“Saya menyambut baik dan mengapresiasi adanya perbaikan pelayanan bagi calon pensiunan ASN  yang tentunya memberikan kemudahan bagi calon ASN yang akan mengurus pertimbangan pensiunnya, sebagaimana video pendek yang kita lihat tadi”, tutur Sumrambah Wakil Bupati Jombang.

Dengan adanya PPO ini saya berharap, pelayanan yang lambat, berbelit-belit dan tidak ada kepastian sudah menjadi masa lalu dan tidak boleh ada lagi saat ini. Masyarakat saat ini selalu membandingkan antara instansi pemerintah dengan instansi swasta, terlebih dengan adanya media sosial, maka ketidakpuasan akan dengan cepat menyebar. Oleh karenanya, hadirnya pelayanan yang baru ini patut diapresiasi dan diikuti oleh instansi yang lain.

Mudah-mudahan dengan launching ini dapat meningkatkan kualitas layanan kepada asn dan pejabat negara, mengingat pensiun sebagai bentuk penghargaan balas jasa atas pengabdian selama bekerja sehingga calon pensiunan tidak direpotkan dalam pengadministrasian.

Kepala BKD PP, Senen S.Sos MSi mengatakan bahwa ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Jombang melalui BKDPP untuk terus melakukan terobosan dalam mempermudah dan mempersingkat seluruh layanan kepegawaian, serta mengoptimalkan seluruh sistem informasi kepegawaian yang cepat, tepat, dan akurat.

Kepala Bidang Pengangkatan dan Pensiun Kanreg II BKN  Surabaya Drs. Slamet Wiyono, MM, menyakatan bahwa keberhasilan sistem ini juga tentu membutuhkan kerjasama dan komitmen seluruh pihak, terutama pihak setiap Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dalam melakukan rekonsiliasi data ASN  Melalui Sistem Aplikasi Siap ASN yang dimiliki BKDPP. Setiap program kebijakan layanan kepegawaian yang dirancang oleh BKN sebagai instansi pembina manajemen Kepegawaian Indonesia, tidak akan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya kerjasama dari PPK instansi, baik pusat maupun  daerah.

Pada kesempatan tersebut diserahkan Penghargaan kepada  OPD Lingkup Pemkab Jombang Pendukung Layanan Pensiun Terbaik 2018